Metamorfosis Katak Sempurna Proses fase telur, Kecebong, Dewasa Lengkap

Posted on

Metamorfosis Katak Sempurna Proses fase telur, Kecebong, Dewasa Lengkap

Metamorfosis Katak – Katak adalah hewan yang memiliki banyak kekhususan. Yang hidup di dua alam yaitu darat dan air. Permukaan tubuhnya keras dan lunak secara bersamaan, saat disentuh. Di bagian kakinya, terdapat perekat yang dapat digunakan saat memanjat agar tidak jatuh dan memudahkan mereka saat berenang.

Proses tumbuh kembangnya pun berbeda dengan hewan lain, karena mengalami metamorfosis. Yang merupakan proses perkembangan hewan sejak lahir hingga dewasa yang menyebabkan perubahan sel dan diferensiasi yang berbeda.

Hewan-hewan yang mengalami metamorfosis yaitu mollusca, tunicata, echinodermata, crustacea, beberapa jenis serangga, hingga katak. Saat menjadi kecebong katak bisa hidup di air, tetapi setelah bermetamorfosis katak ini bisa hidup di darat dan air.

Proses Metamorfosis Katak

Dalam fase hidupnya katak mengalami perubahan yang sangat signifikan, awalnya hanya bisa hidup di air saja, setelah bermetamorfosis katak dapat hidup di dua tempat. Melihat hal yang demikian, artinya bahwa metamorfosis pada hewan akan selalu membawa dampak yang sangat besar.

Fase Telur katak

Fase pembuahan telur pada katak berbeda dengan pembuahan pada organisme lain. Misalnya pada hewan lain pembuahannya terjadi dalam tubuh betina, sedangkan pada katak pembuahan terjadi di luar tubuh betina. Di musim pembuahan, katak betina akan mengeluarkan telur-telurnya. Lalu katak betina akan dibuahi oleh katak jantan.

Telur katak dikeluarkan secara bergerombol oleh katak betina, karena ada semacam perekat yang menyatukan satu dengan yang lainnya. Perekat itu seperti jeli yang fungsinya adalah untuk melindungi sel telur.

Baca Juga :   Tumbuhan Berbiji Terbuka Dan Tertutup - Pengertian Beserta Contohnya Lengkap

Pembuaha eksternal ini banyak mengalami resiko kegagalan, yang biasanya disebabkan oleh faktor dari luar misalnya adanya ikan predator atau arus yang tinggi yang akan merusak sel telur itu.

Fase kecebong katak

Kecebong ini disebut juga dengan berudu, yang belum bisa mencari makanan sendiri sehingga akan ada di sekitar telur untuk memperoleh sisa makanan di cangkangnya. Di fase awal ini kecebong akan membentuk organ insan untuk bisa bertahan hidup di air.

Bentuknya akan sempurna dalam satu minggu, bentuknya  bulat berekor dan insang yang mulai terbentuk masih berada di luar tubuh (belum terbungkus). Sekitar 4 minggu baru mulai terbentuk kulit yang berfungsi untuk melindungi insang dan perlahan-lahan ekor beludru juga akan memendek.

Selanjutnya kecebong atau berudu akan terus mengalami proses perubahan, baik perubahan secara morfologis maupun fisiologis. Tepatnya pada minggu ke-6 kaki belakang dan organ paru-paru katak akan mulai terbentuk. Antara minggu ke-6 sampai ke-9 akan mulai terlihat bentuk kepala katak. Pada masa ini kecebong mendapatkan makanan dari serangga yang mati di perairan.

Fase katak muda

Fase yang berikutnya yaitu katak muda, yang dimulai di minggu ke 12. Katak muda sudah mengalami berubahan bentuk morfologis dan fisiologis yang sangat berbeda, seperti ekor katak memendek, ingsang hilang, paru-paru mulai berfungsi, dan mulut katak melebar.

Habitat hidupnya juga berubah. Dan sudah mulai meninggalkan perairan dan melakukan berbagai aktivitas di daratan. Fase katak muda ini cukup singkat, hanya sekitar 3 minggu sebelum masuk ke fase selanjutnya.

Fase katak dewasa

Fase ini adalah yang terakhir pada metamorfosis katak. Di fase ini insang katak benar-benar hilang dan sistem pernafasannya menggunakan paru-paru. Katak tidak mempunyai ekor, tapi memiliki kaki yang kuat untuk berenang. Serta memiliki selaput yang fungsinya untuk memudahkan katak saat berenang. Bentuk tubuhnya sudah tidak berudu lagi. Habitat hidupnya di daratan, karena ia akan berada di air hanya ketika masa pembuahan saja.

Baca Juga :   Daur Air : Fungsi, Tahapan, Jenis Siklus Air, Tahapan Siklus Air, Dan Perilaku Manusia Terhadap Penggunaan Air Lengkap

Sekian pembahasan tentang Metamorfosis Katak dengan penjelasan masing-masing fasenya lengkap. Semoga memberi manfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :