3 Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Silent Way

Posted on

Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Silent Way

Metode pembalajaran merupakan cara/upaya yang dilakukan oleh pendidik supaya proses belajar mengajarnya sesuai dengan tujuan. Metode pembelajaran dilakukan untuk proses belajar mengajar yang menyenangkan dan tak akan membuat mereka suntuk. Para siswa juga akan menangkap ilmu dari para tenaga pendidik dengan lebih mudah. Salah satu metode pembelajaran bahasa Inggris yang banyak digunakan saat ini adalah silent way.

Penjelasan Tentang Silent Way

Metode pengajaran bahasa telah ditemukan oleh Caleb Gattegno, yaitu metode silent way. Salah satu metode mengajar dengan cara belajar melalui keheningan disebut dengan silent way. Maksudnya adalah dalam proses belajar tersebut siswa harus fokus dan optimal dalam memahami apa yang sedang dipelajari saat itu, dalam proses belajar mengajar tersebut. Guru juga berkesempatan untuk mengambil perhatian besar pada hal-hal yang bisa menghilangkan konsentrasi siswa.

Ada 3 macam prinsip di dalam metode pembelajaran silent way, diantaranya yaitu:

  1. Pembelajaran dipermudah apabila siswa memperoleh atau menciptakan hal yang baru, dibandingkan dengan mengingat serta mengulang apa yang harus dipelajari.
  2. Pembelajaran juga dipermudah dengan memakai objek fisik.
  3. Pembejaran dipermudah dengan memecahkan masalah yang melibatkan materi yang diajarkan di pelajaran bahasa Inggris tersebut.

Contohnya:

Guru akan menunjukkan pada siswa batang cuisenaire berwarna merah yang kecil dan yang berwarna biru besar, lalu mengatakan bahwa yang biru lebih besar dari merah. Para siswa pun akan mengulang hal itu. Kemudian guru akan mengganti batang untuk menghasilkan model yang lainnya, hingga mendorong para siswa untuk menghasilkan perbandingan dari mereka sendiri.

Itulah penjelasan mengenai materi belajar silent way yang bisa Anda terapkan pada anak didik di sekolah.

Baca Juga :   9 Tipe Intelligence ( Kecerdasan )