5 Cara Dan Contoh Lengkap Membuat Motivation Letter Bahasa Inggris Untuk Beasiswa Dan melamar Kerja

Posted on

Motivation Letter : 5 Cara Dan Contoh Lengkap  Membuat Motivation Letter Bahasa Inggris Untuk Beasiswa Dan melamar Kerja

 

Hai sahabat Tutorial Bahasa Inggris , welcome to my web. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai “ Motivation Letter “ dalam bahasa inggris. Siapa yang tidak mengetahui motivation letter , yaitu suatu surat yang selalu di sanding kan dengan CV ( Curiculum Vitae ) yang biasa digunakan ketika melamar kerja atau beasiswa tertentu.

Surat ini menjadi begitu penting ketika di gunakan untuk melamar kerja dan juga beasiswa ,karena pihak yang akan menerima kita akan mempertimbangkan ‘ Motivation Letter “ yang di buat. Lalu bagaimanakah “ Motivation Letter “ Tersebut ? bagaimana pula cara untuk membuatnya ? langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini .

 

Cara Dan Contoh Membuat Motivation Letter Paling Dipertimbangkan Saat Melamar Kerja Dan Beasiswa

Definisi Motivation Letter

Motivation letter adalah sebuah surat yang di tulis atau di buat dan memiliki isi berupa penjelasan akan suatu motivasi kita untuk bergabung ke dalam suatu perusahaan atau pun untuk mengajukan sebuah beasiswa. Motivation letter adalah surat yang sangat penting yang akan mendampingi  Curiculum Vitea  ( CV ) , karena fungsi dari surat tersebut adalah sebagai bahan pertimbangan yang menyatakan bahwa kita layak atau tidak untuk bergabung pada suatu perusahaan atau untuk mendapatkan beasiswa yang diinginkan.

Dalam menulis motivation letter terdapat banyak versi , sebaiknya motivation letter tidak di tulis dengan kata-kata yang kasar atau berkesan arogan.  Oleh sebab itu , untuk mengetahui cara membuat motivation letter yang baik dan benar , silahkan simak penjelasan berikut ini.

 

Tips Dan Trik Dalam Membuat Motivation Letter Yang Dapat  Menjadi Pertimbangan

  1. Kenali lebih dalam perusahaan atau beasiswa yang akan kita ajukan dan kita lamar.

Saat akan melamar suatu pekerjaan atau ketika akan mengajukan suatu beasiswa , ada baiknya jika kita terlebih dahulu sudah mengenal secara lebih dekat dan lebih dalam  mengenai perusahaan atau pun beasiswa tersebut. Supaya tujuan kita tidak menjadi berantakan dan kita bisa menyampaikannya secara jelas.

  1. Motivation letter di tulis dengan bahasa yang santai dan tidak berbelit –belit

Motivation letter adalah surat yang melambangkan atau menunjukan rasa motivasi dalam diri kita, dan berisi alasan mengapa kita ingin melamar pekerjaan atau mengajukan beasiswa tersebut, serta apa saja nilai jual dalam diri kita. Oleh sebab itu, hendaknya kita menyampaikan hal tersebut dengan bahasa yang santun dan mudah untuk di pahami serta jelas atau tidak bertele-tele.

  1. Fokus terhadap kelebihan yang kita miliki

Pada motivation letter kita harus mempunyai nilai jual dari diri kita , kita harus memberitahu atau menyampaikan apa saja kelebihan yang kita miliki sehingga kita layak untuk dipertimbangkan dalam perusahaan atau pun beasiswa tersebut.

  1. Harus diingat , bahwa kita menulis motivation letter bukan CV

Motivation letter dan CV merupakan dua hal yang berbeda namun saling melengkap[i. jangan sampai keliru dalam menuliskanya , saat kita menulis motivation letter, tulislah dengan bahasa yang baik dan semenarik mungkin.

  1. Jujur serta hindari berbohong dalam menulis motivation letter
Baca Juga :   Descriptive Text , Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan Ciri, Dilengkapi Contoh Bahasa Inggris

Hindarilah untuk berbohong dalam menulis motivation letter , karena hal tersebut justru akan menjadi pelanggaran serta penilangan bagi diri kita, oleh sebab itu sebaiknya motivation di tulis dengan jujur dengan bahasa yang baik serta menarik agar layak untuk dijadikan pertimbangan.

 

Contoh Motivation Letter Dalam Bahasa Inggris

Contoh 1

( Melamar Kerja )

Signation

Mr / Mrs HRD

PT. Angkasa

With respect,

Based on the job information that I get from the job portal, I want to express my interest in job vacancies in your company with a position as a Marketing Associate.

I am a S1 graduate of Business Administration from the University of Indonesia in 2018. With my degree as S.AB. I am sure that I am very suitable and worthy to be considered with the qualifications needed for this position. As a student, I have learned a lot about the knowledge and skills needed to help develop and encourage appropriate and effective marketing strategies.

For work experience, I have internship experience in one of the well-known companies, PT. Prima Indonesia, in the marketing division. There, I learned a lot about how companies determine what products or services will be sold and how to reach the target demographics and how to deal with and respond to the demands of competitors. Not only that, I have the opportunity to work in experienced professionals who teach me an easy way to understand the concept of a complex marketer at certain times.

In addition to internship experience, I also have active organizational experience where I am a member of the BEM University in the public relations division. this experience proved to be very helpful to me in improving communication skills and problem solving. I am also a very skilled person who allows me to join and mingle with a group or team culture and continue to strive to achieve common goals amid competition and failure and setbacks.

Best regards,

Alexander Bloom

 

Terjemahan :

Yth.  Bapak / Ibu HRD

PT. Angkasa

Dengan hormat,

 Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapat dari portal lowongan kerja, saya ingin menyampaikan rasa ketertarikan saya untuk melamar pekerjaan di perusahaan anda dengan posisi sebagai Marketing Associate.

Saya adalah lulusan S1 Jurusan Administrasi Bisnis dari Universitas Indonesia tahun 2018. Dengan gelar saya sebagai S.AB . saya yakin bahwa saya sangat cocok serta layak untuk di pertimbangkan dengan kualifikasi yang di butuhkan untuk posisi ini. Sebagai seorang mahasiswa , saya telah banyak belajar mengenai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu mengembangkan dan mendorong strategi pemasaran yang tepat dan efektif.

Untuk pengalaman kerja, saya mempunyai pengalaman magang di salah satu perusahaan ternama , PT. Prima Indonesia, pada divisi marketing. Disana, saya banyak belajar mengenai bagaimana perusahaan dalam menentukan produk atau pun layanan apa yang akan di jual serta bagaimana mencapai demografi target dan bagaimana menghadapi dan menanggapi tuntutan pesaing. Tidak hanya itu saja, saya mempunyai kesempatan untuk bekerja secara professional berpengalaman yang mengajari saya cara mudah dalam memahami konsep pemasaran yang kompleks pada waktu-waktu tertentu.

Selain pengalaman magang, saya juga mempunyai pengalaman berorganisasi aktif di mana saya menjadi anggota BEM Universitas di divisi humas . pengalaman tersebut terbukti sangat membantu saya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi serta pemecahan masalah. Saya juga merupakan pribadi yang sangat terampil yang memungkinkan saya untuk bergabung dan berbaur dengan budaya kelompok atau tim dan terus berusaha mencapai tujuan bersama di tengah persaingan dan kegagalan maupun kemunduran.

Hormat saya,

Alexander Gloom

Contoh 2

Baca Juga :   3 Contoh Explanation Text  Singkat HOW dan WHY Bahasa Ingris Dan Artinya

(Mengajukan Beasiswa )

Designation

Bank Indonesia Scholarship Selection Committee

My name is Gilang Pangestu. I was born and raised by a family that has a very simple background. My father’s income was uncertain, he worked as a farmer. Meanwhile, my mother is just an ordinary housewife. even so, my mother still tried to help my father by selling groceries at our house’s small kiosk, even though the results were not much, at least enough to cover daily necessities. I have two younger siblings who are still in school. This certainly requires quite a lot of money. However, this did not dampen my enthusiasm for education as high as possible.

In Bandung, I don’t want to overload my parents by paying boarding money every month, so I live in the Al-Hijrah mosque, which has no cost to pay every month or free.

I studied undergraduate (Bachelor) in Bandung, precisely in the fourth semester Information Systems Department of Padjadjaran University (UNPAD) Bandung. After graduation, I aspire to become an office worker or an entrepreneur, which I would like to have my own business in order to employ potential people and have expertise, but I have not been able to apply that desire because of the lack of jobs in the era modern now, so that it can reduce the current unemployment rate.

Therefore, I not only focus on the academic field, but I am also active in organizational activities on campus. Whether it’s in the form of internal or external organizations of the campus. I study a lot of management in an organization. In addition, I also often go down directly in fundraising actions for victims of natural disasters such as in Garut, fundraising for Muslims in Palestine and Syria. Besides that, I am also active in Islamic Youth Mosques and always participate in every activity held.

I hope that I can receive a scholarship from Bank Indonesia and join GenBi. I feel that I deserve to be considered for this scholarship. the reason other than being active in various organizations I also have several achievements, such as being a champion in an English speech and also a robot assembling champion held in the city of Bandung. I also have some expertise in sports including swimming, soccer and basketball.

If later I am elected as one of the recipients of a scholarship from Bank Indonesia and become a member of GenBI, I will fully dedicate myself and provide the best for GenBI and Bank Indonesia by actively participating in all activities organized by GenBI.

My future planning is, if I have received a scholarship from Bank Indonesia, I will use the scholarship as well as possible. and most of all I want to lighten the burden on my parents by using it to fulfill daily needs, pay semester fees, buy books and media that support lectures which is certainly for the sake of running the field of education that is being traveled to realize my dream.

Thus this motivation letter was made, in order to fulfill the requirements of a Bank Indonesia scholarship and hopefully I can join to be one of the other recipients.

Baca Juga :   Biografi  Joko Widodo Dalam Bahasa Inggris Lengkap Dengan Artinya

Best regards

Gilang Pangestu

 

Terjemahan :

Yth.

Panitia Seleksi Beasiswa Bank Indonesia

Nama saya Gilang Pangestu . saya terlahir dan dibesarkan oleh keluarga yang memiliki latar belakang sangat sederhana. Pendapatan ayah saya tidak menentu , beliau bekerja sebagai seorang petani. Sementara itu , ibu saya hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa . meskipun begitu , ibu saya tetap berusaha membantu ayah dengan menjual sembako di kios kecil rumah kami, walaupun hasilnya tidaklah seberapa , setidaknya sudah cukup untuk menutupi keperluan sehari-hari. Saya memiliki dua orang adik yang masih berada dalam bangku sekolah. Hal tersebut tentunya membutuhkan biaya yang cukup banyak.  Akan tetapi , hal tersebut tidak menyurutkan semangat saya untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin.

                Di Bandung , saya tidak ingin terlalu membebani kedua orang tua saya dengan membayar uang kos setiap bulannya, jadi saya tinggal di masjid Al-Hijrah , yang tidak ada beban biaya yang harus dibayar tiap bulan atau gratis.

                Saya menempuh pendidikan S1 ( Strata satu ) di bandung , tepatnya pada jurusan Sistem Informasi  semester empat Universitas Padjadjaran ( UNPAD ) Bandung . Setelah lulus nanti saya bercita-cita untuk menjadi seorang pekerja kantoran atau seorang wirausaha, yang mana saya ingin sekali memiliki usaha sendiri agar dapat mempekerjakan orang-orang yang berpotensi serta memiliki suatu keahlian , namun saya belum dapat mengaplikasikan keinginan tersebut karena minimnya lapangan kerja di era modern sekarang, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran yang ada saat ini.

                Oleh sebab itu , saya tidak hanya fokus pada bidang akademik saja , melainkan saya juga aktif dalam kegiatan berorganisasi yang ada di kampus. Baik itu berupa organisasi internal maupun eksternal kampus.  Saya banyak mempelajari manajemen dalam suatu organisasi. Selain itu , saya juga sering turun secara langsung dalam aksi penggalangan dana bagi korban bencana alam seperti di Garut, pengaalangan dana untuk muslim di Palestina dan juga Suriah. Selain itu saya juga aktif dalam Remaja Islam Masjid dan selalu ikut serta dalam setiap kegiatan yang di adakan .

                Besar harapan saya agar kiranya dapat menerima beasiswa dari Bank Indonesia serta bergabung menjadi GenBi. Saya merasa bahwa saya layak untuk dipertimbangkan untuk mendapat beasiswa ini . alasannya selain aktif di berbagai organisasi saya juga memiliki beberapa prestasi , seperti menjadi juara dalam berpidato bahasa inggris dan juga juara merakit robot yang di selenggarakan di kota Bandung . saya juga memiliki beberapa keahlian dalam bidang olahraga antaranya, renang, sepak bola dan juga basket.

                Apabila nantinya saya terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa dari Bank Indonesia dan menjadi anggota GenBI , saya akan mendedikasikan penuh diri saya  serta memberikan yang terbaik untuk GenBI  dan Bank Indonesia dengan aktif ikut serta dalam segala kegiatan yang diselenggarakan oleh GenBI.

                Perencanaan saya untuk kedepan nya adalah, apabila telah menerima beasiswa dari Bank Indonesia , saya akan menggunakan beasiswa tersebut dengan sebaik mungkin . dan yang paling utama saya ingin meringankan beban kedua orang tua saya dengan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari – hari , pembayaran uang semester, membeli buku-buku dan media yang menunjang perkuliahan yang tentunya demi kelancaran bidang pendidikan yang sedang di tempuh untuk mewujudkan impian saya.

Demikian surat motivasi ini di buat , demi memenuhi persyaratan dari beasiswa Bank Indonesia dan semoga saya dapat bergabung menjadi salah satu di antara penerima yang lain.

Hormat saya

Gilang Pangestu

 

Demikianlah cara dan contoh dari Motivation Letter, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sahabat Tutorial Bahasa Inggris yang ingin membuat motivation letter ya. Simak terus materi dari Tutorial Bahasa Inggris , terimakasih.

 

Baca Juga :