Persamaan dan Perbedaan “ Narrative Text vs Recount Text “ Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Persamaan dan Perbedaan “ Narrative Text vs Recount Text “ Dalam Bahasa Inggris

Bahasa inggris mempunyai  banyak sekali jenis text  yaitu sekitar 13 text yang kita pelajari, banyaknya text tersebut terkadang membuat kita  menjadi bingung apa saja perbedaan dari teks – teks tersebut, seperti contohnya adalah teks narrative dan recount text. Dan pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai persamaan dan juga perbedaan antara Narrative Text dan Recount Text dalam bahasa inggris . Langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pembahasan Narrative Text Dan Recount Text

Narrative text  adalah  bentuk teks dalam bahasa inggris, narrative text merupakan sebuah teks yang menjelaskan tentang  kejadian  atau peristiwa di masa lampau atau masa lalu secara urut. Sedangkan, yang dimaksud dengan recount text  yaitu  sebuah teks dalam bahasa inggris yang juga menceriatakan  mengenai kejadian di masalalu atau masa lampau secara jelas dan  juga detail. Lalu, apa perbedaan dari narrative text dan recount text itu sendiri?  Berikut ini adalah penjelasannya masing – masing .

Persamaan Narrative Text Dan Recount  Text

  • Baik recount text atau narrative text sama – sama text dalam bahasa inggris yang menceritakan tentang kejadian atau peristiwa  yang terjadi di masa lampau.
  • Kedua teks tersebut sama – sama menggunakan past tense atau tense yang berhubungan dengan masa lampau karena keduanya menceritakan mengenai kejadian atau peristiwa yang terjadi  di masa lampau.
  • Tujuan dari narrative text dan juga recount text yaitu untuk menceritakan kembali kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau.
  • Struktur kedua teks tersebut hampir sama, yaitu diawali dengan orientation, pengenalan tokoh serta setting atau latar dari cerita.
  • Ciri kebahasaan dari kedua teks tersebut sama.
Baca Juga :   Report Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure, Beserta Contoh Dan Artinya Terlengkap

Perbedaan Narrative Text dan Recount Text

  • Narrative text terdiri atas  ( Orientation, complication dan resolution)  sedangkan recount text terdiri  atas  ( orientation, event,  dan reorientation ).
  • Narrative menghadirkan konflik dalam cerita, sedangkan recount text tidak menghadirkan konflik dan hanya mejelaskan tentang urutan peristiwa atau kejadian  yang terjadi secara detail.
  • Narrative text mempunyai bentuk waktu yang tidak pasti karena menggunakan kalimat “ once upon a time ” berbeda dengan recount text dimana waktu terjadinya suatu peristiwa atau kejadian yang pasti.

Demikianlah penjelasan mengenai Persamaaan dan juga perbedaan antara Narrative Text dan Recount Text semoga bermanfaat , sekian dan terimakasih untuk kunjungannya ya .

Baca Juga :