Pakaian Adat Jawa Barat : Penjelasan dan Keunikannya Lengkap

Posted on

Pakaian Adat Jawa Barat : Penjelasan dan Keunikannya Lengkap

Pakaian Adat Jawa Barat – Jawa Barat merupakan propinsi yang ada di Pulau Jawa yang sebagian besar penduduknya berasal dari Suku Sunda. Suku Sunda yang tinggal di Jawa Barat termasuk masyarakat yang kuat dalam hal melestarikan adat serta kebudayaan yang dimilikinya, termasuk pakaian adat Jawa Barat.

Pakaian adat Jawa Barat ini terdiri dari beberapa jenis, yang memiliki nama dan keunikannya masing-masing. Pakaian adat ini juga telah berkembang dengan desain yang modern tapi tidak meninggalkan ciri khas dari pakaian itu sendiri. Berikut penuturan lengkapnya.

Jas Beludru

Pakaian ini terkesan mewah dan glamour, dan tak sembarang orang yang bisa memakainya. Biasanya dikenakan oleh bangsawan atau kalangan atas. Baju ini dibuat dari bahan beludru berwarna hitam dengan sulam emas, yang membuatnya menjadi lebih mewah dan berkelas.

Jas tutup dan celananya berwarna hitam dan bermotif emas. Tambahan aksesoris lainnya yaitu kain dodot dengan motif Rengreng Parang Rusak. Alas kakinya menggunakan sendal selop hitam dan dipadukan dengan baju beludru dengan motif manik-manik.

Aksesoris lainnya yaitu penutup kepala Benten/sabuk emas. Pasangan wanitanya yaitu kebaya berwarna hitam berbahan beludru juga, dengan hiasan bros, cincin, dan lain-lain.

Baju Bedahan

Baju adat ini biasanya dikenakan oleh kalangan menengah. Bentuknya sederhana, bahan baju dan aksesorinya pun sederhana. Bentuk baju prianya adalah jas tutup berwarna putih dan pasangan wanitanya mengenakan kebaya. Tapi kini, pemilihan warnanya tak harus warna putih. Alas kakinya berupa terompah, sabuk atau ikat pinggang dan ikat kepala.

Baca Juga :   11 Senjata Tradisional Aceh dan Penjelasannya Lengkap

Pilihan warna kebaya untuk wanitanya beragam. Bawahannya berupa kain jarik yang motifnya juga beragam. Lalu ditambah dengan aksesoris seperti seperti kalung, cincin, gelang dan lain-lain.

Kebaya Sunda

Kebaya yang dikenakan oleh para wanita Jawa Barat bentuknya sama, tapi sedikit berbeda dengan kebaya yang dikenakan oleh wanita dari Jawa Timur dan Tengah. Pakaian adat Jawa Barat ini berupa kebaya yang dimana perbedaannya terlihat di bagian leher untuk kebaya modern. Sedangkan kebaya model lama cenderung sama bentuknya dengan kebaya dari Jawa Timur dan Tengah.

Bagian bawahnya yaitu kain jarik dengan motif beragam, dan aksesoris seperti tusuk konde, giwang, kalung, gelang, cincin dan aksesoris lainnya.

Baju Pangsi

Baju ini juga disebut sebagai kebaya Sunda yang sederhana dan warnanya tak mencolok. Pakaian ini biasanya dikenakan oleh masyarakat kalangan bawah atau rakyat jelata. Yang biasanya berprofesi sebagai petani, buruh dan lain sebagainya dengan tingkat ekonomi rendah. Namun sekarang baju adat ini sering juga dikenakan oleh kalangan atas dengan bentuk yang lebih bagus dan bahan kain yang juga lebih bagus.

Kain Kebat

Adalah kain pelengkap baju kebaya Sunda untuk masyarakat kalangan bawah yang corak kainnya tak terlalu mencolok. Baju adat ini juga sering dikenakan oleh orang Sunda untuk kegiatan sehari-harinya. Wanita kelas bawah atau masyarakat biasa juga menggunakan beubeur atau ikat pinggang, serta kamisol untuk bra, dan alas kakinya yaitu sendal jepit biasa.

Beskap

Adalah pakaian adat Jawa Barat yang juga sama dengan Beskap dari Jawa Tengah. Beskap Mataraman ini biasanya berwarna hitam, dengan kain yang tebal dan kancing yang bentuknya menyamping. Persamaan beskap Jawa Barat dengan Tengah mungkin karena berada di pulau yang sama yaitu Pulau Jawa. Beskap Jawa Barat biasanya terdapat motif di bagian lengan, walaupun ada juga yang polos. Warnanya tak selalu hitam, bisa juga warna biru atau warna lainnya yang penting polos.

Baca Juga :   Warga Negara : Pengertian, Asas-Asas, Syarat, Dan Landasan Hukumnya Lengkap

Baju Adat Sunda Modern

Baju adat ini telah mengalami perkembangan modern, yang tidak meninggalkan ciri khas tradisionalnya. Warna dan bentuknya dibuat lebih berwarna, dengan kreasi di beberapa bagiannya sehingga pakaian adat Jawa Barat ini terlihat lebih anggun dan indah saat dipakai.

Corak yang digunakan masih mencerminkan motif khas Jawa Barat. Yang juga dilengkapi dengan aksesoris perempuan yang kental dengan Suku Sunda.

Baju Pengantin Modern

Perkembangan baju adat Jawa Barat ini juga termasuk dalam baju pengantinnya. Yang berupa beskap/jas tutup untuk pengantin pria kebaya yang dikenakan oleh mempelai wanitanya. Bentuk serta pilihan warnanya lebih modern dan elegan serta anggun saat dipakai. Aksesoris kepala untuk wanita menggunakan mahkota yang coraknya juga khas Sunda.

Baju Selontreng dan Sarung Poleng

Adalah baju yang dipakai rakyat jelata yang dimana bentuk baju untuk kaum prianya sederhana. Kebanyakan warnanya hitam dan longgar. Celananya memanjang hingga betis dan pinggang, serta diikat dengan kain atau sabuk kulit.

Untuk kegiatan sehari-hari ada yang menggunakan penutup kepala atau ikat kepala yang disebut dengan ikat logen yang berbentuk Barangbang Samplak. Pakaian ini juga digunakan dalam kegiatan sehari-hari mereka.

Senjata

Senjata terkenal di Jawa Barat adalah Kujang. Pelengkap pakaiannya biasanya menggunakan keris seperti senjata tradisional Suku Jawa. untuk keseharian pria Sunda, biasanya menggunakan golok.

Itulah informasi mengenai Pakaian Adat Jawa Barat dengan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengetahui apa saja jenis pakaian adat dari Jawa Barat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :