Panduan Dan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Anak-Anak Dan Pemula

Posted on

Panduan Dan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Anak-Anak Dan Pemula

Cara Mengetik 10 Jari – Panduan belajar komputer untuk anak-anak dan pemula ini akan fokus pada mengetik 10 jari, dengan menempatkan posisi jari pada tombol keyboard dengan benar, posisi badan saat mengetik, aplikasi untuk belajar mengetik, serta teks yang digunakan untuk belajar mengetik.

Pernahkah anda mendengar istilah mengetik dengan 12 jari? Istilah ini mengacu pada kemampuan seseorang dalam mengetik dengan cepat, kata dua belas jari hanyalah penggambaran yang berlebih pada seberapa cepat orang itu mengetik seolah-olah memiliki 12 jari. Fakta yang sebenarnya adalah mengetik hanya dengan 10 jari saja, karena jari manusia jumlahnya memang 10.

Menempatkan Posisi Jari Tangan Pada Tombol Keyboard

Tahap pertama yang harus anda lakukan pada saat mengetik dengan menggunakan 10 jari adalah, mengarahkan anak-anak atau pemula untuk menempatkan jari tangan pada tombol keyboard. Berikut ini penempatan posisi jari tangan yang seharusnya pada keyboard komputer ketika sedang mengetik.

Posisi Jari Tangan Pada Keyboard

  1. Tempatkan jari telunjuk untuk menekan tombol huruf F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,
  2. Tempatkan jari tengah ntuk menekan tombol huruf D, E, C, dan angka 3
  3. Tempatkan jari manis untuk menekan tombol huruf S, W, X, dan 2.
  4. Tempatkan jari kelingking  untuk menekan tombol huruf A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.
  5. Dan posisi Ibu Jari untuk menekan spasi, bergantian dengan ibu jari tangan kanan.

Posisi Jari Kanan Pada Tombol Keyboard

  1. Tempatkan jari telunjuk untuk untuk menekan tombol huruf : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6
  2. Tempatkan jari tengah untuk menekan tombol huruf  K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)
  3. Tempatkan jari manis untuk menekan tombol huruf L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt
  4. Tempatkan jari kelingking  untuk menekan semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.
  5. Dan untuk ibu jari /Jempol gunakan untuk menekan tombol Spasi, bergantian dengan jempol kanan

Intinya antara jari tangan kiri dan kanan tidak saling bersilang posisi, dengan menempatkan jari tangan sesuai dengan area yang sudah disebutkan di atas. Area tangan kanan mulai dari hurup J sampai CTRL kanan, sedangkan area posisi tangan kiri dari mulai huruf F sampai tombol windows.

Baca Juga :   23 Strategi Menurut Para Ahli : Pengertian, Definisi Dan Konsepnya Lengkap

Teks Penguji Akurasi 10 Jari Pada Tombol Keyboard

Saat anda sudah tahu area penempatan posisi jari pada keyboard, lalu tahap berikutnya adalah dengan menguji akurasi/ketepatan dalam memposisikan setiap jari di tombol keyboard. Untuk menguji ketepatan akurasi atau ketepatan jari ini dengan menekan tombol keyboard, yang sesuai dengan area jari tangan kanan dan kiri. Anda bisa menggunakan teks yang lazim digunakan untuk hal tersebut. diantaranya teks yang populer digunakan dalam mengetik kalimat, seperti di bawah ini :

the quick browns fox jum over the lazy dog

blowzy red vixens fight for a quick jump

 

The quick browns fox jum over the lazy dog

Blowzy red vixens fight for a quick jump

 

THE QUICK BROWNS FOX JUM OVER THE LAZY DOG

BLOWZY RED VIXENS FIGHT FOR A QUICK JUMP

 

The Quick Browns Fox Jum Over The Lazy Dog

Blowzy Red Vixens Fight For A Quick Jump

 

tHE qUICK bROWNS fOX jUM oVER tHE lAZY dOG

bLOWZY rED vIXENS fIGHT fOR a qUICK jUMP

 

Beberapa kalimat di atas adalah kalimat yang umum digunakan, dalam mengukur tingkat akurasi penempatan jari tangan di semua tombol huruf yang ada pada tombol keyboard komputer tersebut. hal ini juga digunakan ketika belajar mengetik cepat dengan menggunakan 10 jari. Di beberapa kasus dalam ujian dalam mengetik dengan cepat, biasanya akan diukur dengan durasi waktu.

Teks di atas mungkin saja tidak cocok bila digunakan untuk mengukur, atau untuk membiasakan penempatan posisi jari pada tombol keyboard di anak-anak. Untuk mengukur akurasi tersebut, atau untuk membiasakan penempatan posisi jari yang tepat pada anak-anak, cukup dengan menggunakan teks yang pendek yang sesuai dengan area jari saja. Misalnya dengan mengetik teks pendek di bawah ini :

Contoh teks membiasakan penempatan jari tangan kiri :

asd asd asd asd asd asd

Asd asd asd asd asd asd

ASD ASD ASD ASD ASD ASD

Asd Asd Asd Asd Asd Asd

Contoh teks membiasakan penempatan jari tangan kanan :

pol kol mio mio kio kio lip

Pol kol mio mio kio kio lip

POL KOL MIO MIO KIO KIO LIP

Pol Kol Mio Mio Kio Kio Lip

Aplikasi Untuk Belajar Mengetik Dengan 10 Jari

Selain teks atau kalimat yang telah dirancang untuk mengakomodir keakurasian penempatan jari tangan, pada tombol keyboar dalam mengetik dengan menggunakan 10 jari ada juga beberapa aplikasi pendukung yang akan membantu anda dalam belajar mengetik 10 jari dengan meningkatkan kemampuan mengetik dengan lebih cepat.

Aplikasi ini ada yang berbayar, tapi banyak juga yang gratis. Ada yang bisa diinstalasi melalui komputer dan digunakan dengan cara offline, dan tentu dapat digunakan bila komputer terhubung dengan internet atau online.

Baca Juga :   Pengertian Destinasi Lengkap

Berikut ini beberapa aplikasi belajar mengetik cepat :

1. Belajar mengetik 10 jari untuk anak-anak dengan situs Typing.com

Untuk menggunakan layanan aplikasi mengetik dengan situs ini harus terhubung dengan akses internet online. Situs ini juga dapat dijadikan tempat belajar mengetik yang menarik, adapun fitur yang diberi yaitu ada dua macam. Yang gratis dan berbayar. Untuk sekadar menambah wawasan pada siswa ketika sedang belajar mengetik, tentu fitur gratis akan menjadi pilihan yang sangat menarik.

2. Belajar mengetik 10 jari untuk anak-anak dengan situs KidzType.com

Situs berikutnya yang bisa menjadi pilihan tepat untuk anak-anak yang akan belajar mengetik adalah KidzType.com. situs ini dibuat untuk melatih anak-anak dalam menggunakan papan keyboard dengan beraneka ragam  games yang dibuat khusus, untuk mengasah kecepatan dan ketepatan dalam mengetik.

3. Belajar mengetik 10 jari untuk anak-anak dengan situs slimekids.com

Situs yang satu ini juga dapat menjadi alternatif untuk belajar mengetik dengan cepat. Khususnya untuk anak-anak. Di dalam situs ini tersedia banyak games yang mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu situs ini juga dapat direkomendasikan sebagai salah satu situs favorit untuk belajar mengetik bagi anak-anak. Orang dewasa juga bisa menggunakan situs ini untuk menguji seberapa cepat kecepatan mengetiknya.

4. Belajar mengetik 10 jari bagi anak-anak disitus ultrakey.com

Satu lagi jenis situs untuk belajar mengetik dengan cepat untuk anak-anak, namanya ultrakey.com. anak-anak bisa belajar mengetik pada situs ini, dengan meningkatkan kemampuan mengetiknya. Berbeda dengan situs yang menyediakan beragam fitur belajar mengetik, seperti situs yang menyediakan games. Di sini tidak ada fitur games, anak-anak akan belajar mengetik dengan serius dan melatih ketepatan dalam mengetik.

Beberapa situs yang disebutkan tadi digunakan untuk anak-anak, sedangkan situs yang dapat digunakan oleh orang dewasa diantaranya yaitu sebagai berikut :

Belajar mengetik 10 jari dengan situs typingtutor-online.com

Fungsi situs ini sama saja dengan jenis situs yang lainnya, bedanya belajar mengetik dengan situs ini lebih serius dan juga penuh dengan kejutan. Pada situs ini petunjuk jari yang digunakan, harus langsung diberitahukan dan diarahkan pada link lainnya untuk mendapatkan petunjuk. Ada banyak petunjuk dan kejutan yang akan anda peroleh dalam situs ini.

Selain situs yang ada di atas, masih banyak juga jenis fitur lainnya yang mirip. Pada umumnya fungsinya dibuat untuk melatih ketepatan mengetik user, anda bisa browse kembali di internet untuk beberapa situs yang dibuat untuk kebutuhan belajar mengetik. Selain situs ada banyak juga aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal di komputer, serta bisa digunakan untuk kebutuhan dalam belajar mengetik. Baik yang gratis maupun yang berbayar.

Posisi Badan Ketika Sedang Mengetik

Sekarang saatnya kita membahas tentang posisi tubuh yang baik, saat sedang mengetik. Yang dimana hal ini berhubungan dengan kesehatan. Dengan mengamankan beberapa posisi badan dan beberapa hal yang tidak diinginkan, ketika sedang belajar mengetik tersebut. yaitu posisi badan yang semestinya digunakan saat sedang mengetik.

  •  Posisi duduk yang baik pada saat mengtik menggunakan komputer
Baca Juga :   10 Tokoh Pergerakan Nasional Indonesia Terlengkap

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat sedang mengetik :

  1. Punggung santai tetapi tidak membungkuk, artinya posisi punggung akan tetap tegak selama anda mengetik. Tidak membungkuk dalam waktu yang lama, karena biasanya posisi punggung akan berubah karena pegal dan lain sebagainya. Maka sesekali anda harus bangun dari tempat duduk, kemudian mengganti posisi bungkuk tersebut.
  2. Perhatikan kepala anda, jangan sampai juga menunduk atau terlalu condong ke depan.
  3. Posisi paha juga harus diperhatikan, posisi yang baik adalah yang horizontal dan sejajar dengan lantai.
  4. Telapak kaki menapak pada tanah, jangan sampai kaki menggantung. Entah karena disengaja atau karena bangku yang terlalu tinggi.
  5. Bantalan kursi seharusnya dapat menopang punggung bagian bawah, sehingga punggung akan tetap dalam keadaan tegak.
  6. Ubah posisi duduk dengan cara berkala saat sedang bekerja, karena duduk dalam posisi yang tetap dengan jangka waktu yang lama bisa menyebabkan ketidaknyamanan. Sesekali anda harus bangun untuk mencari udara segar, lalu kemudian bisa duduk kembali.
  7. Jangan lupa menyediakan air mineral yang cukup dekat supaya anda tidak melupakan minum air putih.
  • Posisi Meja juga harus diperhatikan 

Berikut ini posisi meja yang tepat ketika mengetik :

  1. Tempatkan keyboard pada posisi yang membuat tangan anda terasa rileks.
  2. Posisi siku dengan meja sebaiknya membentuk 90 derajat
  3. Pergelajangan tangan usahakan dalam posisi yang netral, lurus dan nyaman.
  4. Sebaiknya pada saat anda mengetik pergelangan tangan berada di posisi tetap. Tetapi dapat menjangkau tombol keyboard dengan menggunakan jari.
  5. Tempatkan mouse dekat dengan keyboard agar tidak perlu menggerakkan tangan terlalu jauh, untuk menjangkau mouse.
  • Perhatikan setelan Monitor

Monitor juga menjadi bagian penting yang akan berdampak pada kesehatan setiap penggunanya. Untuk itu perhatikan beberapa posisi monitor yang tepat seperti berikut :

  1. Pastikan layar monitor anda selalu dalam keadaan bersih, dan tak ada noda apapun yang menghalangi pandangan. Karena layar yang tidak bersih akan membuat posisi pandang menjadi terhambat dan akan mengganggu kesehatan mata anda.
  2. Jangan lupa juga mengatur brightness dan kontras layar secukupnya, agar nyaman untuk mata. Jangan terlalu terang dan jangan terlalu buram.
  3. Yang berikutnya juga penting, yaitu untuk mengatur posisi dan letak layar monitor supaya tidak memantulkan cahaya yang menyilaukan mata. Jangan sampai layar monitor memantulkan cahaya lampu atau matahari.
  4. Atur juga posisi di bagian atas layar supaya sejajar atau sedikit ke bagian bawah pandangan mata. Jangan sampai posisi layar letaknya di atas mata anda.
  5. Jarak aman menurut para ahli diantara monitor dengan mata yaitu sekitar 50-60 cm.

Sekian penjelasan mengenai cara mengetik 10 jari yang baik dan benar dan bisa menjadi panduan tepat untuk anak-anak dan pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam belajar mengetik dengan cara yang tepat.

Baca Juga :