Past Future Perfect Tense  : Penjalasan , Rumus dan Contoh  Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Past Future Perfect Tense  : Penjalasan , Rumus dan Contoh  Dalam Bahasa Inggris

 

Hai Sahabat Tutorial Bahasa Inggris, welcome to my web, pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu tense yang sering digunakan dalam bahasa  inggris yaitu , Past Future Perfect tense. Nah untuk kalian semua yang belum mengerti apa itu past future perfect  tense, berikut admin akan memberikan penjelasannya.

Pengertian Past Future Perfect Tense

Past future perfect tense adalah salah satu dari jenis tense yang sering kali digunakan untuk menyatakan atau mengekspresikan sebuah aktivitas/kegiatan yang pada umumnya dapat dilakukan , akan tetapi aktivitas atau kegiatan tersebut tidak berhasil dilakukan pada masa lalu ( past ). Untuk membuat suatu kalimat dengan menggunakan past future perfect tense kita dapat menggunakan pola subjek seperti ini  ( Would dan Have + Verb 3 ). Supaya kalian lebih mudah dalam melihat pola nya , simak rumus berikut ini :

 

Rumus Past Future Perfect Tense

 

Bentuk Kalimat

Rumus

Contoh kalimat

Positive ( + )Subjek + Would /Should/Could/May/Might/Must/Have + Verb 3 ( Past Participle )
  • Mrs. Ira would have cooked
  • They should have go now
Negative ( – )Subjek + Would /Should/Could/May/Might/Must + not + Have + Verb 3 ( Past Participle )
  • Mrs. Ira wouldn’t have cooked
  • They shouldn’t have go now
Introgative  ( ? )Subjek + Would /Should/Could/May/Might/Must/Have + Verb 3 ( Past Participle ) ?
  • Would she have cooked ?
  • Should they have go now ?

 

Fungsi Past Future Perfect Tense

Past future perfect tense mempunyai fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda . fungsi tersebut terbagi tergantung auxiliary yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari past future perfect tense :

  1. Past future perfect tense yang menggunakan ( would ) bisa kita gunakan dalam membuat suatu kalimat pengandaian atau perumpamaan yang lebih spesifik yaitu Conditional Sentence Type 3. Kalimat ini digunakan dalam mengeksperiskan atau pun mengungkapkan suatu aktivitas/kegiatan yang tidak terjadi.

Example :

  • If my dad had watched TV a few hours ago, I would not have been late for school ( Jika ayahku telah menonton tv beberapa jam yang lalu , aku tidak akan telah terlambat ke sekolah ).

Fakta dari kalimat diatas adalah My father didn’t watch tv.

  • if you had cooked in the kitchen, you would not  have been hungry ( jika kamu telah memasak di dapur, kamu tidak akan telah merasa lapar ).

Fakta dari kalimat di atas adalah I had not cook in the kitchen.

 

  1. Jika past future perfect menggunakan ( Should ) sama seperti dengan would yaitu dapat kita gunakan dalam mengungkapkan/mengeksperiskan sebuah kejadian atau aktivitas di masa lalu yang tidak terjadi namun seharusnya terjadi.

Example :

  • Mrs Reni should have brought a flower bouquet ( nyonya reni seharusnya sudah membawa karangan bunganya ).

 

  1. Past future perfect tense dengan menggunakan ( Could ) digunakan dalam mengungkapkan atau mengekspresikan suatu kegiatan di masa lampau yang tidak dilakukan, atau bahkan kegiatan itu tidak berhasil dilakukan.

Example :

  • I could have to received the letter, but I chose to store it in a drawer. ( saya sudah dapat menerima surat itu, tapi saya memilih untuk menyimpannya di laci ).

 

  1. Jika past future perfect menggunakan ( May/Might/Could ) maka hal tersebut dapat kita gunakan dalam mengungkapkan atau mengeksperikan sebuah kemungkinan yang terjadi dimasa lampau.

Example :

  • the students seemed far from excited. they may have waited a long time for the lesson to end. ( para siswa tampak jauh dari bersemangat. mereka mungkin telah menunggu lama sampai pelajaran berakhir ).

 

Demikianlah penjelasan mengenai Past Future Perfect tense dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat and happy studying , simak terus ya artikel dari Tutorial Bahasa Inggris. Terimakasih.

 

Baca Juga :

Baca Juga :   Wish & Hope :  Pengertian, Perbedaan Penggunaan Beserta Contoh Dalam Bahasa Inggris