Pengertian 3 Jenis Conversation Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Untuk Kamu Ketahui

Posted on

Pengertian 3 Jenis Conversation Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Untuk Kamu Ketahui

Hello, sahabat Tutorial Bahasa Inggris, welcome to my web, di dalam bahasa inggris terdapat banyak sekali percakapan yang sering di gunakan dalam berdialog, taukah kalian apa saja jenis percakapan di dalam bahasa inggris ?. percakapan di dalam bahasa inggris atau yang disebut dengan Conversation adalah suatu bentuk pertukaran informasi atau pun gagasan dari satu orang kepada orang lain.

Conversation di dalam bahasa inggris merupakan suatu percakapan yang lebih mengarah kepada suatu kegiatan yang bersifat tidak resmi ( Informal ), terdapat tiga jenis conversation atau percakapan di dalam bahasa inggris yang wajib untuk kalian ketahui dan kalian kuasai.

3 Jenis Conversation Dalam Bahasa Inggris

  1. Structural Conversation

Structural Conversation adalah salah satu dari jenis percakapan di dalam bahasa inggris, namun percakapan ini harus sesuai dengan grammar. Sehingga grammar adalah unsur yang menjadi sangat penting di dalam suatu percakapan.

Contoh :

Dira : Doni, may I borrow your notebook( Doni bolehkah saya meminjam buku catatan milikmu ? )

Doni : Yes , you may ( Ya, silakan )

Dira :  Thank you very much ( Terimakasih banyak )

Doni  : Waiter ! two cups of milk coffe , please ( Pelayan tolong pesan 2 cangkir kopi susu )

 

Penjelasan : susunan kalimat dalam percakapan tersebut sangatlah rapi dan juga sesuai dengan grammar atau tata bahasa di dalam bahasa inggris, dengan demikian percakapan tersebut merupakan structural conversation.

 

  1. Functional Conversation

Functional Conversation adalah jenis percakapan di dalam bahasa inggris , yang mana bertujuan untuk membentuk kemampuan seseorang dalam memfungsikan suatu bahasa yang di sesuaikan dengan situasi atau keadaan.

Baca Juga :   9 Istilah Debat Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Dikuasai Terlengkap

Contoh :

Dira : Doni, may I borrow your notebook  ( Doni ,  bolehkah aku meminjam buku catatanmu ? )

Doni :  Of course ( Tentu Saja )

Dira :  Thanks ! ( Terimakasih )

Dira :  Waiter ! 2 cups of tea , please ( Pelayan tolong 2 cangkir teh ya )

 

Penjelasan  : Bahasa yang di gunakan di dalam percakapan tersebut  lebih santai dibandingkan dengan structural conversation, dikarenakan bahasa yang di gunakan dalam functional conversation di sesuaikan dengan suasana atau situasi serta tempat kejadian.

 

  1. Situational Conversation

Situational Conversation adalah percakapan di dalam bahasa inggris, dengan menggunakan suatu tata bahasa atau bahasa yang sesuai dengan situasi atau keadaannya, seperti penggunaan bahasa ketika berada di kantor pasti akan berbeda dengan bahasa yang di gunakan ketika sedang berada di pasar atau mall.

Contoh :

Dira :  Doni, may I borrow your notebook ( Doni, boleh aku meminjam buku catatanmu ? )

Doni : Yes, please  (  ya, silahkan )

Dira :  Thank a lot ( Terimakasih banyak )

Doni : Waiter !  2 teas please ( Pelayan 2 cangkir the ya )

 

Penjelasan : dari percakapan di atas , bahasa yang di gunakan menggunakan bahasa yang lebih santai dan sama sekali tidak memperhatikan structural conversation .

 

Sangat mudah untuk kalian pahami bukan ? tentunya kalian wajib mengetahui dan memahami jika di dalam bahasa inggris terdapat 3 jenis conversation , semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Baca Juga :