√ Pengertian  “ Coordinating , Correlative, Dan Subordinating Conjunctions “ Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh

Posted on

√ Pengertian  “Coordinating  , Correlative, Dan Subordinating Conjunctions “ Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh

Hallo sahabat Tutorial Bahasa Inggris, welcome to my web , sahabat materi kali ini  akan berhubungan dengan Conjunction,  apakah kalian pernah mendengar mengenai  Conjunction dalam bahasa inggris ? Conjunction adalah suatu  kata hubung di  dalam bahasa inggris yang  terdiri atas  beberapa bagian seperti “ Coordinating conjunction “, “ Correlative Conjunction “  dan “ Subordinating conjunction “. Berikut ini admin akan memberikan  penjelasan masing – masing dan tidak lupa di lengkapi dengan contohnya dalam bahasa inggris , yuk langsung saja kita simak.

Penjelasan  “ Coordinating Conjunction, Correlative Conjunction and Subordinating Conjunctions “ Beserta Contoh  Dalam Bahasa Inggris

Sekilas mengenai  Conjunction (  Kata Hubung ) dalam bahasa inggris adalah merupakan suatu bentuk dari kata hubung yang digunakan untuk menghubungkan beberapa kata atau kalimat dalam bahasa inggris Conjunction atau kata hubung sendiri terdiri dari 3 jenis atau tiga tipe yaitu Coordinating Conjunction, Correlative Conjunction dan Subordinating conjunction yang akan di bahas berikut ini.

Coordinating Conjunction

Coordinating Conjunction adalah  bentuk dari Conjunction ( Kata Hubung )  yang digunakan untuk menghubungkan kata – kata frase atau clause yang dapat berdiri sendiri. Misalnya but, or, so, yet dan not.

Contoh :

  • Me and you are best friends ( Aku dan kamu adalah sahabat )
  • We like the book but we don’t buy it ( Kami suka buku itu tetapi kami tidak membelinya )
  • I’m confused about this or that one ( Aku bingung memilih yang ini atau yang itu )
  • They can drink cold water or warm water ( Mereka dapat minum air dingin ataupun air hangat )
Baca Juga :   Perbedaan Admire vs Admirer Beserta Contoh  Dalam Bahasa Inggris

Correlative Conjunction

Correlative Conjunction adalah  bentuk dari Conjunction ( Kata Hubung ) yang digunakan dalam pasangan kata. Misalnya, either, neither, not only but also.

Contoh :

  • He is not only my best friend but also my lover ( Dia tidak hanya sahabatku tetapi juga kekasihku )
  • You want grapes or apples too ( Kamu ingin buah anggur atau juga buah apel )
  • This is not only my favorite drink but also your favorite drink ( Ini bukan hanya minuman kesukaanku tetapi juga minuman kesukaanmu )

Subordinating Conjuction

Subordinating Conjunction adalah  sebuah conjunction ( Kata Hubung ) dalam bahasa inggris yang diletakkan pada awal sebuah clausa. Subordinating Conjunction yaitu misalnya,  after, before, because, until, how, since, when, while dan lain sebagainya.

Contoh :

  • After exercising, you can rest ( Setelah berolahrga , kamu dapat beristirahat )
  • Before you go to the office, help you eat breakfast first ( Sebelum kamu berangkat ke kantor, tolong kamu sarapan dulu )
  • When you called me I was sleeping) ( Ketika kamu menelponku aku sedang tidur )
  • Before you go home I’ll prepare dinner (Sebelum kamu pulang aku akan menyiapkan makan malam )

Demikianlah pembahasan di atas , semoga mudah untuk di pahami dan dapat menjadi referensi belajar kalian semua, jangan lupa simak terus materi dari Tutorial Bahasa Inggris, terimakasih.

Baca Juga :