50 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli Beserta Manfaatnya Lengkap

Posted on

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli, Undang-Undang Dan Secara Umum Lengkap

Pengertian Hubungan Internasional – Pada umumnya pengertian hubungan internasional adalah suatu bentuk interaksi atau hubungan antar negara, yang merdeka dan berdaulat. Oleh dua negara atau lebih yang meliputi beragam aspek yaitu politik, ekonomi, keamanan, sosial budaya dan berbagai aspek lainnya.

Hubungan internasional ini juga dapat diartikan sebagai hubungan antar negara, kelompok, individu, dari suatu negara yang berbeda dan dalam bidang tertentu. Tujuannya adalah untuk kepentingan dari kedua belah pihak.

Interaksi yang terjadi diantara dua pihak di dalam hubungan internasional, tidak selalu harus dalam hal kerjasama saja. Persahabatan, persengketaan, permusuhan, bahkan peperangan juga termasuk ke dalam jenis hubungan internasional.

Menurut UU No 37 Tahun 1999 pengertian hubungan internasional adalah kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional, yang dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat dan internasional yang dilakukan oleh pemerintah pusat, daerah, lembaga, badan usaha, lembaga swadaya, organisasi politik, organisasi masyarakat, LSM atau Warga Negara.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

J.C Johari

Pengertian hubungan internasional mmenurut J.C Johari adalah sebuah studi tentang interaksi yang berlangsung diantara beberapa negara berdaulat. Disamping itu juga studi tentang beberapa pelaku non negara yang perilakunya nampak pada setiap tugas negara.

Mohtar Mas’oed

Pengertian hubungan internasional menurut Mohtar Mas’oed adalah hubungan yang melibatkan beberapa bangsa, yang masing-masing berdaulat sehingga diperlukan mekanisme yang kompleks dan melibatkan banyak negara.

Tygve Nathlessen

Pengertian hubungan internasional menurut Tygve Nathlessen adalah bagian dari ilmu politik, sehingga komponen hubungan internasional itu sendiri tak lepas dari politik internasional, organisasi, dan administrasi internasional dan hukum internasional.

Charles A. Mc Clelland

Pengertian hubungan internasional menurut Charles A. Mc Clelland adalah sebuah studi tentang keadaan yang relevan yang mengelilingin interaksi.

Warsito Sunaryo

Pengertian hubungan internasional menurut Warsito Sunaryo adalah sebuah studi tentang interaksi, diantara jenis kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan yang relevan yang mengelilingi sebuah interaksi. Adapun maksud dari kesatuan nasional itu adalah sebagai negara, bangsa maupun organisasi negara sepanjang hubungan yang bersifat internasional.

Ishaq Rahman

Pengertian hubungan internasional menurut Ishaq Rahman adalah ilmu yang identik dengan hubungan yang terjadi antar negara.

Raymon Aron

Pengertian hubungan internasional menurut Raymon Aron adalah hubungan yang terjadi antar politik yang masing-masing dari mereka, mengklaim bahwa dirinya berhak menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak dan menentukan keadilan.

Couloumbis

Pengertian hubungan internasional menurut Couloumbis adalah ilmu yang mendalami beberapa pola reaksi dan aksi diantara beberapa negara yang berdaulat, yang dimana indikatornya adalah perilaku elit.

Baca Juga :   Komunikasi Interpersonal : Pengertian, Elemen, Sifat Dan Prinsipnya Lengkap

Schawarzeneger

Hubungan internasional menurut Schawarzeneger adalah bagian dari ilmu sosial yang khusus, untuk mempelajari masyarakat tingkat internasional.

Suwardi Wiraatmaja

Hubungan internasional menurut Suwardi Wiraatmaja adalah ilmu sintesa yang menggabungkan, menyatukan dan memadukan disiplin yang memiliki perhatian pada suatu masalah internasional.

Jeremy Bentham

Pengertian hubungan internasional menurut Jeremi Bentham adalah suatu kesatuan disiplin dan memiliki ruang lingkup dan sebuah konsep dasar.

John Lewis Gaddis

Pengertian hubungan internasional menurut John Lewis Gaddis adalah suatu bidang yang mengkaji manfaat bagi negarawan, yang membentuk usaha yang tujuannya adalah membangun dunia menjadi lebih baik.

Teuku May Rudi

Pengertian hubungan internasional menurut Teuku May Rudi adalah ilmu yang meliputi berbagai macam interaksi hubungan, yang melewati batas wilayah negara dan yang melibatkan beberapa pelaku yang berbeda kewarganegaraan.

Tulus Warsito

Pengertian hubungan internasional menurut Tulus Warsito adalah sebuah studi pada interaksi dari politik luar negeri di beberapa pelosok.

Drs R Soeprapto

Pengertian hubungan internasional menurut Drs R Soeprapto adalah spesialisasi yang mengintergrasikan beberapa cabang ilmu pengetahuan lain, yang mempelajari tentang internasional kehidupan sosial manusia.

H. Wolfe

Pengertian hubungan internasional menurut J. H. Wolfe adalah sebuah studi dari suatu pola reaksi dan tindakan, yang diantara beberapa negara yang berdaulat yang diwakili oleh sebuah elit yang memerintah mereka.

Kenneth W. Thompson

Pengertian hubungan internasional menurut Kenneth W. Thompson adalah sebuah studi tentang rivalitas yang terjadi, diantara bangsa yang satu dengan bangsa lainnya. Dan kondisi serta sebuah institusi yang meningkatkan atau menurunkan rivalitas.

Kausolas

Pengertian hubungan internasional menurut G. Kausolas adalah cabang hubungan sosial dan budaya, yang saling memengaruhi diantara kebutuhan politik, perkembangan dan interaksi.

Stanley Hofman

Pengertian hubungan internasional menurut Stanley Hofman adalah berbagai subjek akademis khususnya yang memerhatikan hubungan politik antar bangsa.

Para Tradisionalis

Pengertian hubungan internasional menurut Para Tradisionalis adalah hal-hal yang serupa dengan diplomasi, strategi, kerjasama, dan konflik yang lebih sederhana. Hubungan internasional juga menjadi studi atas perang dan damai.

John Herz

Pengertian hubungan internasional menurut John Herz adalah mengidentifikasikan hubungan internasional, yang juga menjadi konsep yang membahas tentang suatu kebijakan luar negeri yang lebih fokus pada keamanan. Yang menjadi pusat perhatian pada seluruh rakyatnya.

Stephen Krasner

Pengertian hubungan internasional menurut Stephen Krasner adalah hubungan internasional yang mengulas tentang sebuah ruang lingkup, dan sifat dasar dari sebuah bidang studi hubungan internasional di dalam masyarakat internasional.

George Kennan

Pengertian hubungan internasional menurut George Kennan adalah tingkah laku dan prinsip di dalam kelompok masyarakat sosial.

Baca Juga :   Puisi Kontemporer : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap

Robert Gilpin

Pengertian hubungan internasional menurut Robert Gilpin adalah ilmu yang mempelajari mengenai ilmu politik internasiona, yang mengarah pada politik keamanan militer yang seimbang.

J. Hoksti

Pengertian hubungan internasional menurut K. J. Hoksti adalah studi tentang sistem internasional, suatu kumpulan satuan politik yang merdeka, misalnya suku bangsa, negara bangsa, negara kota atau imperium. Yang berinteraksi dengan frekuensi yang teratur.

John Houston

Pengertian hubungan internasional menurut John Houston adalah studi yang membahas interaksi diantara beberapa anggota, di dalam komunitas internasional atau tentang tingkah laku aktor yang beroperasi di dalam sistem politik internasional.

Spengler

Pengertian hubungan internasional menurut Spengler adalah menjalankan suatu politik dalam menaklukan dunia dengan senjata dalam bentuk sebuah kebudayaan yang baru dan vital.

Susan Strange

Pengertian hubungan internasional menurut Susan Strange adalah segala hal yang membahas konsep teoritis dalam memecahkan sebuah persoalan, di dalam lingkup internasional.

Edward Hallet Card

Pengertian hubungan internasional menurut Edward Hallet Card adalah hubungan yang dinamis dan dialektis yang membahas tentang perdamaian dunia.

Richard A. Falk

Pengertian hubungan internasional menurut Richard A. Falk adalah pola hubungan antar negara dengan prinsip legal dan konstitusional, yang dalam hubungannya berhubungan dengan hubungan internasional.

Umar Suryadi Bakri

Pengertian hubungan internasional menurut Umar Suryadi Bakri adalah suatu kumpulan dari cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai perhatian pada suatu masalah internasional.

Vladimir I. Lenin

Hubungan internasional menurut Vladimir I. Lenin adalah organisasi internasional yang membahas tentang hukum internasional, dan kepentingan internasional.

Freddy L. Tobing

Hubungan internasional menurut Freddy L. Tobing adalah studi tentang hubungan yang ada diantara, etintas politik yang berdaulat yang sifatnya anarkis.

Dr. Hilman Adil Cleland

Hubungan internasional menurut Dr. Hilman Adil Cleland adalah subjeka akademi yang khususnya memerhatikan hubungan politik antar bangsa.

Sprout dan Sprout

Hubungan internasional yang membahas aktor dalam hal ini yaitu Negara, pemerintah, pemimpin, diplomat, masyarakat. Dengan tujuan untuk maksud tertentu dan menggunakan sarana misalnya siplomasi, pemaksaan, dan persuasi yang dihubungkan dengan power atau kapabilitasnya.

John Burton

Hubungan internasional ini bisa diklasifikasikan pada struktur analisa konvensional di dalam studi hubungan internasional.

Hedley Bull

Pengertian hubungan internasional menurut Hedley Bull adalah konsep yang membahas tentang tatanan umum, sebagai pola aktivitas yang tujuan dasarnya adalah sosial masyarakat internasional.

Nudya Lissofa

Pengertian hubungan internasional menurut Nudya Lissofa adalah hubungan yang melintasi batas negara, yang dengan adanya hubungan tersebut bisa menghilangkan sekat yang ada yang menjadi penghalang para aktor di dalam hubungan internasional saat menjalin hubungan.

Tini Rustini, S.Pd

Pengertian hubungan internasional menurut Tini Rustini, S.Pd adalah hubungan antar negara di dalam beberapa aspek kehidupan, dalam memenuhi kepentingannya masing-masing.

Baca Juga :   Etika Ekonomi : Pengertian Dalam Distribusi Barang dan Jasa

The Dictionary of World Politics

Sebuah istilah yang digunakan dalam melihat seluruh interaksi, diantara aktor negara dengan mewati suatu batas negara.

Mohamad Sabir

Pengertian hubungan internasional menurut Mohamad Sabir adalah suatu istilah yang mencakup totalitas hubungan, di kalangan beberapa bangsa dan kelompok di masyarakat dunia.

Karen A. Mingsti

Pengertian hubungan internasiona menurut Karen A. Mingsti adalah kajian mengenai interaksi diantara berbagai aktor, yang berpartisipasi di dalam percaturan politik internasional. Yang meliputi negara dan organisasi.

Amelia Novrida

Pengertian hubungan internasional menurut Amelia Novrida adalah suatu bentuk interaksi antar faktor atau anggota masyarakat yang satu, dengan aktor maupun dengan anggota masyarakat yang lainnya.

Eko Cahyono

Pengertian hubungan internasional menurut Eko Cahyono adalah segala bentuk interaksi dari masyarakat sipil atau pemerintah, di dalam suatu negara dengan negara lainnya yang melewati batas yuridiksi dalam wilayahnya masing-masing.

Perwita dan Yani

Pengertian hubungan internasional menurut Perwita dan Yani adalah interaksi para aktor yang dimana, tindakan dan kondisinya mempunyai konsekuensi yang penting pada aktor lainnya yang ada di luar yuridiksi efektif unik politiknya.

Citra Aditya Bakti

Pengertian hubungan internasional menurut Citra Aditya Bakti adalah sekumpulan aktivitas untuk mencapai beberapa tujuan bersama, keamanan bersama dan perdamaian yang bisa dilakukan dan dicapai tanpa harus menggunakan instrumen militer.

K.J. Holsti

Pengertian hubungan internasional menurut K.J. Holsti adalah interaksi di dalam masyarakat yang berlainan, baik yang disponsori oleh pemerintah maupun yang tidak.

Daniel S. Papp

Pengertian hubungan internasional menurut Daniel S. Papp adalah ilmu yang mempelajari beberapa masalah internasional, dan sistem yang membentuk hubungan internasional dan aktor-aktor yang terlibat di dalamnya.

Manfaat Hubungan Internasional

  1. Menjalin persahabatan antar bangsa.
  2. Menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan juga negara.
  3. Mempercepat proses perkembangan di dalam dalam ekonomi negara.
  4. Menunjang upaya dalam hala pemeliharaan dan pemulihan perdamaian, keamanan serta stabilitas internasional.
  5. Menerima bantuan dari beberapa organisasi internasional.
  6. Meningkatkan investasi.
  7. Menguatkan posisi dalam perdagangan.
  8. Meningkatkan penanggulangan dalam hal kejahatan.
  9. Menunjang pelaksanaan dari kebijakan politik di pemerintah dan hubungan luar negeri, yang dilakukan untuk kepentingan pembangunan dalam seluruh bidang yang ada.
  10. Mendapat bantuan dan upaya pencegahan serta penanggulangan segala bentuk bencana alam, dan pemulihan infrastruktur dan lain-lain.

Asas-Asas Hubungan Internasional

  • Asas Teritorial, yaitu asas ini didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya
  • Asas Kebangsaan, yaitu asas ini didasarkan pada kekuasaan negara terhadap warga negaranya.
  • Asas Kepentingan Umum, yaitu asas ini didasarkan pada wewenang negara untuk melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat.

Itulah pembahasan lengkap mengenai pengertian hubungan internasional. Semoga dapat dipahami dan menambah manfaat.

Baca Juga :