Pengertian Konsentrasi Menurut Para Ahli : Jenis Dan Tahapannya Lengkap

Posted on

Pengertian Konsentrasi Menurut Para Ahli : Jenis Dan Tahapannya Lengkap

Pengertian Konsentrasi – Konsentrasi adalah sebuah tahapan awal yang menuju ke meditasi. Konsentrasi merupakan atensi atau perhatian, ia juga merupakan proses keterjagaan mental serta proses pengendalian substansi mind atau alam pikiran. Berkonsentrasi artinya memfokuskan keasadaran dalam sebuah objek, tanpa harus mengalihkan sedikit pun perhatian ke satuan yang lainnya.

Di dalam segala hal ada dua jenis konsentrasi. Yang pertama konsentrasi otomatis dan konsentrasi yang disengaja. Konsentrasi juga otomatis ditemukan di setiap orang yang tidak mengetahui bahwa mereka berkonsentrasi. Walaupun mereka melakukannya. Mereka juga akan berkonsentrasi secara otomatis, dan konsentrasi disengaja diajarkan oleh pemikir, filsof, dan orang-orang mediatif. Keseluruhan dari mistisisme, esoterisme, didasarkan pada gagasan konsentrasi. Yang kedua, konsentrasi mistikal dibagi menjadi empat tingkatan. Diantaranya yaitu konsentrasi, kontemplasi, meditasi dan realisasi.

Definisi dari tingkatan yang pertama adalah meletakkan pikiran pada sebuah objek. Seharusnya orang tidak mengkonsentrasikan sebuah objek, yang datang begitu saja. Karena apa yang dikonsentrasikan setiap orang akan memberi pengaruh kepada dirinya sendiri. Pada saat seseorang mengkonsentrasikan objek yang mati, ia akan memberi pengaruh dengan mematikan jiwa. Dan pada saat seseorang mengkonsentrasikan objek yang hidup, maka ia akan memberi pengaruh yang hidup. Rahasia ajaran seluruh nabi dan juga ahli mistik ditemukan dalam hal ini.

Pengertian Konsentrasi Menurut Para Ahli

  1. Menurut KBBI konsentrasi adalah sebuah pemusatan perhatian atau pikiran dalam sebuah hal yang ada, atau menjadi sebuah objek. Sama halnya dengan saat kita sedang belajar, tentu kita akan berusaha untuk berkonsentrasi pada pelajaran yang menjadi objek.
  2. Menurut Nugraha konsentrasi adalah sebuah perilaku dan fokus perhatian seseorang di dalam sebuah kegiatan. Hal itu akan menambah pemahaman akan objek yang lebih maksimal.
  3. Menurut Sumartono konsentrasi adalah sebuah perilaku seseorang dalam memfokuskan pikiran dalam sebuah objek.
  4. Menurut Scholz konsentrasi adalah sebuah kemampuan pada seseorang yang terlihat dalam kebiasaan atau keseharian seseorang.
Baca Juga :   Jenis-jenis Penelitian dan Contohnya Lengkap

Jenis Dan Tahapan Dalam Konsentrasi

  • Konsentrasi dicapai dengan tiga cara yang berbeda. Berikut penjelasannya :
  1. Cara yang pertama adalah dengan aksi. Orang yang melakukan suatu gerakan tertentu atau melakukan aksi yang membantu akal untuk berkonsentrasi, pada sebuah objek tertentu.
  2. Cara yang kedua adalah dengan bantuan kata-kata. Dengan pengulangan kata tertentu, orang akan belajar memikirkan objek dengan cara otomatis.
  3. Cara yang ketiga adalah dengan bantuan memori. Orang yang berkonsentrasi dengan cara yang ini, dia akan berusaha mengumpulkan benda pada seluruh memorinya dan mereka akan menyusun objek supaya bisa berkonsentrasi pada suatu hal yang diinginkan.
  • Tahapan yang kedua adalah tingkatan kontemplasi hanya bisa dilakukan bila seseorang memang sudah cukup ahli. Karena kontemplasi bukanlah objek tetapi ada pada sebuah ide atau gagasan.
  • Bagian ketiga dari konsentrasi adalah meditasi. Dalam tingkatan ini seseorang sudah sampai ke tahap komunikatif. Seseorang akan mulai berkonsentrasi dengan kehidupan yang diam, dan secara alami komunikasi pun akan terbuka juga dengan kehidupan material dan kehidupan yang bersuara.

Itulah sebabnya dalam tahap meditasi seorang manusia akan menyadari bahwa ada dua kehidupan, yaitu kehidupan terluar dan kehidupan terdalam. Dalam kenyataannya yaitu komunikatif dalam segala hal. Kemudian ia akan mempelajari apa yang tidak pernah ia pelajari dalam kajian atau buku.

Kehidupan diam adalah guru terbesar dalam hidup, dan dia akan mengetahui semua hal. Dia tidak hanya mampu mengajar tapi meditasi juga akan memberi kedamaian, kenikmatan, kekuatan dan keselarasan yang membuat hidup lebih indah.

  • Tahapan realisasi adalah hasil dari ketiga tingkatan yang sebelumnya. Dalam tahap ketiga pengalaman manusia adalah mengejar sebuah meditasi. Tetapi dalam tahap ini meditasilah yang mengejar manusia. Perumpamaannya, seorang biduan tidak akan menyanyikan sebuah lagu lagi, tetapi lagulah yang akan menyanyikan biduan.
  • Tingkatan yang keempat ini seperti sebuah sejenis ekspansi kesadaran, pemaparan jiwa, penyelaman mendalam bersama diri sendiri, berkomunikasi dengan setiap atom keberadaan kehidupan seluruh dunia. Tahapan ini merupakan kesadaran yang nyata, yang membentuk pemenuhan dalam tujuan kehidupan.
Baca Juga :   Pengertian Statistik : Fungsi, Tujuan Dan Jenisnya Lengkap

Terdapat empat unsur yang mendasari pembangkitan respon reklasasi, yang pertama adalah lingkungan yang tenang. Seseorang harus memutuskan apakah dapat memutuskan tak hanya godaan yang berasal dari dalam, tapi juga berbagai godaan yang datang dari luar. Sebuah ruangan atau tempat ibadah yang tenang mungkin saja memenuhi syarat utama.

Berikutnya adalah menentukan objek dalam memusatkan perhatian, objek tersebut bisa berupa kata atau pengulangan bunyi misalnya saja dalam agama islam diistilahkan dengan berzikir. Menatap pada satu simbol dan berkonsentrasi pada perasaan tertentu, contohnya dengan memusatkan perhatian pada pengulangan suku kata dan hal itu akan membantu mengosongkan pikiran.

Yang ketiga adalah sikap pasif atau pasrah. Hal ini adalah pengosongan seluruh pikiran dan godaan dari benak seseorang. Unsur yang keempat adalah posisi yang nyaman. Seseorang harus berada dalam posisi yang sama selama kurang lebih dua puluh menit. Relaksasi adalah sebuah upaya untuk menjadi relaks, bukan hanya tubuh secara fisik tapi juga batin. Berkaitan dengan masalah relaksasi ini,  Herbert Benson (2000) mengatakan bahwa relaksasi adalah sebuah kondisi rileks yang ditimbulkan sebagai respon dari meditasi yang dilakukan.

Itulah pengertian konsentrasi yang dilengkapi dengan tahapan dan jenisnya. Semoga artikel ini dapat dipahami dan memberi manfaat bagi semua pembaca.

Baca Juga :