Kontribusi – Pengertian Dan Kategorinya Lengkap

Posted on

Pengertian Kontribusi Dan Kategorinya Lengkap

Pengertian Kontribusi – Kata kontribusi berasal dari Bahasa Inggris, yaitu contribute. Arti dari contribution adalah adalah keikutsertaan, keterlibatan, melibatkan diri maupun sumbangan. Maka pengertian dari kontribusi adalah suatu hal yang berupa materi atau tindakan, yang dimana hal yang sifatnya materi contohnya seorang individu yang memberi pinjaman pada pihak yang lainnya demi kebaikan bersama.

Kontribusi

Sedangkan sebagai tindakan yaitu sebuah perilaku yang dilakukan oleh individu, kemudian akan memberi dampak positif atau negatif pada pihak yang lainnya.

Dengan adanya kontribusi maka individu harus berusaha meningkatkan efisiensi dan juga efektivitas di dalam hidupnya. Hal tersebut dilakukan dengan cara menajamkan posisi perannya, dengan sesuatu yang kemudian menjadi bidang spesialisnya supaya lebih tepat dan sesuai dengan kompetensi. Kontribusi ini bisa diberikan di berbagai bidang yaitu pemikiran, kepemimpinan, profesionalisme, finansial, dan lainnya.

Menurut kamus ekonomi pengertian kontribusi adalah suatu hal yang diberikan bersama dengan pihak yang lainnya, untuk tujuan biaya, atau kerugian tertentu dan bersama. Sehingga kontribusi ini bisa diartikan sebagai sumbangan yang diberikan oleh bidang pariwisata, pada pendapatan asli daerah.

Menurut T. Guritno (2000) pengertian kontribusi adalah sumbangan yang diberikan oleh seseorang, sebagai upaya untuk membantu kerugian atau membantu kekurangan pada suatu hal yang diperlukan. Hal yang dibutuhkan ini dapat dilakukan bersama dalam membantu masyarakat yang terkena bencana misalnya.

Pada umumnya definisi dari kontribusi adalah keterlibatan yang diberi oleh individu, atau suatu badan tertentu yang kemudian memposisikan perannya hingga menimbulkan dampak tertentu yang bisa dinilai dari aspek sosial dan ekonomi.

Pengertian Kontribusi

Kontribusi adalah ke-ikutsertaan, keterlibatan, melibatkan diri maupun dalam bentuk sumbangan.  Menurut KBBI kontribusi adalah uang iuran atau sumbangan misalnya dalam perkumpulan/organisasi dan semacamnya.

Baca Juga :   Arti Interpretasi Lengkap

Di dalam dunia bisnis pengertian kontribusi adalah jumlah pendapatan yang tersisa, sesudah semua biaya langsung yang dikurangkan dengan biaya pendapatan. Sisanya yaitu jumlah yang tersedia untuk membayar biaya tetap bahwa bisnis muncul dan juga timbul, selama periode pelaporan. Kelebihan dari kontribusi ini lebih dari biaya tetap yang sama dengan keuntungan yang didapatkan.

Kontribusi harus dihitung dengan menggunakan basis aktual sehingga seluruh biaya yang berhubungan dengan pendapatan, diakui di dalam periode yang sama dengan pendapatan. Bila tidak maka jumlah yang diakui dengan tidak benar bisa mencakup biaya yang tak terkait, dengan pendapatan. Atau tidak termasuk ke dalam biaya yang harus berkaitan dengan pendapatan.

Pengertian Kontribusi Dalam Empat Kategori

  1. Pada umumnya kontribusi adalah suatu hal yang dikenakan atau diperlukan dalam pembayaran.
  2. Kontribusi dalam bidang akunting adalah jumlah yang tersisa setelah variabel, yang kemudian langsung dikurangkan dari pendapatan penjualan. yang juga disebut dengan pendapatan kotor, maka jumlah ini akan membayar langsung biaya tetap dan memberi kontribusi untuk laba bersih.
  3. Di dalam bidang asuransi kontribusi adalah berbagai proporsional kerugian oleh perusahaan asuransi, ketika lebih dari satu kebijakan yang diambil oleh yang bertanggung jawab dalam bahaya yang sama. Berdasarkan kontrak ganti rugi, tertanggung tidak bisa mendapat keuntungan darinya, terlepas dari kebijakan itu sendiri.
  4. Kontribusi dari segi hukum adalah hak debitur bersama atau pelaku kerugian bersama, yang membayar seluruh hutang atau kewajiban untuk pulih dari debitur yang lainnya bersama atau kerugian bersama dengan saham masing-masing dari hutang atau kewajiban.

Sekian pengertian kontribusi lengkap dan berdasarkan kategorinya. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat dan menambah wawasan anda.

Baca Juga :   Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Baca Juga :