√ 18 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli “Terlengkap dan Terbaru”

Posted on

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Dalam upaya untuk membuat keputusan yang rasional, perusahaan eksternal dan perusahaan menggunakan alat yang dapat menganalisis laporan keuangan yang ditunjukkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Di bawah ini pembahasan yang akan kita Pelajari Bersama tentang  pengertian laporan keuangan dari beberapa ahli, terus baca ulasan di bawah ini.

Laporan Keuangan
Laporan Keuangan

Munawir (1991: 2)

Pengertian laporan keuangan menurut Munawir ini pada dasarnya laporan keuangan merupakan salah satu proses akuntansi yang bisa digunakan sebagai salah satu alat untuk mengkomunikasikan data keuangan.

Sundjaja dan Barlian (2001: 47)

Pengertian laporan keuangan menurut Sundjaja dan Barlian adalah tindakan yang merupakan hasil dari suatu proses yang digunakan untuk pihak yang berkepentingan dengan data keuangan atau aktivitas perusahaan.

Harnanto (2002: 31)

Pengertian laporan keuangan menurut Harnanto adalah hasil akhir dari proses, laporan yang terdiri dari laporan dan laporan laba rugi dan dalam bentuk laporan pelengkap seperti laporan laba rugi yang membuat laporan dan sumber dana dan presentasi keuangan.

Baca Juga :   Pengertian Laut : Definisi. Jenis, Macam, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap

M.Sadeli (2002: 2)

Pengertian laporan keuangan menurut M. Sadeli adalah hasil dari proses dan sejarah informasi. Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk mencari tahu dan membuat keputusan yang tepat untuk pengguna informasi tersebut.

Munawir (2002: 56)

Pengertian laporan keuangan menurut Munawir adalah alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi lengkap dengan posisi keuangan dan hasil operasi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Bridwan (2004: 17) dalam buku “Intermediate Accounting”

Pengertian laporan keuangan menurut Bridwan adalah hasil dari proses pencatatan, perkembangan transaksi keuangan yang terjadi selama tahun keuangan yang sama.

Sofyan S. Harahap dalam buku “Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan” (2006: 105)

Pengertian laporan keuangan menurut Sofyan S. Harahap adalah laporan yang menggambarkan keuangan dan hasil perusahaan pada waktu atau periode waktu tertentu.

Hanafi dan Halim (2007: 49)

Pengertian laporan keuangan perusahaan menurut Hanafi dan Halim adalah salah satu informasi penting selain informasi industri, kondisi ekonomi, penyelesaian pasar, kualitas manajemen dan lain-lain.

Machfoedz dan Mahmudi (2008: 1.18)

Pengertian laporan keuangan menurut Machfoedz dan Mahmudi adalah hasil akhir dari proses akuntansi. Artikel ini dimulai dari bukti transaksi, kemudian dicatat dalam harian yang disebut jurnal, dan secara berkala dari jurnal dikelompokkan ke dalam buku besar sesuai dengan transaksi, dan yang terakhir adalah akuntansi keuangan.

Bambang Riyanto (2012: 327)

Pengertian laporan keuangan menurut Bambang Riyanto menyediakan upaya untuk mendanai keadaan perusahaan, di mana Neraca (Neraca) juga dapat digunakan, modal saat ini dan modal sendiri pada waktu-waktu tertentu, dan laporan dan laba (laporan laba rugi). pasti, biasanya mengisi periode satu tahun.

Baca Juga :   Uang : Pengertian, Definisi, Fungsi, Syarat Dan Jenisnya Lengkap

Sutrisno (2012: 9)

Pengertian laporan keuangan menurut Sutrisno adalah hasil akhir dari laporan keuangan dan laporan laba rugi. Cakupan keuangan disiapkan dengan maksud untuk menyediakan informasi keuangan bagi pihak yang berkepentingan sebagai pertimbangan material dalam mengambil keputusan.

Wahyudiono (2014: 10)

Pengertian laporan keuangan menurut Wahyudiono adalah laporan pertanggungjawaban manajer atau pimpinan perusahaan untuk manajemen perusahaan yang dipercayakan kepada pihak luar perusahaan.

Gitman (2012: 44)

Pengertian laporan keuangan menurut Gitman adalah laporan tahunan yang harus dimiliki perusahaan publik kepada pemegang saham; meringkas dan mendokumentasikan kegiatan keuangan perusahaan selama setahun terakhir.

Bambang Riyanto (2012: 327)

Pengertian laporan keuangan menurut Bambang Riyanto memberikan upaya tentang finanziilusing state perusahaan, di mana Neraca (Neraca) memberikan nilai, kewajiban dan ekuitas pada waktu tertentu, dan laporan dan laba (laporan laba rugi) mencerminkan hasil yang sesuai dengan periode tertentu, biasanya mengisi periode satu tahun.

Kasmir (2014: 7)

Pengertian laporan keuangan menurut Cashmere adalah laporan yang menampilkan informasi keuangan perusahaan saat ini atau dalam periode tertentu.

Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) (2012: 5)

Pengertian laporan keuangan menurut Ikatan Akuntansi Indonesia adalah struktur yang menyajikan posisi keuangan dan kinerja keuangan dalam suatu entitas. Tujuan umum dari laporan keuangan adalah untuk kepentingan umum, yaitu penyajian informasi tentang posisi keuangan (posisi keuangan), kinerja keuangan (kinerja keuangan), dan arus kas (arus kas) dari entitas yang sangat berguna untuk membuat keputusan ekonomi untuk pengguna.

SAK (Standar Akuntansi Keuangan)

Pengertian laporan keuangan menurut SAK adalah bagian dari proses keuangan lengkap, laporan laba rugi, neraca keuangan yang dapat digunakan dalam berbagai cara seperti: penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

Baca Juga :   Materi Adjective : Pengertian, Rumus, Kombinasi, Posisi, Macam - Macam dan Contohnya Lengkap

Wikipedia

Pengertian laporan keuangan menurut Wikipedia adalah catatan informasi keuangan perusahaan dalam periode yang dapat digunakan untuk tujuan ini. Laporan keuangan adalah bagian dari pelaporan keuangan.

Demikian ulasan tentang pengertian laporan keuangan menurut para ahli lengkap ini, yang bisa untuk Anda pelajari. Terima kasih sudah membaca ulasan ini. Semoga bermanfaat untuk Anda semua dan Anda juga bisa membagikan ulasan ini.