Pengertian Latar Belakang : Isi, Cara Membuat dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Latar Belakang : Isi, Cara Membuat dan Contohnya Lengkap

Apa Itu Latar Belakang – Latar belakang merupakan dasar atau titik tolak untuk memberi pemahaman pada pembaca tentang apa saja yang ingin disampaikan. Latar belakang yang baik adalah latar belakang yang disusun dengan jelas, dan jika perlu disertai dengan data/fakta mendukung.

Cara Membuat Latar Belakang

  • Kondisi Ideal. Yang meliputi keadaan yang diharap bisa terjadi. Kondisi ini biasanya dituangkan ke dalam bentuk visi misi yang ingin diraih.
  • Kondisi fakta/baku. Adalah kondisi yang sedang terjadi. Menceritakan tentang situasi yang menjadi keresahan masalah, hingga menjadi dasar dilakukannya penelitian/kegiatan yang melatarbelakangi.
  • Solusi. Adalah saran singkat/penawaran penyelesaian masalah yang dialami sebelum melangkah ke pokok bahasan lebih lanjut.

Latar belakang juga bisa mengandung perbandingan serta penyempurnaan atas tulisan, tentang topik yang sama sebelumnya. Oleh karena itu latar belakang menjadi bagian penting di dalam penulisan karya tulis.

Isi Latar Belakang

  1. Suatu alasan rasional & esensial berdasarkan dengan data, fakta, maupun referensi yang ada. Alasan tersebut dipakai untuk acuan ketertarikan dari sang peneliti.
  2. Gejala-gejala yang ada di lapangan yang lalu memunculkan permasalahan untuk selanjutnya diteliti lebih lanjut.
  3. Adanya permasalahan yang kompleks & pelik yang muncul jika dibiarkan begitu saja serta tidak secepatnya dicari solusinya.
  4. Pendekatan yang ditinjau pada segi teoritis yang bertujuan untuk mengatasi masalah.

Latar belakang masalah juga dapat mengacu pada krisis ideologi, social, ekonomi, politik, budaya, keamanan, dan pertahanan. Latar belakang masalah ditutup dengan kalimat kunci yang intinya yaitu menekankan pentingnya masalah, untuk diteliti secepatnya. Serta dibahas juga akibatnya bila penelitian tersebut tak segera dilakukan.

Baca Juga :   Verba Transitif Dan Intransitif - Pengertian, Bentuk Kata Kerja Beserta Contohnya Lengkap

Banyaknya jumlah halaman dalam membuat latar belakang masalah adalah proporsional. Tergantung pada jumlah halaman seluruh proposal penelitian atau laporannya. Latar belakang tidak boleh melebihi banyaknya jumlah halaman dari bab yang lainnya selain di bab terakhir, karena bab itu hanya membahas saran dan kesimpulan saja.

Maka sebelum anda melakukan penelitian, anda harus menentukan masalah yang nantinya akan diteliti. Dengan masalah tersebut anda bisa menjadikannya latar belakang masalah, dan mengapa diangkat judul tersebut. yaitu judul yang akan diteliti oleh peneliti.

Contoh Latar Belakang

Latar Belakang Pengaruh Perpustakaan di Sekolah terhadap Mutu Pendidikan

Ilmu pengetahuan selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan pola berpikir manusia.

Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tak akan bisa maju selama belum membenahi kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa bisa meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

Dalam UUD tahun 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat yang belajar.

Masyarakat belajar bisa terbentuk jika mempunyai kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Jika membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan tepat sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Perpustakaan adalah bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan. Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

Baca Juga :   Kalimat Efektif : Pengertian, Syarat, Ciri-Ciri Dan Contohnya Lengkap

Sekian pembahasan mengenai Apa Itu Latar Belakang yang lengkap dengan pengertian, cara membuat dan juga contohnya. Semoga artikel ini berguna, khususnya bagi anda yang sedang membuat suatu penelitian.

Baca Juga :