Pengertian Normatif dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Normatif dan Contohnya Lengkap

Normatif – Adalah berpegang teguh pada norma, aturan serta ketentuan lainnya. Yang dalam hal ini, normatif mengacu pada sebuah sikap, loyalitas, serta kesetiaan seseorang pada aturan/kaidah yang berlaku dalam lingkungannya.

Pemakaian kata normatif ini bisa kita lihat dalam banyak hal, seperti contohnya di bawah ini :

1. Etika Normatif

Adalah etika yang berusaha menetapkan beragam sikap serta pola perilaku yang sifatnya ideal dan memang seharusnya dimiliki oleh manusia, sebagai sesuatu yang berharga atau bernilai di dalam hidupnya.

Di dalam etika normatif terjadi penilaian pada beberapa norma dan juga penentuan sikap, sehingga bisa dikatakan bahwa etika normatif ini menghimbau manusia untuk hidup dengan norma atau aturan yang ada dan berlaku.

2. Ekonomi Normatif

Pernyataan dalam ekonomi normatif ini mempunyai fokus pada pemikiran mengenai hal-hal yang seharusnya terjadi, demi kebaikan masyarakat luas. Ilmu normatif menggunakan serta menggabungkan studi empiris serta prediksi ekonomi positif dengan cara mempertimbangkan nilai gagasan yang ideal mengenai masyarakat, demi mendapatkan rekomendasi kebijakan.

3. Metode Penelitian Hukum Normatif

Metode hukum yang satu ini lazim disebut dengan metode hukum doktriner atau penelitian perpustakaan. Penelitian ini disebut dengan penelitian doktriner karena hanya ditujukan pada beberapa peraturan tertulis hingga akan berkaitan erat pada perpustakaan yang menjadi sumber data yang sifatnya sekunder.

Demikianlah pemahaman tentang Normatif serta contoh dan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini memberi manfaat untuk anda semua.

Baca Juga :

Baca Juga :   Hipertensi : Pengertian, Gejala, Penyebabnya, Makanan Yang Dapat Menurunkan Hipertensi Lengkap