Pengertian Otentik dan Orisinil Lengkap

Posted on

Pengertian Otentik dan Orisinil Lengkap

Otentik Adalah – Variasi dari kata autentik yang artinya bisa dipercaya, tulen, asli dan sah. Pengertian orisinil dalam bentuk lainnya yaitu adaptasi dari Bahasa Inggris yaitu original. Yang merupakan kata sifat yang artinya asli dan tulen.

Keduanya memang memiliki arti/makna yang hampir sama. Lalu, apa saja perbedaannya? Berikut penjelasan tentang perbedaan otentik dan orisinil :

Naskah proklamasi kemerdeakaan terdiri dari naskah asli/orisinil. Berikut ciri-cirinya :

  • Ditulis tangan oleh Ir. Soekarno
  • Belum ada tanda tangannya
  • Masih tertulis seperti ini : Djakarta, 17-08-45, Wakil wakil Bangsa Indonesia, Tempoh

Sedangkan ciri dari naskah otentik proklamasi adalah :

  • Telah diketik oleh Sayuti Melik
  • Telah ditambahkan tanda tangan Soekarno dan Hatta
  • Bunyinya menjadi : Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 45, Atas Nama Bangsa Indonesia, Tempoh

Dari dua contoh naskah tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa keduanya merupakan naskah asli baik dari segi arti maupun isinya. Namun secara bentuk dan tampilannya, naskah otentik ini telah mengalami perubahan dari bentuk orisinilnya tapi tanpa harus mengubah arti yang mendasar dari naskah tersebut. diantara perubahan itu naskah telah diketik untuk kebutuhan resmi, serta sebagian ejaan dan juga bahasanya sudah diperbaiki dengan baik. Adanya tanda tangan penulis dari naskah asli dan wakilnya menjadi tanda sah naskah tersebut.

Sehingga, kedudukan orisinil atau keasliannya ini sifatnya masih mendasar. Jika diibaratkan dengan sebuah ide, orisinil ini adalah ide mentah yang sama sekali belum diolah dan akan menjadi ide yang matang. Sedangkan otentik sudah mengalami perubahan tapi bukan perubahan yang sifatnya mendasar dan bukan menyebabkan ide tersebut sudah tak asli lagi.

Otentik ini bisa diibaratkan sebagai pembaruan sebuah ide mentah. Otentik juga tetap asli dan bisa dipercaya, karena mempunyai isi yang sama secara arti dan bisa dipercaya karena isinya sama dan ditandatangani juga oleh Soekarno Hatta seperti pada naskah tadi.

Baca Juga :   Pengertian Teknologi : Manfaat dan Jenis-Jenis Teknologi Lengkap

Dalam bidang hukum, bukti otentik adalah bukti yang sangat kuat dan telah memenuhi persyaratan kumulatif KUH Perdata pasal 1868. Contohnya surat yang dibuat oleh atau dihadapan pihak pegawai umum, yang sedang berkuasa misalnya notaris dan sebagainya.

Itulah Pengertian Otentik serta perbedaannya dengan orisinal yang diulas secara lengkap. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda, dan bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga :