Pengertian Pionir Lengkap

Posted on

Pengertian Pionir Lengkap

Pionir Adalah – Orang/entitas pertama atau mengawali sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh orang lain sebelumnya, atau oleh entitas lainnya. Tak harus sesuatu yang benar-benar baru, karena bisa juga sesuatu yang telah ada tetapi dilakukan dengan beberapa cara baru serta berbeda dari sebelumnya. Sinonim dari pionir adalah pelopor, penganjur, perintis dan pembuka jalan.

Contohnya terlihat pada kalimat, Adi adalah pelopor dalam membuat mading dengan sistem cetak di sekolah. Artinya Adi adalah orang pertama yang membuat mading versi cetak di sekolahnya, yang dimana sebelumnya mading sudah dibuat tapi bukan dalam versi cetak.

Pionir juga memberi manfaat yang besar untuk orang banyak, karena ia memulai serta membuka jalan untuk sesuatu yang belum bisa dilakukan sebelumnya. Dengan apa yang dilakukannya akan membuat orang lain meniru apa yang dilakukan, sehingga sesuatu yang baik serta bermanfaat ini akan menyebar. Bukan hanya tersebar, tapi juga bisa dikembangkan oleh orang lain hingga sesuatu itu akan semakin baik dan berkualitas.

Ia juga memulai sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain hingga tak ada pengalaman orang lain, yang bisa menjadi pegangan. Hal itu membuat ia mengalami lebih banyak lagi kesulitan serta memerlukan usaha yang lebih besar dalam menghadapinya.

Misalnya contoh pada kasus Adi tersebut, yang mungkin saja ia akan menemukan kendala dalam hal perizinan, serta meyakinkan sekolah untuk menerbitkan mading versi cetak, mencari dana, bagaimana cara mempromosikan majalah tersebut, serta kesulitan yang lainnya. Karena hal itu merupakan sesuatu yang baru hingga tak ada teman sekolah yang bisa diajak konsultasi tentang hal itu.

Meskipun begitu, seorang pionir juga kemampuannya akan semakin terasah saat ia mampu memecahkan masalah yang muncul. Pengetahuan akan bertambah seiring dengan terselesaikannya masalah itu. Ia juga dikenal oleh lingkungannya hingga citra dirinya akan semakin positif di lingkungannya.

Baca Juga :   Bisnis Kuliner Online yang Bisa Anda Lakukan Lengkap

Untuk menjadi pionir diperlukan keberanian serta kemauan yang kuat. Hal itu karena tantangan serta hambatan yang timbul dalam proses dijalaninya. Tak banyak orang yang berani menghadapi beberapa kesulitan yang timbul dan mempunyai kemauan untuk menjalaninya. Seperti apapun kesulitannya, yang dihadapi tak membuatnya goyah serta putus asa hingga apa yang menjadi tujuannya akhirnya tercapai.

Pionir dalam pembangunan adalah lini depan dengan mengawali suatu proses pembangunan. Misalnya seorang mahasiswa akan menjadi pionir bangsa. Artinya mahasiswa merupakan lini paling terdepan, atau asal mula pembentuk tercipta pembangunan bangsa. Jika mahasiswanya hancur maka sebuah bangsa selama 10 atau 20 tahun ke depan maka akan hancur juga.

Organisme pionir adalah organisme yang pertama/perintis kehidupan yang mengkoloni sebuah lahan. Secara umum organisme pionir juga bisa hidup di kondisi lingkungan yang kurang subur atau dalam kondisi yang sangat ekstrim. Misalnya lumur, protozoa, lumut, ganggang, kerak, dan sebagainya.

Industri pionir adalah industri yang mampu memberi nilai tambah yang tinggi, memperkenalkan teknologi baru, tingkat ekspor luas dan memberi kontribusi yang sangat besar untuk perekonomian nasional. Misalnya penggilingan minyak bumi, kehutanan, industri telekomunikasi, transportasi kelautan dan sebagainya.

Demikianlah Pengertian Pionir dalam berbagai bidang secara lengkap. Semoga artikel ini berguna untuk anda semua, dan menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :