Pengertian Rumusan Masalah Makalah Dan Cara Membuatnya Lengkap

Posted on

Pengertian Rumusan Masalah Makalah Dan Cara Membuatnya Lengkap

Rumusan Masalah – Adalah bagian penting yang ada di dalam laporan/makalah. Dengan adanya rumusan masalah pada sebuah makalah atau laporan, maka permasalahan yang dibahas akan terjawab. Berikut ini pembahasan lengkap tentang rumusan masalah.

Pengertian Rumusan Makalah

Adalah pertanyaan yang berhubungan dengan pembahasan ataupun solusi suatu masalah. Rumusan masalah ini sangat penting dalam sebuah makalah/laporan. Dalam merumuskan makalah anda harus mempelajari 5W 1H. 5W 1 H adalah bentuk pertanyaan berupa apakah, siapa, mengapa, dimana dan bagaimana. Namun yang paling banyak digunakan adalah apakah dan juga bagaimana.

Di dalam sebuah makalah, rumusan masalah ini terdapat pada bab I dengan latarbelakang, tujuan, manfaat dan keaslian penelitian. Kemudian jawabannya diletakkan di bab pembahasan. Dalam bab tersebut satu per satu akan diulas, lalu kesimpulan di bab akhir adalah goal dari rumusan masalah tersebut.

Menentukan rumusan masalah tidak sulit, hanya perlu diketahui permasalahan dengan solusinya yang akan dibuat. Rumusan masalah dengan latar belakang juga saling berhubungan, dalam latar belakang akan diuraikan masalah yang muncul dan rumusan masalah merupakan pertanyaan yang dapat menjawab permasalahan.

Rumusan masalah ialah titik sentral yang ada di dalam sebuah makalah dan juga laporan. Yang dalam hal ini, rumusan masalah menentukan pembahasan serta kesimpulan. Kesimpulan akan dibahas berdasarkan pada rumusan masalah yang dibuat. Apakah kesimpulannya sudah menjawab permasalahan yang ada di latar belakang dan di rumusan masalah. Pembaca juga akan melihat rumusan masalahnya lebih dulu. Hingga akan terlihat gambaran mengenai bagaimana pembahasan di dalam bab pembahasan.

Baca Juga :   Teks Puisi Rakyat : Pengertian, Jenis Dan Contohnya

Jenis Rumusan Masalah

Ada 3 jenis rumusan masalah yaitu deskriptif, komparatif, dan asosiatif. Berikut penjelasannya :

Rumusan Masalah Deskriptif

Adalah salah satu jenis penelitian yang tujuannya adalah menyajikan gambaran lengkap, pada suatu masalah/fenomena. Yang dalam hal ini deskriptif akan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkaitan dengan masalah serta yang terlibat.

Rumusan Masalah Komperatif

Adalah rumusan yang membahas tentang perbandingan antara variabel dengan beberapa variabel. Di dalam penelitian ada pula yang membahas tentang perbandingan variabel dalam menentukan variabel mana yang baik serta yang direkomendasikan.

Rumusan Masalah Asosiatif

Adalah rumusan yang mengaitkan variabel yang satu dengan yang lainnya. Berbeda dengan kompetitif yang membandingkan, asosiatif akan mencari hubungan variabel yang berhubungan serta saling memiliki pengaruh.

Cara Membuat Rumusan Masalah

  • Menentukan permasalahan (pada latar belakang)
  • Rumusan masalah adalah kalimat tanya
  • Rumusan masalah yang baik adalah jelas, padat dan tidak bertele-tele
  • Rumusan masalah sebagai petunjuk pembahasan dan kesimpulan
  • Rumusan masalah menjadi titik sentra makalah
  • Rumusan masalah sebagai kalimat tanya dan pada kesimpulan menjawab permasalahan

Hal yang paling penting dalam membuat rumusan masalah adalah isi dari latar belakang, rumusan masalah, dan kesimpulan harus saling berhubungan dan sinkron.

Demikianlah ulasan tentang Rumusan Masalah yang meliputi jenis dan cara membuatnya secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :