Pengertian Sistem Informasi : Tujuan, Fungsi, Komponen, Ciri Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Sistem Informasi : Tujuan, Fungsi, Komponen, Ciri Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Sistem Informasi – Sistem informasi memberi dampak besar bagi kehidupan manusia sehar-hari, dari waktu ke waktu. Tetapi masih banyak orang yang belum paham dengan maksud dari sistem informasi. Karena istilah ini memang belum terlalu umum bagi masyarakat. Mari kita bahas lebih lengkap tentang pengertian sistem informasi.

Pengertian Sistem Informasi

Adalah sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan, serta untuk menjalankan operasional perusahaan. Sistem itu adalah kombinasi dari orang, teknologi informasi, serta prosedur yang terorganisasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

  1. Pengertian sistem informasi menurut Mc Leod adalah sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari seluruh sumber, serta menggunakan media untuk menampilkan informasi.
  2. Erwan Arbie berpendapat bahwa pengertian sistem informasi adalah sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan, dan dukungan operasi. Sistem ini sifatnya manajerial dari sebuah organisasi serta membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang dibutuhkan.
  3. O’Brien menyatakan bahwa pengertian sistem informasi adalah kombinasi dari setiap unit yang dikelola orang-orang, hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer, serta jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang bentuk organisasi.
  4. Menurut John F Nash, pengertian sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur, dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern, dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.
  5. Alter memiliki pendapat tersendiri, pengertian sistem informasi menurutnya adalah tipe khusus dari sistem kerja yang dimana manusia/mesin melakukan pekerjaan dengan memakai sumber daya untuk memproduksi suatu produk tertentu dan atau jasa untuk pelanggan.
Baca Juga :   20 Cara "Paling Mudah" Membuat Grafik Di Excel Beserta Contohnya Lengkap

Tujuan Sistem Informasi

Untuk menghasilkan suatu informasi. Sistem informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang berguna, untuk setiap penggunanya. Data yang diolah saja tidak cukup jika disebut dengan informasi. Untuk bisa berguna harus tersedia tiga pilar seperti berikut ini :

  1. Relevance: Tepat kepada orangnya.
  2. Timeliness: Tepat waktu
  3. Accurate: Akurat atau tepat nilainya

Jika ketiga hal itu tak terpenuhi maka informasi bisa disebut tidak berguna bahkan hanya menjadi sampah.

Fungsi Sistem Informasi

  • Meningkatkan aksesiblitas data secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan perantara sistem informasi
  • Menjamin ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis
  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
  • Menetapkan investasi yang hendak diarahkan pada sistem informasi
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif

Komponen Sistem Informasi

  1. Komponen input. Adalah data yang masuk dalam sistem informasi.
  2. Komponen model. Kombinasi antara prosedur, logika serta model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang telah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  3. Komponen output. Adalah hasil informasi yang berkualitas serta dokumentasi yang berguna bagi seluruh tingkatan dan seluruh pengguna sistem.
  4. Komponen teknologi. Alat yang ada dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output, serta memantau pengendalian sistem.
  5. Komponen basis data. Adalah kumpulan data yang berkaitan yang tersimpan dalam komputer dengan memakai software database.
  6. Komponen kontrol. Adakah komponen yang mengendalikan gangguan pada sistem informasi.

Ciri Ciri Sistem Informasi

  • Baru: Informasi yang didapat adalah baru, dan segar bagi para penerima informasi.
  • Tambahan: Informasi dapat diperbaharui atau memberi tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah hadir.
  • Kolektif: Informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  • Penegas: Informasi yang dapat mempertegas informasi yang sebelumnya telah ada.
Baca Juga :   PDF : Pengertian, Fungsi, Kegunaan Dan Kelebihannya Lengkap

Contoh Sistem Informasi

Knowledge Work System

Adalah jenis sistem informasi yang memuat beragam informasi terbaru tentang ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang selanjutnya dimuat bisa diakses oleh seluruh penggunanya dan digunakan untuk memecahkan beragam jenis masalah.

Office Automation System

Adalah sistem yang bertugas untuk menggabungkan beberapa peralatan IT di suatu jaringan yang terpusat serta dipusatkan di suatu server tertentu. Penggabungan peralatan IT dari anggota/pekerja bertujuan untuk memudahkan dan memberi efisiensi dalam hal komunikasi.

Transaction Processing System

Sistem informasi jenis ini biasanya digunakan di organisasi/instansi yang melakukan kegiatan/operasional tertentu dengan rutin. Misalnya melakukan transaksi keuangan, registrasi ulang secara berkala, dan lain sebagainya.

Sekian pengertian sistem informasi yang disertai dengan tujuan, fungsi, komponen, ciri dan contohnya lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :