23 Strategi Menurut Para Ahli : Pengertian, Definisi Dan Konsepnya Lengkap

Posted on

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli Dan Konsepnya

Pengertian Strategi – Strategi adalah alat untuk mencapai tujuan. Yang dimana isu tentang kritik dan faktor keberhasilan dapat dibicarakan. Dan keputusan strategi yang tujuannya adalah untuk membuat dampak yang besar, serta jangka panjang pada perilaku dan juga keberhasilan.

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Pada hakikatnya strategi adalah suatu perencanaan atau planning dan juga manajemen dalam mencapai satu tujuan. Namun untuk mencapai tujuan tersebut, strategi tak hanya berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arahnya saja. Tapi juga harus mampu menunjukkan bagaimana taktik operasionalnya.

Definisi Strategi

Strategi menurut Stephanie K. Marrus adalah proses dalam menentukan rencana para pemimpin puncak, yang fokus pada tujuan jangka panjang sebuah organisasi. Yang disertai dengan suatu penyusunan, cara dan juga upaya dalam bagaimana supaya tujuan tersebut bisa tercapai.

Menurut Chandler (1962:13)  strategi adalah tujuan jangka panjang di suatu perusahaan, dengan pendayagunaan dan juga alokasi dalam sumber daya yang penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Dan menurut Kenneth R. Andrews strategi adalah proses dalam pengevaluasian kekuatan serta kelemahan perusahaan dibandingkan dengan peluang dan ancaman, yang terdapat di suatu lingkungan yang dihadapi. Serta memutuskan strategi pada pasar produk yang menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan peluang lingkungan.

Menurut Quinn (1990) yang dimaksud dengan strategi adalah pola atau rencana yang mengintegrasikan sebuah tujuan. Kebijakan dan aksi utamanya di dalam hubungan yang kohesif. Strategi yang baik tentu akan membantu organisasi dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki, dalam bentuk yang unique dengan basis kompetensi internal dan juga kemampuan dalam mengantisipasi lingkungan.

Strategi menurut David Hunger dan Thomas L. Wheelen adalah serangkaian putusan dan juga tindakan manajerial, yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Manajemen strategi ini mencakup pengamatan lingkungan, perumusan strategi atau perencanaan strategis atau perencanaan jangka panjang. Implementasi strategi dan juga evaluasi serta pengendalian.

Baca Juga :   Cara Membuat Origami Kertas Mudah – Bunga, Binatang, Burung, Love Lengkap

Dalam strategi yang baik ada koordinasi pada tim kerja yang mempunyai tema dengan mengidentifikasi faktor pendukung, yang sesuai dengan prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien, dalam hal pendanaan serta mempunyai taktik untuk mencapai tujuan dengan cara yang efektif.

Konsep Strategi

  1. Perencanaan untuk semakin memperjelas arah yang ditempuh oleh organisasi, dengan cara yang rasional dalam mewujudkan tujuan jangka panjang.
  2. Acuan yang berkenan dengan penilaian konsistensi, atau inkonsistensi perilaku dan juga tindakan, yang dilakukan oleh sebuah organisasi.
  3. Sudut yang diposisikan oleh organisasi dalam memunculkan aktivitasnya.
  4. Sebuah perspektif yang menyangkut visi yang terintegrasi diantara organisasi, dan lingkungannya yang menjadi batas bagi aktivitasnya.
  5. Rincian langkah taktis organisasi yang isinya adalah informasi untuk mengelabui para pesaing.

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

  1. Strategi menurut Carl Von Clausewitz adalah pengetahuan mengenai penggunaan pertempuran dalam memenangkan sebuah peperangan. Dan perang tersebut adalah kelanjutan dari politik.
  2. Strategi menurut A.Halim adalah suatu cara yang dimana sebuah lembaga/organisasi akan mencapai tujuannya, yang sesuai dengan peluang dan ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi dengan kemampuan internal dan sumber daya.
  3. Strategi menurut Morissey adalah proses dalam menentukan arah yang harus ditujuan oleh sebuah perusahaan, agar bisa tercapai segala misinya.
  4. Strategi menurut Pearce dan Robinson adalah rencana main dari suatu perusahaan, yang mencerminkan kesadaran suatu perusahaan dalam kapan, dimana dan bagaimana ia harus bersaing, dalam menghadapi lawan dengan maksud dan juga suatu tujuan tertentu.
  5. Strategi menurut Rangkuti adalah alat untuk mencapai suatu tujuan.
  6. Strategi menurut Craig dan Grant adalah penetapan tujuan dan juga sasaran dalam jangka panjang.
  7. Strategi menurut Johnson dan Scholes adalah arah dan ruang lingkup dari organisasi/lembaga dalam jangka panjang, yang mencapai keuntungan melalui konfigurasi dari sumber daya lingkungan yang menantang, demi memenuhi kebutuhan pasar serta kepentingan.
  8. Strategi menurut Siagaan adalah keputusan serta tindakan yang mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak, yang diterapkan oleh seluruh jajaran di dalam organisasi demi mencapai tujuan di organisasi tersebut.
  9. Strategi menurut Kaplan dan Norton adalah seperangkat hipotesis yang dalam model hubungan cause dan effectnya, yaitu hubungan yang dapat diekspresikan dengan hubungan if dan juga then.
  10. Strategi menurut Syafrizal adalah cara dalam mencapai tujuan berdasar sebuah analisa pada setiap faktor eksternal dan internal.
  11. Strategi menurut Bussinesdictionary adalah metode atau rencana yang dipilih untuk membawa masa depan yang diinginkan, misalnya dalam mencapai tujuan atau solusi dalam sebuah masalah.
  12. Strategi menurut Hamel dan Prahalad adalah tindakan yang bersifat incremental atau senantiasa meningkat secara terus menerus. Dan dilakukan dengan berdasar pada sudut pandang mengenai apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.
  13. Strategi menurut David (2004) adalah cara untuk mencapai tujuan yang jangka panjang. Strategi dalam bisnis bisa berupa perluasan geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, rasionalisasi karyawan, divestasi, likuidasi dan joint venture.
  14. Strategi menurut Glueck dan Jauch sebuah rencana yang disatukan, yang luas dan berintegrasi yang juga menghubungkan keunggulan strategis suatu perusahaan dengan tantangan lingkungannya, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan bisa dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh sebuah organisasi.
  15. Strategi menurut Anthony dan Govindarajan adalah sebuah proses dalam manajemen yang sifatnya sistematis, yang didefinisikan sebagai proses dalam pengambilan keputusan atas beberapa program yang akan dilaksanakan oleh sebuah organisasi, dan perkiraan sumber daya yang nantinya akan dialokasikan pada setiap program selama beberapa tahun mendatang.
  16. Strategi menurut Lynch dalam Wibisono (2006, p. 50-51) adalah pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan utamanya, atau kebijakan dalam perusahaan dengan rangkaian dan tindakan di dalam sebuah pernyataan yang saling mengikat.
  17. Strategi menurut Mintzberg adalah pola/rencana yang mengintegrasikan tujuan utama dalam organisasi, kebijakan, dan urutan kegiatan menjadi suatu kesatuan.
  18. Strategi menurut Argyris dalam Rangkuty (2001) adalah respon yang secara terus menerus, dan juga adaptif dalam peluang dan ancaman eksternal serta kekuatan dan kelemahan internal yang bisa memengaruhi suatu organisasi.
  19. Strategi menurut Wright (1996) adalah alat/tindakan yang digunakan oleh manajemen dalam mencapai kinerja yang konsisten, dengan misi dan tujuan organisasi tersebut.
  20. Strategi menurut Wikipedia adalah pendekatan yang secara keseluruhan berhubungan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktifitas dalam kurun waktu tertentu.
  21. Strategi menurut Rangkuti adalah sebuah alat dalam mencapai suatu tujuan.
  22. Strategi menurut Anthony, Parrewe dan Kacmar (1999) adalah formulasi misi dan tujuan dari organisasi, yang termasuk di dalamnya sebuah rencana aksi dalam mencapai tujuan tersebut. dengan cara yang eksplisit mempertimbangkan kondisi persaingan serta pengaruh kekuatan yang ada di luar organisasi, yang secara langsung atau tidak berpengaruh pada kelangsungan sebuah organisasi.
  23. Strategi menurut Tjiptono berasal dari Bahasa Yunani, yang strategi yang artinya seni atau ilmu dalam menjadi seorang jendral. Yang juga dapat diartikan sebagai rencana dalam pembagian atau penggunaan kekuatan militer, di beberapa daerah tertentu untuk mencapai suatu tujuan.
Baca Juga :   Instrumen Pasar Modal : Pengertian Dan Fungsinya Lengkap

Demikian pembahasan lengkap mengenai pengertian strategi menurut para ahli, dan juga konsep dalam strategi. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat dan menambah wawasan anda semua.

Baca Juga :