√ Though ( Conjunction ) : Pengertian dan Penggunaan Dalam Bahasa Inggris

Posted on

√ Though ( Conjunction ) : Pengertian dan Penggunaan Dalam Bahasa Inggris

Hai sahabat Tutorial Bahasa Inggris , kali ini admin akan menjelaskan mengenai salah satu bentuk dari Conjuction yaitu Though dalam bahasa inggris . Apakah di antara kalian ada yang mengetahui atau memahami kata Though dalam bahasa inggris ? jika belum langsung saja simak penjelasan berikut ini ya .

 

Pengertian Though

Though sebagai Conjunction ( kata hubung ) mengawali  suatu Adverbial Clause dan menghubungkannya dengan Main Clause didalam suatu Complex Sentence. Adverbial Clause tersebut bisa  berada di depan ataupun  tengah kalimat. Apabila  berada di depan kalimat, koma biasanya di sematkan sesudahnya  untuk memisahkannya dengan Main Clause.

Though di Awal Kalimat :

Adverbial Clause ( Though  +  S  +  V  + /- …) + , + Main Clause ( S +  V  + / – … )

Though di Akhir Kalimat :

Main Clause ( S + V + / – … ) + Adverbial Clause ( Though + S + V + / – … )

Contoh  kalimat Though (Conjunction): Though  I was responsible for the loss, he still scolded me  ( Meskipun aku sudah bertanggung jawab atas kerugiannya , dia tetap memarahiku )

Conjunction ini digunakan di dalam  sebuah pernyataan ( Adverbial Clause ) yang membuat pernyataan utamanya ( Main Clause ) menjadi terdengar mengagetkan atau bahkan  mengherankan ( Surprising ). Maknanya  adalah “ Despite of the fact that ” ( Terlepas dari kenyataan bahwa ). Sinonimnya adalah  Although ( Meskipun ).

Disamping  itu, Though bisa juga  digunakan untuk menambahkan fakta atau opini yang menyebabkan pernyataan sebelumnya ( Main Clause ) sehingga menjadi kurang benar ( Less true ), kurang kuat ( Less strong ), atau  juga kurang penting ( Less important ). Selain sebagai Conjunction, Though bisa juga  digunakan sebagai Adverb ( kata keterangan ).

Baca Juga :   Though ( Adverb ) : Pengertian dan Penggunaan beserta Contoh Kalimatnya

Contoh Kalimat Though ( Conjunction ) Dalam Bahasa Inggris

  • Though the heat and heat, he still left the house  ( Meskipun panas dan terik , dia tetap keluar rumah ) Surprising
  • The food looks spicy, though actually I don’t like it spicy  ( Makanan itu kelihatannya pedas , meskipun sebenarnya aku tidak suka pedas ) Surprising
  • Though we’ve been friends since childhood, but you never left the house together  ( Meskipun kami sudah berteman sejak kecil , tyapi kamu tidak pernah keluar rumah bersama ) Surprising
  • I’m sure he will be fine, though we have never seen him ( Aku yakin dia akan baik – baik saja , meskipun kita tidak pernah melihatnya )
  • They clearly like the chocolate cake, though the bottom is a bit burnt ( Mereka sangat jelas menyukai kue coklat itu , meskipun bagian bawahnya sedikit gosong )

Semoga mudah untuk dipahami dan dapat menjadi referensi belajar untuk kalian semua , terimakasih atas kunjungannya .

Baca Juga :