4 Section Tes TOEFL : Penjelasan dan Tujuan dalam Bahasa Inggris

Posted on

Penjelasan dan Tujuan Section Tes TOEFL dalam Bahasa Inggris

Dalam tes bahasa Inggris memang ada beberapa section yang harus dilalui dalam test TOEFL bahasa Inggris. Tes tersebut dibagi menjadi empat section yaitu listening, writing, reading, dan structure and written expression. Berikut masing-masing penjelasan dan tujuan section tersebut:

1. Listening

Ada dua bagian tes dari section listening yang terdiri dari:

  • Mendengarkan dialog singkat yang dilakukan oleh dua orang. Lalu akan ada orang ketiga yang bertanya apa yang mereka katakan. Lalu pilih jawabannya di lembar soal yang sudah ditentukan.
  • Berikutnya, mendengarkan dialog yang panjang diantara dua orang. Lalu ada orang ketiga yang bertanya apa yang diucapkan oleh kedua orang itu. Dan tulis jawabannya pada lembar jawaban.

2. Structure and Written Expression

Di tahap ini Anda harus melalui tes grammar dalam tes TOEFL yang nantinya akan menguji tulisan formal dalam bahasa Inggris. Karena banyak percakapan yang dilakukan dalam bahasa Inggris tidak diterima sebagai kalimat yang resmi oleh TOEFL atau sebagai formal written english.

Pada tahap ini Anda akan mengerjakan pilihan ganda terlebih dahulu, dengan melengkapi kalimat yang ada kata kosongnya. Anda harus memilih pilihan yang sesuai dengan formal written english atau kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar.

Contohnya:

I wish you would tell me …

Pilihan jawabannya yaitu:

  1. Who is being lived next door
  2. Who does live in the next door
  3. Who lives next door
  4. Who next door was living
Baca Juga :   Cara dan Strategi "Paling Mudah" dalam Menjawab Soal Tes TOEFL

Di bagian kedua dari kalimat tersebut ada kata phrase yang bergaris bawah. Yang bergaris bawah itulah kalimat yang salah atau tak sesuai dengan kaidah grammar dalam bahasa Inggris.

Misalnya:

Tomatoes grow sall year long in Florida.

A      B       C       D

Maka untuk meningkatkan skill dari Structure and Written Expression ini harus dengan mengetahui kesalahan, yang terdapat pada tulisan atau ucapan sehingga bisa diperbaiki.

3. Reading Comprehension

Di tahap tes TOEFL ini Anda akan diuji kemampuannya dalam memahami teks atau tulisan berbahasa Inggris, yang dinamakan dengan written english. Anda harus menjawab pertanyaan dari makna kata, anonim, sinonim, dan idea utama dari reading tersebut. Berlatihlah dengan sering membaca koran berbahasa Inggris.

4. Written

Untuk menguji kemampuan Anda dalam section written maka Anda akan menjawab sejumlah soal esai. Akan terlihat bagaimana kemampuan dalam menulis bahasa Inggris, yang berkaitan dengan grammar, vocabulary, hingga spelling dan juga penulisan kata.

Penulisannya tak boleh sembarangan atau asal tapi harus berdasarkan kaidah bahasa Inggris yang tepat dalam formal written english.

Itulah pembahasan mengenai penjelasan dan juga tujuan 4 section dalam tes TOEFL Bahasa Inggris.

Baca Juga :