Percobaan Ingenhousz : Pengertian Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Pengertian Percobaan Ingenhousz Lengkap

Percobaan Ingenhousz – Aktivitas yang ada pada biosfer akan dipengarhui oleh tenaga yang asalnya dari cahaya matahari. Hal tersebut mungkin terlihat tidak ada hubungannya antara cahaya matahari dengan hewan yang dapat berlari dengan cepat.

Namun bila diperhatikan lebih dalam maka akan diperoleh bila tenaga yang ada untuk berlari tersebut, yang pada mulanya berasal dari pemecahan karbohidrat yang terdapat pada daun atau rerumputan, yang dikonsumsi oleh hewan itu sendiri. Dan karbohidrat yang ada berasal dari reaksi kimia yang terjadi pada daun, yang berlangsung dengan menggunakan energi dari cahaya matahari. Reaksi pembentukan karbohidrat ini disebut dengan proses fotosintesis.

Proses fotosintesis tersebut hanya bisa dilakukan pada tumbuhan yang mempunyai klorofil. Serta hanya dapat terjadi jika terdapat cahaya, dan melewati perantara pigmen hijau daun yang dikenal dengan nama klorofil yang terdapat pada kloropas.

Selain itu fotosintesis juga dipengaruhi oleh beragam faktor. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana proses fotosintesis terjadi, dan faktor apa saja yang mempengaruhi baik faktor internal atau faktor eksternal maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan percobaan Ingenhousz.

Apa Yang Dimaksud Dengan Percobaan Ingenhousz

Percobaan Ingenhousz adalah jenis percobaan dalam meneliti proses fotosintesis, dan sebagai cara untuk membuktikan bila tumbuhan ini sejatinya adalah membutuhkan cahaya dan juga menghasilkan oksigen di dalam proses fotosintesis.

Beberapa hal yang memengaruhi proses fotosintesis diantaranya yaitu intensitas cahaya, suhu, dan penambahan substrat untuk reaksi di dalam fotosintesis tersebut. di dalam proses fotosintesis yang dihasilkan yaitu terdapat oksigen, yang dibuktikan dengan adanya gelembung udara yang terdapat pada perlakuan yang ditempatkan di tempat yang terang.

Baca Juga :   Global Warming : Pengertian, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Penemu percobaan Ingenhousz ini adalah Jan Ingenhousz, yang dimana Ia adalah orang yang pertama kali meneliti mengenai proses fotosintesis. Ingenhousz menggunakan tumbuhan air Hydrilla verticillata yang dimasukkan ke dalam bejana yang berisi air.

Bejana gelas tersebut ditutup dengan corong yang terbalik, kemudian di bagian atasnya diberi tabung reaksi yang diisi dengan air sampai penuh. Bejana tersebut diletakkan di bawah sinar matahari. Selang beberapa saat kemudian munculah gelembung udara, yang asalnya dari tumbuhan air tersebut. gelembung udara itulah yang menandakan bahwa ada gas di dalamnya. Setelah diteliti kembali, gas itu ternyata adalah oksigen. Sejak itulah Ingenhousz menyimpulkan bahwa dari proses fotosintesis, juga menghasilkan oksigen.

Demikian pembahasan lengkap mengenai percobaan Ingenhousz. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :