Perbedaan Gaung Dan Gema Lengkap

Posted on

Perbedaan Gaung Dan Gema Lengkap

Gaung Adalah – Ketika anda berteriak di suatu tempat maka suara anda akan terpantul kembali. Suara itu disebut dengan gaung/gema yang mempunyai perbedaan masing-masing. Gaung dan gema pada dasarnya sama-sama merupakan suara pantulan. Tetapi pantulan dari gaung dan gema berbeda. Tempat supaya tercipta gaung dan gema pun berbeda.

Pengertian Gaung dan Gema

1. Gaung

Adalah saat bunyi pantul yang datang sebelum bunyi aslinya selesai diucapkan. Gaung terjadi saat sumber gelombang suara mempunyai jarak yang dekat. Contohnya :

Ketika kita berada di tempat yang sempit dan bersuara nadaffa, maka suara yang anda keluarkan tidak akan terdengar dengan jelas karena terganggu suara pantul tersebut. Suara yang terucap : “na – da – ffa”. Suara yang dipantulkan : “na – da – ffa” (suara pantulan ini bertabrakkan) atau dapat juga menjadi “da – ffa – ffa”.

Adanya gaung ini merugikan banyak pihak, contohnya saat kita berada di Bioskop. Suara yang terdengar dari film tidak akan terdengar secara jelas karena bunyi pantul yang disebabkan oleh dinding bioskop. Sehingga pihak yang bersangkutan harus memasang peredam suara, seperti misalnya stearofoam, karpet, gabus, kapas, atau wool pada dinding – dinding bangunan mereka. Supaya suara gaungnya tak terpantul dan suara film terdengar jelas.

2. Gema

Adalah bunyi pantul yang muncul sesudah bunyi asli selesai diucapkan. Suara yang terpantul dari gema akan terdengar jelas meskipun memerlukan waktu tergantung pada jarak pantul bunyi itu sendiri. Contohnya :

Ketika kita berteriak di tempat yang tinggi maka suara teriakan kita akan terdengar kembali beberapa saat. Suara tersebut sebenarnya adalah bunyi pantul yang baru saja sampai di telinga kita. Suara yang terucap : “na – da – ffa”. Suara yang dipantulkan : “na – da – ffa” (suara pantulan ini memerlukan waktu tergantung dinding pantul yang akan memantulkannya dan suaranya akan terdengar dengan jelas).

Baca Juga :   Ribosom (Organel Sel) : Pengertian, Struktur Dan Fungsinya

Gema memberi manfaat karena suara pantulan yang dihasilkan dari gema bisa menjadi alat ukur kedalaman laut atau jarak dari sumber bunyi ke dinding pemantul.

Perbedaan Gaung dan Gema

Perbedaan Gaung dan Gema
PembedaGaungGema
Pantulan SuaraCepatLambat
Jarak Sumber SuaraMedia pantul yang dekat atau kecilMedia pantul yang jauh atau besar
Datangnya Suara PantulKetika suara asli belum selesai diucapkan.Ketika suara asli sudah selesai diucapkan.
Hasil PantulanSuara pantulan tidak lengkap seperti suara sumber bunyi atau saling bertabrakan satu sama lain.Suara pantulan lengkap seperti suara sumber bunyi atau tidak terjadi tabrakan satu sama lain.
ManfaatMerugikanMenguntungkan

Itulah Pengertian Gaung dan perbedaannya dengan Gema. Semoga artikel ini membantu anda untuk memahami perbedaan yang jelas antara keduanya. Dan semoga memberi manfaat.

Baca Juga :