Perbedaan Hukum Publik Dan Hukum Privat Lengkap

Posted on

Perbedaan Hukum Publik Dan Hukum Privat Lengkap

Hukum Publik – Hukum dibagi menjadi dua jenis, yaitu hukum publik atau hukum negara, dengan hukum privat atau hukum sipil. Hukum adalah serangkaian sistem yang paling penting pada rangkaian kekuasaan negara. Tujuannya adalah untuk melindungi masyarakat dari beragam resiko kecurangan yang tak bermanfaat.

Yang meliputi kecurangan di bidang politik seperti misalnya pemilihan umum atau perkonomian seperti pada laba dan rugi di suatu perusahaan. Sehingga hukum ini sangat diperlukan. Yang dimana hukum juga mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam setiap aspek kehidupan.

Pengertian Hukum Publik dan Hukum Privat

Hukum Publik

Adalah hukum yang mengatur tentang hubungan diantara warga negara dan negara serta alat-alat kelengkapan negara. Hukum publik juga mengatur tentang kepentingan yang lebih global, yaitu mengatur korelasi antara warga negara dan juga negara atau bisa disebut hukumlah yang mengatur kepentingan umum.

Hukum publik ini mencakup empat macam hukum, yaitu :

  • Hukum Tata Negara

Adalah hukum yang mengatur segala hal yang berhubungan dengan negara. Seperti dasar pendirian suatu negera, pembentukan lembaga – lembaga negara, struktur kelembagaan, hubungan hak dan kewajiban dalam hukum, serta masih banyak lagi.

  • Hukum Administrasi Negara

Adalah hukum yang mengatur mengenai sejumlah tata cara dalam melaksanakan tugas. Seperti hak dan juga kewajiban pada sejumlah kekuasaan alat dan juga perlengkapan negara.

  • Hukum Pidana

Adalah hukum yang mengatur tentang pelanggaran/kejahatan dalam kepentingan umum.

  • Hukum Internasional
Baca Juga :   Ancaman Non Militer Dalam Bidang Ekonomi - Pengertian dan Contohnya Lengkap

Hukum internasional ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu :

  1. Hukum Perdata Internasional. Yaitu hukum yang mengatur tentang hukum antar warga negara di suatu negara dengan negara lainnya, yang terkait dengan hubungan internasional.
  2. Hukum Publik Internasional. Adalah hukum yang mengatur hubungan antara negara yang satu dengan negara lainnya dalam hubungan internasional.

Hukum Privat

Adalah hukum yang mengatur hubungan antara individu yang satu dengan individu yang lainnya, yang menitikberatkan pada kepentingan perorangannya. Hukum privat mencakup 2 macam hukum yaitu

  • Hukum Perdata

Adalah serangkaian hukum yang mengatur hubungan seseorang dengan orang lainnya yang menitikberatkan pada kepentingan seseorang.

  • Hukum Dagang

Adalah peraturan hukum yang berkaitan dengan perdagangan.

Hukum privat yang lainnya adalah Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Kekayaan, dah Hukum Waris.

Persamaan Hukum Publik dan Hukum Privat

  1. Menjadi peraturan hukum yang mengatur kehidupan manusia.
  2. Memiliki sanksi hukum yang dapat diberlakukan bagi setiap pelanggarnya.

Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat

Perbedaan Hukum Publik dan Hukum Privat
PembedaHukum PublikHukum Privat
PengertianHukum publik adalah hukum yang mengatur hubungan antara warga negara dengan negara dan alat – alat perlengkapan negara.Hukum privat adalah hukum yang mengatur hubungan antara individu satu dengan individu yang lain yang menitikberatkan pada kepentingan perorangan.
Materi yang dikajiFokus pada masalah kemaslahatan.Condong pada masalah hubungan pribadi.
Cakupan1.       Hukum tata negara.

2.       Hukum administrasi negara.

3.       Hukum pidana.

4.       Hukum internasional.

1.       Hukum perdata.

2.       Hukum dagang.

Tuntutan bagi PelanggarTuntutan diberikan oleh jaksa.Tuntutan diberikan oleh pihak penggugat.
Pertahanan HukumHukum publik dipertahankan oleh negara dan pemerintah yang bersifat aktif.Hukum privat dipertahankan oleh individu dan pemerintah yang bersifat pasif.

 

  1. Materi yang dikaji di dalam hukum publik adalah kemaslahatan, yang artinya bila ada seseorang yang mendapatkan amanat untuk kepentingan orang banyak maka orang itu harus bisa melindungi dan tak memanfaatkan wewenang yang ada.
  2. Materi yang dikaji hukum privat adalah condong dalam masalah hubungan pribadi yang mempunyai akibat. Yang dimana akibat itu tak berpengaruh pada orang tersebut. seperti misalnya warisan, perkawinan, dan yang lainnya.

Sekian perbedaan hukum publik dan hukum privat secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi yang tepat bagi anda, yang sedang mempelajari tentang ilmu hukum.

Baca Juga :