Jalan Dan Lari – Pengertian beserta Perbedaanya Lengkap

Posted on

Perbedaan Jalan Dan Lari Lengkap

Perbedaan Jalan Dan Lari – Di dalam dunia atletik tentu dikenal istilah jalan dan lari. Keduanya memiliki arti yang hampir sama. Yaitu berpindahnya tubuh dari posisi yang satu ke posisi lainnya, dengan cara melangkahkan kaki dengan cara bergantian. Yang membedakan keduanya adalah kecepatannya. Berikut ini pembahasan lengkap tentang perbedaan antara jalan dengan lari.

Jalan Dan Lari

Pengertian Jalan dan Lari

Berjalan dengan lari adalah jenis olahraga yang paling murah untuk dilakukan serta tidak membutuhkan teknik tertentu.

1. Jalan

Adalah pergerakan tubuh dari posisi satu ke posisi lainnya dengan melangkahkan kaki bergantian. Gerak tubuh di dalam berjalan relatif didominasi oleh gerakan kaki. Berjalan kaki juga bisa melatih kesegaran jasmani pada seseorang, serta bisa melancarkan sirkulasi darah. Yang bisa membuat kondisi tubuh menjadi tak cepat lelah, atau bisa mengembalikan kondisi tubuh ke kondisi yang normal serta mengurangi depresi/stres.

Berjalan juga memiliki resiko yang kecil untuk cedera, sehingga berjalan bisa menyehatkan tubuh dan juga tidak beresiko.

2. Lari

Pengertian lari sama dengan pengertian berjalan. Manfaatnya juga kurang lebih sama dengan lari. Yang membedakan keduanya yaitu kecepatannya saja. Namun dalam berlari rentan terjadi cedera lutut dan pergelangan kaki. Khususnya bagi orang yang obesitas atau kelebihan berat badan.

Perbedaan Jalan dan Lari

Perbedaan Jalan dan Lari
PembedaJalanLari
PengertianJalan adalah gerak perpindahan tubuh dari satu posisi ke posisi yang lainnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian.Lari adalah gerak perpindahan tubuh dari satu posisi ke posisi yang lainnya dengan melangkahkan kaki secara bergantian dan secara cepat.
Kecepatan MaksimalKira – kira sekitar 8 km /jamRekor oleh usain bolt adalah 44 km /jam
Sudut LututNormalLebih banyak menekuk
Kontak dengan TanahSelalu kontak dengan tanah (paling tidak 1 kaki).Tidak selalu kontak dengan tanah (ada fase 2 kaki melayang).
CederaMinim terjadi cedera.Rentan cedera di area lutut dan pergelangan kaki terutama bagi orang yang obesitas atau kelebihan badan.
Baca Juga :   Sepak Takraw : Pengertian, Sejarah, Teknik, Sarana Prasarana Dan Peraturannya

 

Itulah perbedaan jalan dan lari yang perlu anda ketahui. Beserta pengertiannya masing-masing lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda dalam olahraga jalan dan juga lari. Dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :