Perbedaan “ Motive , Motif dan Motivation” Serta Penggunaanya  didalam Bahasa Inggris

Posted on

Perbedaan “ Motive , Motif dan Motivation” Serta Penggunaanya  didalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang terpenting dan yang paling banyak digunakan diseluruh penjuru dunia. Tentunya bahasa inggris merupakan bahasa yang banyak sekali memiliki kosakata , termasuk suatu kosakata yang memiliki bentuk yang sama namun memiliki arti yang berbeda. Tentunya hal tersebut sangat penting bagi kita yang ingin belajar dan menguasai bahasa inggris, oleh sebab itu kali ini kita akan membahas suatu kosakata yaitu, Motive, motif dan motivation didalam bahasa inggris. Kata- kata tersebut memiliki bentuk yang sama namun mengandung arti atau makna yang berbeda satu dengan yang lainya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Motive

Motive adalah suatu bentuk noun ( kata benda ) dalam bahasa inggris, motive memiliki arti yaitu reason ( alasan ). Dapat dikatakan bahwa motive merupakan suatu bentuk keinginan atau gairah untuk melakukan suatu hal.

Contoh penggunaan Motive dalam Bahasa Inggris

  • The man has an hiddden motive in his actions ( pria itu memiliki motiv tersembunyi dalam aksinya.
  • Our family has the motive to move to Paris. ( Keluarga kami memiliki motiv untuk pindah ke paris).
  • The police have not found the motive behind the murder.( Polisi belum menemukan motiv apa dibalik pembunuhan tersebut).
  • My father has a special motive at this party. ( Ayahku memiliki motiv spesial dalam pesta ini).
  • Did your motive leave the house ? . ( Apa motive mu pergi meninggalkan rumah ? ).
Baca Juga :   Explanation Text VS Procedure Text : Penjelasan , Pengertian Dan Perbedaan  Serta Contoh Lengkap Dalam Bahasa Inggris

 

Motif

Motif adalah bentuk noun ( kata benda ) dalam bahasa inggris , yang memiliki arti suatu bentuk atau pola pada suatu hasil karya . seperti, pola pada kain tenun, pola pada kain batik, pola pada suatu bangunan .

Contoh penggunaan Motif dalam Bahasa Inggris

  • The motif in the painting is very unique. ( Motif pada lukisan itu sangat unik ).
  • I really like Indonesian batik, because it has an amazing motive. ( Aku sangat suka batik indonesia, karena memiliki motif yang mengagumkan ).
  • The motif that you combine in your dress is truly elegant. ( Motif yang kamu padukan di gaunmu benar – benar elegan ).
  • Do you like the motif on the wall of my house? ( Apakah kamu menyukai motif pada dinding rumahku ? ).
  • The skirt with the floral motif is brightly colored. ( Rok dengan motif bunga itu berwarna cerah ).

Motivation

Motivation adalah suatu bentuk noun ( kata benda ) dalam bahasa inggris. Arti dari motivation itu sendiri adalah sebuah  motivasi.  Yang biasanya digunakan dalam memotivasi dalam melakukan suatu hal.

Contoh penggunaan Motivation dalam Bahasa Inggris.

  • What is your motivation for following the swimming championship next week? ( Apa motivasimu utuk mengikuti kejuaraan renang minggu depan ? ).
  • Do you have motivation in your life? ( Apakah kamu memiliki motivasi dalam hidup mu ? ).
  • I have the motivation to make my parents happy. ( saya memiliki motivasi untuk membahagiakan kedua orang tua saya ).
  • At least he has the motivation to recover. ( Setidaknya dia memiliki motivasi untuk sembuh ).
  • Thank you for giving me a motivation. ( Terimakasih telah memberiku sebuah motivasi ).

 

Baca Juga :   Biografi Lengkap Sir Isaac Newton Dalam Bahasa Inggris Dan Terjemahannya

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan diantara ketiganya adalah , motive merupakan alasan dalam melakukan suatu hal, dan motif merupakan suatu pola atau corak dalam suatu hasil karya, sedangkan motivation adalah suatu hal yang mendorong atau memotivasi terhadap diri seseorang.

 

Nah teman-teman sekarang kalian sudah mengetahui kan antara perbedaan dan penggunaan motive, motif dan motivation dalam bahasa inggris. Semoga bermanfaat ya, dan selamat belajar,  keep spirit of English.

Baca Juga :