Rumah Adat Aceh : Sejarah dan Filosofinya Lengkap

Posted on

Rumah Adat Aceh : Sejarah dan Filosofinya Lengkap

Rumah Krong Bade Rumah Adat Aceh – Rumah adat Aceh memiliki adat keislaman yang kental. Bahkan Aceh disebut dengan Serambi Mekah. Rumah adat Aceh berbentuk rumah panggung yang memiliki tinggi tiang 2,5 hingga 3 meter. Bentuk panggung dipilih agar penghuni rumah terhindar dari serangan binatang buas. Rumah panggung juga dibangun agar air tidak masuk ke dalam rumah apabila terjadi banjir.

Hal yang tidak biasa dari rumah adat Aceh adalah pintu yang memiliki tinggi 120 hingga 150 cm. Sehingga, terkadang masyarakat harus menunduk agar dapat masuk ke dalam rumah tersebut.

Sejarah Rumah Adat Aceh

Menurut leluhur rumah itu bukan hanya sekadar tempat berteduh, tapi juga ekspresi keyakinan pada Tuhan. Rumah juga jembatan syukur pada kekayaan alam yang diberikan Tuhan. Sehingga bahan-bahan pembuatan rumah adat Aceh menggunakan bahan-bahan alam.

Kayu-kayu pilihan digunakan untuk membuat tiang, papan untuk dinding, dan atap dari daun rumbia. Masyarakat Aceh tidak menggunakan paku untuk menyambung tiap tiangnya, tetapi diikat kuat dengan rotan atau pasak.

Walaupun terbuat dari bahan alam, rumah yang berbentuk panggung ini mampu berdiri kokoh sampai 200 tahun lamanya. Bahkan rumah adat Aceh terkenal tahan gempa. Saat terjadi gempa, tiang rumah yang terikat kuat hanya akan bergoyang tanpa membuatnya roboh.

Bagian bagian Rumah Adat Aceh

Seuramoe keue atau serambi depan

Adalah bagian terdepan rumah yang fungsinya yaitu untuk menerima tamu. Yang juga digunakan untuk tempat bersantai dan bercengkrama.

Baca Juga :   Kualitas Penduduk : Pengertian dan Faktor yang Memengaruhinya Lengkap

Seuramoe tengah atau serambi tengah

Fungsi ruangan ini adalah tempat berkumpulnya seluruh penghuni rumah. Ada pula kamar-kamar tidur dan tempat memandikan mayat, jika ada anggota keluarga yang meninggal. Ruangan ini juga menjadi ruangan privat untuk keluarga, sehingga tamu yang akan masuk ke rumah harus minta izin dulu. Untuk membedakannya, lantai serambi dibuat lebih tinggi dibanding serambi depan dan belakang.

Seuramoe likot atau serambi belakang

Ruangan ini biasanya berisi dapur, ruang makan, atau tempat untuk bersantai. Ruangan ini tidak memiliki kamar-kamar seperti serambi tengah. Bagian lantainya juga dibuat lebih rendah dari serambi tengah.

Bentuk panggung rumah adat Aceh akan memudahkan anggota rumah dalam menyimpan hasil panen. Hasil panen itu biasanya disimpan di bagian bawah rumah. Ada juga masyarakat yang mengubah rumahnyanya menjadi tempat tinggal hewan-hewan peliharaan.

Sedangkan bagian atapnya berfungsi untuk menyimpan benda pusaka. Barang tersebut diwaristkan secara turun temurun pada anak dan cucu pemilik rumahnya.

Filosofi & Keunikan Rumah Adat Aceh

Dalam membangun sebuah rumah, masyarakat Aceh sangat memperhatikan unsur-unsur agama. Hal tersebut tercermin dalam beberapa hal. Misalnya saja, Rumah Aceh berbentuk persegi panjang dengan bagian depan menghadap ke barat. Filosofi rumah diKebudayaan Aceh tersebut menandakan bahwa masyarakat Aceh adalah masyarakat yang taat beragama. Rumah yang menghadap ke arah kiblat merupakan cermin bahwa masyarakat Aceh tidak pernah lupa akan Tuhan yang menciptakan.

Selain itu masyarakat juga menaruh gentong air di depan rumah. Supaya para tamu yang datang bisa mencuci kaki mereka. Hingga kaki para tamu tersebut bersih, saat akan masuk rumah. Artinya tamu-tamu itu harus mempunyai niat baik pada pemilik rumah.

Baca Juga :   Rumah Adat Jawa Timur dan Penjelasannya Lengkap

Selain letak rumah yang menghadap ke arah barat, salah satu tanda religiusitas masyarakat Aceh adalah jumlah anak tangga. Setiap Rumoh Aceh memiliki jumlah anak tangga ganjil. Kepercayaan umat Islam bahwa Allah menyukai hal-hal yang jumlahnya ganjil.

Biasanya masyarakat akan meletakkan ukiran serta lukisan di dinding. Hal itu menandakan bahwa masyarakat Aceh menyukai keindahan. Walaupun tak semua rumah menggunakan hiasan. Semakin banyaknya hiasan dinding, maka rumah orang tersebut adalah orang berada.

Itulah pembahasan mengenai Rumah Krong Bade Rumah Adat Aceh yang lengkap dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :