Rumus Identitas Trigonometri : Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Posted on

Rumus Identitas Trigonometri Lengkap

Rumus Trigonometri – Trigonometri adalah ilmu matematika yang mempelajari hubungan antara sisi dan sudut di dalam sebuah segitiga. Rumus identitas trigonometri juga menyatakan adanya hubungan antar fungsi trigonometri yang meliputi fungsi sinus (sin), cosinus (cos), tangen (tan), cosecan (cosec), secan (sec), dan cotangen (cotan).

Fungsi trigonometri yang terdiri dari sin, cos, tan, cosec, sec, dan cotan, bisa digunakan untuk menentukan sisi pada sebuah segitiga atau sudut, yang terbentuk dari dua buah sisi di dalam sebuah segitiga. Aplikasi ilmu trigonometri ini biasanya digunakan di dalam bidang astronomi, geografi, elektronik, ekonomi, medical, teknik, dan lain sebagainya.

Secara umum segitiga siku-siku terdiri dari 3 sisi yaitu sisi miring, sisi samping, dan sisi depan. Sama halnya dengan segitiga pada bentuk lainnya, hanya saja jenis pada bentuk segitiga yang lainnya tidak bisa dibedakan.

Jumlah sudut yang ada pada segitiga adalah 180 derajat. Hal itu terbukti dalam ketiga sudut segitiga yang berdampingan, yang akan membentuk sebuah garis yang lurus.

Besar sudut pada sebuah garis yang lurus adalah 180 derajat. Yang terbukti bahwa jumlah ketiga sudut tersebut, di dalam sebuah segitiga adalah 180 derajat.

Pengantar Identitas Trigonometri

Segitiga sama siku terdiri dari tiga sisi diantaranya yaitu sisi depan, sisi samping, dan sisi miring. Sisi depan adalah sisi yang berbeda di depan sudut, sisi samping berada di samping sudut, dan sisi miring adalah sisi yang selalu berhadapan dengan sudut 90 derajat. Sehingga letak sisi depan, sisi samping, dan sisi miring tergantung pada letak sudutnya.

Fungsi trigonometri adalah hubungan antara sudut dengan sisi yang ada pada sebuah segitiga. Tiga fungsi trigonometri yang utama adalah fungsi sin, cos, dan tan. Terdapat jembatan keledai yang bisa digunakan untuk mengingat persamaan fungsi trigonometri. Jembatan keledai tersebut adalah indemi cossami tandesa.

Baca Juga :   Eksponen : Pengertian, Sifat, Fungsi, Rumus Dan Contohnya Lengkap

Di dalam trigonommetri terdapat sudut istimewa yang sering digunakan. Besar sudut istimewa itu adalah 0, 30, 45, 60, dan 90 derajat. Masih ada juga sudut istimewa lainnya karena grafik trigonometri ini sifatnya periodik.

Rumus berikut ini bisa digunakan untuk mencari besar nilai fungsi dari trigonometri, yang ada hubungannya dengan sudut istimewa yang telah dijelaskan sebelumnya.

Rumus Identitas Trigonometri

Rumus identitas trigonometri adalah rumus yang menyatakan suatu hubungan satu fungsi dengan fungsi yang lainnya. Misalnya fungsi secan yang merupakan kebalikan dari fungsi cosinus. Sama halnya dengan fungsi kebalikan yang lainnya. Selain pada fungsi kebalikan, ada juga fungsi identitas trigonometri yang menyatakan hubungan antar fungsi trigonometri tersebut. hubungan persamaan tersebut dapat dilihat seperti berikut ini :

Masih ada banyak lagi fungsi trigonometri yang lainnya. Rumus itu hanyalah rumus turunan, yang didapatkan dari menghubungkan satu fungsi trigonometri dengan fungsi trigonometri yang lainnya. Karena rumus itu adalah fungsi identitas, maka fungsi itu bisa dibuktikan kebenarannya. Cara membuktikannya bisa dengan cara merubah ruas kiri, agar sama dengan ruas yang kanan ataupun sebaliknya.

Masih ada lagi rumus identitas lainnya yaitu rumus identitas trigonometri, dari rumus sudut rangkap pada fungsi trigonometri.

Fungsi identitas trigonometri tersebut dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan soal limit pada fungsi trigonometri, atau pembahasan topik matematika yang lainnya.

Demikian pembahasan mengenai rumus trigonometri lengkap. Semoga dapat dipahami dan dipelajari dengan seksama.

Baca Juga :