Skala Prioritas : Pengertian, Cara Menyusun, Dan Tabel Skala Prioritas Lengkap

Posted on

Skala Prioritas : Pengertian, Cara Menyusun, Dan Tabel Skala Prioritas Lengkap

Skala Prioritas – Di dalam hidup manusia tentu tidak akan terlepas pada segala sesuatu yang terjadi, yang akan menjadi skala prioritas anda. Bahkan untuk hal-hal yang paling kecil sekalipun dan dalam kehidupan sehari-hari.

Skala prioritas adalah suatu daftar kebutuhan hidup yang beraneka ragam, dan bermacam-macam bentuknya. Yang kemudian dapat disusun mulai dari yang sifatnya sangat penting, sampai yang sifatnya masih bisa ditunda pemenuhannya di dalam hidup anda. Contoh dari skala prioritas itu sendiri dapat diibaratkan menjadi suatu hal yang dibutuhkan. Atau bisa juga tergolong ke dalam kebutuhan pangan yang sangat mendesak. Bila dibandingkan dengan jenis kebutuhan papan.

Pengertian Skala Prioritas

Skala prioritas merupakan ukuran dari kebutuhan yang tersusun ke dalam sebuah daftar, berdasarkan tingkat kebutuhan seseorang. Yang dimulai dari kebutuhan yang paling penting, hingga kebutuhan yang dapat ditunda. Dengan mengetahui skala prioritas maka diharapkan anda bisa mengetahui mana saja skala prioritas yang harus didahulukan, dan mana saja yang harus ditunda. Sehingga pemenuhan kebutuhan yang tidak tepat, atau bersifat konsumtif bisa dihindari.

Setiap manusia memiliki skala prioritas yang berbeda-beda, yang dipengaruhi oleh faktor yang berhubungan dengan orang tersebut. berikut beberapa skala prioritas pada manusia :

1. Tingkat pendapatan

Tingkat pendapatan biasanya berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam membayar atau memenuhi kebutuhan hidupnya. Semakin tinggi jumlah pendapatan seseorang, maka semakin banyak alternatif pilihan dalam kebutuhan hidupnya. Sebaliknya semakin renda jumlah pendapatan seseorang, maka pilihan kebutuhan hidupnya pun akan semakin sempit. Dengan demikian prioritas kebutuhan pada setiap orang tidak sama, antara orang yang penghasilannya besar dengan orang yang penghasilannya kecil.

Baca Juga :   Pengertian Rasional : Arti, Tipe, Contoh Sikap/Tindakannya Lengkap

2. Status sosial atau kedudukan di dalam masyarakat

Status sosial seseorang dalam kehidupan masyarakat juga dapat berimbas pada kebutuhan yang mereka pilih. Misalnya seorang guru akan memprioritaskan kebutuhan alat-alat mengajar, dibandingkan dengan pilihan alternatif lainnya. Hal yang berbeda mungkin akan dirasakan saat dihadapkan pada orang yang status sosialnya dokter di masyarakat. Prioritas kebutuhannya akan cenderung pada peralatan kedokteran yang ia butuhkan.

3. Lingkungan sosial

Kehidupan di dalam lingkungan sosial masyarakat juga akan memengaruhi prioritas pada kebutuhan hidup seseorang. Misalnya saja saat anda hidup di lingkungan orang-orang yang kaya, maka kebutuhan anda pun akan berkutat pada mobil mewah, ruumah mewah, apartemen, tas bermerk dan lain sebagainya.

Dalam memenuhi kebutuhannya manusia akan mendahulukan kebutuhan yang paling penting, yang pokok dan mendesak. Setelah seluruh kebutuhan itu terpenuhi maka kebutuhan pada prioritas selanjutnya akan terpenuhi, supaya tercapai kepuasan yang maksimal.

Cara Menyusun Skala Prioritas

Dalam mengetahui mana saja skala prioritas dalam kehidupan kita, maka kita harus menyusun skala prioritas kebutuhan apa saja dalam hidup kita. Berikut cara menyusun skala prioritas yang tepat :

1. Tingkat urgensi

Dalam kamus bahasa Indonesia arti urgensi adalah keharusan yang mendesak. Hubungannya dengan skala prioritas yaitu tingkat urgensinya. Yang merupakan tingkat kebutuhan atau kepentingan yang harus dipilih dan harus didahulukan.

Misalnya di hari senin seorang siswa akan berangkat ke sekolah, ia ditugaskan oleh gurunya sebagai petugas upacara. Namun di tengah perjalanan ia menyadari bahwa alat tulisnya tertinggal di rumah. Sedangkan jika harus kembali lagi ke rumah, maka ia akan terlambat. Manakah yang lebih harus didahulukan oleh siswa tersebut? hal yang paling penting dalam kasus itu adalah mengikuti upacara, sedangkan alat tulis masih bisa meminjam dari temannya yang lain.

Baca Juga :   Nama nama Candi di Indonesia Beserta letak dan Fungsinya

2. Kesempatan yang dimiliki

Adakalanya kita dihadapkan pada suatu keadaan yang dimana kesempatannya hanya datang sekali saja seumur hidup. Sehingga di saat itu skala prioritas kita pada kesempatan harus didahulukan dibanding prioritas lainnya.

3. Pertimbangan akan masa depan

Saat menentukan skala prioritas kebutuhan apa saja seringkali kita dihadapkan pada sebuah situasi yang sulit. Supaya tidak menyesal di kemudian hari. Sehingga pertimbangan akan masa depan menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Contohnya ketika anda menentukan jurusan kuliah sesudah lulus sekolah, sebelum anda menentukan jurusan sebaiknya anda mengetahui lebih dahulu prospek jurusan tersebut di masa depan. Apakah jurusan itu memiliki prospek yang baik atau tidak.

4. Kemampuan diri

Sebagus apapun kita melakukan suatu pilihan bila tidak dibarengi dengan kemampuan diri yang memadai, maka hal itu akan menjadi sia-sia. Kemampuan diri dapat diartikan sebagai kemampuan dalam mendapatkan pilihan yang sudah ditentukan, baik dari segi ekonomi maupun dari segi keahlian. Dengan demikian pilihan yang anda ambil harus disesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki.

Tabel Skala Prioritas

Berikut penjelasan tabela dalam skala prioritas di atas. Diantaranya yaitu :

  • Kuadran I : merupakan kuadran yang mewakili segala kebutuhan yang paling penting dan mendesak untuk dipenuhi.
  • Kuadran II : adalah kuadran yang mewakili suatu kebutuhan yang penting, tetapi kurang mendesak untuk dipenuhi.
  • Kuadran III : yaitu kuadran mewakili kebutuhan yang tidak terlalu penting, tetapi sangat mendesak untuk dipenuhi.
  • Kuadran IV : merupakan kuadran yang mewakili kebutuhan yang tak penting, dan tidak mendesak untuk dipenuhi.

Berikut ini beberapa langkah dalam menyusun skala prioritas :

  • Menulis semua kebutuhan yang anda miliki
  • Menyusun urutan kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya
  • Membuat catatan kebutuhan tentang alokasi dana yang ada
  • Memilih kebutuhan yang paling bermanfaat secara optimal dari catatan yang ada
  • Memenuhi seluruh kebutuhan yang sesuai dengan daftar yang sudah ditentukan
Baca Juga :   Frasa Adjektiva : Pengertian dan Contohnya Lengkap

Demikian ulasan mengenai pengertian skala prioritas dan cara menyusun skala priorita lengkap. Semoga dapat dipahami dan dapat membuat anda mendahulukan mana skala prioritas dalam hidup anda.

Baca Juga :