√ So vs So That : Perbedaan Dan Penjelasan Beserta Contoh  Dalam Bahasa Inggris

Posted on

√ So vs So That : Perbedaan Dan Penjelasan Beserta Contoh  Dalam Bahasa Inggris

Conjunction (  kata hubung )  mempunyai banyak macam atau jenisnya dan salah satunya adalah yang akan kita bahas kali ini yaitu tentang  kata So dan So That dalam bahasa inggris .

Kedua kata tersebut terlihat sama bukan ?  dan hanya dibedakan oleh kata “ That “ . Akan tetapi , ternyata penggunaan dari keduanya cukup berbeda. Oleh karena itu berikut ini akan admin  akan memberikan penjelasan dari masing – masing kata tersebut  , so let’s check it out .

SO

So adalah  salah satu bentuk  dari Conjunction ( kata hubung )  dalam bahasa inggris dan juga  merupakan bentuk kembaran dari So That.  Akan tetapi , yang harus diketahui atau di pahami adalah bahwa So dipakai  untuk menghubungkan kata dalam bahasa inggris yang memiliki   sebab akibat, sehingga So digunakan   untuk memberikan sebuah kesimpulan.

Contoh  :

  • It’s stuck today so I’m late for the office ( Hari ini macet sehingga aku terlambat ke kantor )
  • I’m tired so I need to rest ( Aku kelelahan sehingga aku butuh istirahat )
  • I need fruit juice, so I buy fruit ( Aku butuh jus buah , sehingga aku membeli buah-buahan )
  • He is very smart, so he gets an award ( Dia sangat pintar , sehingga ia mendapatkan penghargaan )
  • The cooking is very good, so many people like it ( Masakannya sangat enak , sehingga banyak yang menyukainya )

SO THAT

So That juga merupakan bentuk  dari Conjunction ( kata hubung )  dalam bahasa inggris, arti dari So That hampir sama dengan So. Namun  saja So That  adalah  bentuk Adverb Clause Marker, sehingga arti dari So That lebih kepada “ Agar Supaya ”.

Baca Juga :   Confident Vs Confidant :  Perbedaan Dan Penjelasan Beserta Contoh Dalam Bahasa Inggris

Contoh :

  • I bring a lot of food so that doesn’t matter at camp ( Aku membawa banyak makanan sehingga tidak masalah saat kemah nanti )
  • I bought a plastic bag so that I could put some of my shopping ( Aku membeli sebuah kantung plastic agar supaya bisa meletakkan beberapa belanjaanku )
  • My dad brought lots of fish so that we can cook it tonight My dad brought lots of fish so we can cook it tonight ( Ayahku membawa banyak ikan sehingga kita bisa memasaknya malam ini )
  • Randi bought me a motorcycle so that I don’t have to walk anymore ( Randi membelikanku motor sehingga aku tidak perlu berjalan kaki lagi )

Demikianlah , semoga mudah di mengerti dan berguna untuk kalian semua, terimakasih.

Baca Juga :