Cara “Mudah” Menguasai Bahasa Inggris Melalui Speaking dan Reading

Posted on

Cara Menguasai Bahasa Inggris dengan Melalui Speaking dan Reading

Bahasa Inggris telah menjadi jenis bahasa yang banyak dipelajari oleh hampir setiap orang. Apalagi bahasa internasional ini sangat penting, karena digunakan dalam sejumlah pekerjaan. Itulah mengapa, kita wajib menguasai bahasa Inggris tersebut untuk berkomunikasi dengan setiap orang yang ada di seluruh dunia. Namun tak jarang, para siswa dan siswi yang kesulitan belajar bahasa Inggris sehingga tidak mau memperdalamnya.

Namun, Anda masih bisa mempelajari bahasa Inggris dengan cepat dan mudah melalui metode speaking dan juga reading. Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Speaking dan Reading

Mempelajari bahasa ini, tak jauh berbeda dengan saat Anda belajar bahasa lainnya seperti misalnya bahasa Jerman, Jepang, atau Mandarin. Ilmu komunikasi yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari disebut dengan bahasa. Cara belajar bahasa Inggris yang tepat hanyalah dengan berlatih dan membiasakannya.

Berbeda dengan ilmu sains atau matematika yang dimana cara mempelajarinya adalah dengan menggunakan rumus atau pemahaman yang lebih dalam. Apabila Anda sudah terbiasa dalam menggunakan bahasa ini, maka Anda akan mudah memahami dan mengucapkannya dengan lebih mudah.

Baca Juga :   Pengertian dan perbedaan “Objective , Goal dan Purpose” dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Terlengkap

Berikut ini cara-cara mudah yang bisa Anda gunakan, saat belajar bahasa Inggris:

1. Speaking atau Berbicara

Arti kata speaking menurut oxford dictionary adalah sebuah kegiatan, yang dilakukan untuk saling menukar informasi atau cara mengungkapkan perasaannya dengan ucapan. Atau The action of conveying information or expressing one’s feelings in speech. Speaking juga sudah menjadi sebuah skill yang wajib dikuasai, setelah Anda berhasil mempelajari bahasa asing ini.

Banyak orang yang belajar bahasa Inggris dengan menggunakan speaking dan mereka lebih mudah menguasainya. Sesuai dengan fitrahnya, yang dimaksud dengan bahasa adalah kebiasaan yang dilakukan dan bukan merupakan ilmu pengetahuan. Maka, semakin Anda melatihnya Anda juga akan semakin terbiasa dengan bahasa tersebut.

Cara yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris dari speaking diantaranya yaitu:

  • Sering Menggunakan English Speaking di Kehidupan Sehari-hari

Praktikkan bahasa Inggris dengan teman atau sahabat dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, rumah, atau lingkungan bermain. Mulailah dengan percakapan yang simple saja, jangan memikirkan apakah grammarnya benar/tidak. Semakin sering menggunakan bahasa Inggirs di kehidupan sehari-hari maka pengucapannya akan semakin mudah.

Contoh:

In School

A : Sheila, will you go to the book’s corner after this school? (Sheila, akankah kamu pergi ke Toko Buku selepas sekolah?)

B : Maybe no, why? (Sepertinya tidak, memangnya kenapa?)

A : I want you to buy me some books I want (aku ingin kamu membelikanku beberapa buku yang kuinginkan)

B : Okay, how many? (Baiklah, berapa banyak?)

A : Two or three books (Dua atau tiga buku saja.)

B : Well, oke.

  • Jangan Malu Mengucapkan Bahasa Inggris di Tengah Banyak Orang

Pastikan lawan bicara Anda juga memahami bahasa Inggris sehingga Anda tidak terlihat seperti orang bodoh saat mengajaknya bicara. Jangan malu atau takut dikira sombong jika Anda berada di tengah publik, atau malu dan takut melakukan kesalahan. Perasaan malu dan takut itulah yang nantinya akan membuat bahasa Inggris Anda tidak menjadi lebih baik.

Baca Juga :   Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense Dalam Bahasa Inggris Beserta  Artinya

Semakin banyak belajar maka bahasa Inggris Anda akan semakin baik, dan hal itu tidak akan menghambat proses belajar yang sedang Anda lakukan saat ini.

  • Mencari Partner atau Teman Bicara Bahasa Inggris

Anda juga harus mencari partner atau teman yang juga tertarik atau ingin belajar bahasa Inggris. Bisa juga dengan mencari perkumpulan/komunitas orang-orang yang sedang belajar bahasa Inggris, sehingga Anda bisa saling belajar dan saling mengoreksi kesalahan.

2. Reading atau Membaca

Reading atau membaca juga bisa menjadi teknik belajar bahasa Inggris yang cepat dan mudah, sampai Anda benar-benar bisa. Reading juga akan memberi pengaruh yang baik dalam kemampuan Anda berbahasa. Semakin banyak membaca kalimat bahasa Inggris maka semakin banyak juga kosakata dalam bahasa Inggris, yang Anda ketahui. Berikut ini cara belajar bahasa Inggris melalui reading:

  • Baca Bacaan Bahasa Inggris di Manapun dan Kapanpun

Jika biasanya Anda membaca koran, buku, atau majalah dalam bahasa Indonesia. Kini saatnya untuk memilih bacaan yang berbahasa Inggris. Walaupun awalnya sulit, tetapi lama kelamaan Anda akan terbiasa.

Sebaiknya tidak mencari maknanya satu per satu karena akan menghabiskan waktu dan membosankan. Tapi cobalah menafsirkan kata yang tidak Anda ketahui, kemudian cari di kamus jika kata-katanya sudah benar-benar tidak Anda ketahui.

  • Catat Poin Penting di dalam Bacaan Tersebut

Sebaiknya pilih kosakata yang menurut Anda sulit saat sedang membaca bacaan berbahasa Inggris. Setelah itu cari artinya melalui kamus. Maka kosakata bahasa Inggris Anda akan terus bertambah.

  • Membaca Bacaan Bahasa Inggris dengan Jelas dan Suara Keras

Jangan membaca bacaan tersebut dalam hati saja, tetapi dengan pengucapan yang jelas dan suara keras. Hal itu akan melatih pronounciation Anda dalam berbahasa Inggris. Catat lagi kata-kata yang dianggap sulit lalu cari artinya di kamus. Atau bertanya pada guru/teman yang sudah ahli.

  • Mencoba Membuat Kalimat dari Kosakata di dalam Bacaan

Lakukan hal kreatif lainnya dalam bahasa Inggris kemudian buat contoh kalimatnya. Misalnya saat Anda sedang membaca majalah atau koran dan menemukan kata government, politics dan country, maka cobalah untuk membuat kalimat dari kata tersebut.

Theres so many facility from government for our school (ada banyak fasilitas dari pemerintah untuk sekolah kita.)

What the meaning of politics? (Apa yang dimaksud dengan politik?)

One of country who has many cultures is Indonesia. (Salah satu negara yang memiliki banyak budaya adalah Indonesia.)

Itulah tadi cara cepat belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dengan menggunakan metode speaking dan reading.

Baca Juga :

Baca Juga :   Infinitive : Pengertian, Rumus Beserta Contoh Kalimat Infinitive Dalam Bahasa Inggris Terlengkap