Cara dan Strategi “Paling Mudah” dalam Menjawab Soal Tes TOEFL

Posted on

Cara dan Strategi dalam Menjawab Soal Tes TOEFL

Ada beberapa langkah yang akan Anda jalani ketika mengikuti tes TOEFL, tahap pertama yang akan diuji adalah section listening. Listening menjadi soal pertama yang akan Anda hadapi saat tes. Maka, diperlukan strategi dan cara yang tepat untuk menyelesaikannya. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai strategi dalam menghadapi section listening pada tes TOEFL.

Strategi dalam Menghadapi Tes TOEFL untuk Sesi Listening

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi tes listening saat melakukan tes TOEFL:

  1. Di awal sesi listening dimulai dan Anda mulai mendengar soalnya, maka fokus pada baris pertama terlebih dahulu. Atau orang kedua yang ada di percakapan soal listening tersebut. Jawaban yang ada di soal percakapan singkat itu, biasanya terdapat pada baris atau orang kedua.
  2. Perhatikan dengan baik, secara umum jawaban yang benar ada di pernyataan kata kunci atau ide, yang ada di orang kedua di dalam percakapan tersebut.
  3. Ingatlah kembali, soal yang ada di nomor 1-5 pada umumnya lebih mudah sedangkan soal di nomor 26-30 sangat sulit. Maka, berkonsentrasilah untuk mendengarkan soalnya.
  4. Dengar dan baca dengan lebih teliti dan seksama, lalu pilih jawabannya dari setiap soal. Jangan biarkan ada soal yang tidak Anda jawab. Namun jika Anda belum yakin dengan jawabannya, bisa beri tanda (+) terlebih dulu untuk jawaban yang sulit dan tanda (-) untuk jawaban yang mudah.
  5. Apabila Anda tidak paham dengan apa yang dibicarakan di sana, maka pilihlah jawaban yang berbeda dengan apa yang Anda dengar di sana.
  6. Jangan pernah memilih jawaban yang mirip dengan apa yang Anda dengar di soal listening. Karena biasanya hal itu merupakan jebakan dalam soal tes listening.
  7. Perhatikan dengan baik kata-kata sinonim antara soal conversation dengan jawaban.
  8. Berhati-hatilah pada kata yang memiliki bunyi yang mirip. Contohnya apartemen dengan departemen atau kata lainnya yang pengucapannya mirip. Hal ini akan membutuhkan konsentrasi pendengaran yang lebih ekstra.
  9. Perhatikan juga setiap ungkapan idiomatik di dalam percakapan.
  10. Jika sudah selesai memilih jawaban maka segera alihkan ke soal yang lainnya. Hal penting yang harus diperhatikan dalam soal listening adalah Anda harus memiliki pendengaran yang baik, pada speaking bahasa Inggris. Hal ini bisa Anda peroleh jika Anda rajin berlatih praktek listening.
  11. Anda juga disarankan untuk mengenali kata-kata yang ucapannya sama dan juga mirip, baik satu atau dua kata, phrase, dan idiom.
  12. Ketika ada kesempatan maka berbicaralah kepada native speaker untuk latihan secara langsung. Hal itu akan melatih speaking Anda dan juga listening dalam bahasa Inggris.
  13. Tonton berita serta laporan cuaca yang berbahasa Inggris, karena biasanya kalimatnya familiar dengan soal-soal ujian di TOEFL. Kalimat yang biasa digunakan di TOEFL bukan berasal dari film-film yang berbahasa Inggris. Namun untuk berlatih listening, boleh juga belajar dari film yang berbahasa Inggris.
  14. Lakukan latihan dengan mendengarkan musik dan menghayati soundnya secara langsung, bukan hanya pada syair atau iramanya saja.
  15. Sering-seringlah mendengarkan contoh soal yang biasa muncul pada listening TOEFL.
Baca Juga :   Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Translator/Penerjemah Bahasa

Contoh pertanyaan yang sering muncul pada listening comprehension

  • What had ——-assumed about —– ?
  • What does – mean — ?
  • What does – think about — ?
  • What will – probably do — ?
  • What did – sugest that – do?
  • What are the speakers talking about?

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara mudah menghadapi soal listening pada tes TOEFL.

Baca Juga :