Tekanan Hidrostatis : Pengertian dan Rumusnya Lengkap

Posted on

Tekanan Hidrostatis : Pengertian Dan Rumusnya Lengkap

Tekanan Hidrostatis – Hidrostatis artinya sama dengan fluida diam, fluida itu sendiri artinya adalah suatu zat yang mengalir. Contoh dari fluida adalah air, minyak dan juga gas. Tekanan hidrostatis biasanya disebabkan oleh fluida yang tidak bergerak. Tekanan hidrostatis yang dialami oleh suatu titik di dalam fluida. Fluida yang mempunyai keadaan diam atau hidrostatis ternyata menyimpan banyak rahasia pada beberapa sifat fisik. Salah satu sifat fisik yang ada pada fluida yang diam adalah fluida yang bisa menimbulkan suatu tekanan. Tekanan pada fluida yang diam ini dinamakan dengan tekanan hidrostatis. Yang dipengaruhi juga oleh kedalaman, jenis fluida, dan percepatan gravitasi.

Tekanan Hidrostatis

Pengertian Tekanan Hidrostatis

Yang dimaksud dengan tekanan hidrostatis adalah tekanan yang diakibatkan oleh zat cair yang diam, pada suatu kedalaman tertentu. Besarnya tekanan hidrostatis ini tergantung pada ketinggian zat cair, massa jenis zat cair, dan percepatan gravitasi bumi. Tekanan hidrostatis ini disebabkan oleh berat dari zat cair itu sendiri. Besar tekanan hidrostatis akan bergantung pada :

  • Massa jenis zat cair (ρ)
  • Percepatan gravitasi (g = 10 m/s2)
  • Kedalaman zat cair (h)

Di dalam tekanan yang terdapat pada zat cair, bila dikaitkan dengan kedalaman zat cair di dalam suatu tempat maka semakin dalam suatu tempat pada zat cair, tekanan di tempat tersebut juga akan semakin besar. Tekanan hidrostatis akan sama pada semua tempat yang jenis kedalamannya sama.

Rumus Tekanan Hidrostatis

Bila besarnya suatu tekanan adalah p, maka menurut konsep tekanannya besar p bisa dihitung dari perbandingan antara gaya berat fluida atau F dengan luas permukaannya atau A.

p = FA

Baca Juga :   Viskositas : Pengertian, Dampak, Rumus Serta Contohnya Lengkap

Gaya berat pada fluida merupakan perkalian diantara massa fluida, dengan percepatan gravitasi bumi yang ditulis dengan :

p = mfluida . g /A

Karena m = ρ . V, maka persamaan tekanan oleh fluida ditulis dengan :

p = ρ .V.g /A

Volume fluida adalah hasil perkalian dari luas permukaan atau A dengan tinggi fluida atau H. oleh sebab itu persamaan tekanan akibat dari fluida setinggi H bisa dituliskan dengan :

p = ρ .(Ah).g /A

Bila tekanan hidrostatis dilambangkan dengan simbol ph, maka rumus tekanan hidrostatis bisa ditulis dengan :

ph = ρ .g.h

Dengan keterangan :

  • ph = tekanan hidrostatis (Nm2)
  • ρ  = massa jenis fluida  (Kgm3)
  • g = percepatan gravitas   (ms2)
  • h = kedalaman zat cair (m)

Demikian penjelasan dan pembahasan lengkap dari tekanan hidrostatis beserta rumusnya. Semoga dapat membantu anda ketika mengerjakan suatu soal mengenai tekanan hidrostatis.

Baca Juga :