4 Cara “Paling Mudah” Membaca Teks saat Ujian Bahasa Inggris

Posted on

Tips dan Cara Membaca Teks saat Ujian Bahasa Inggris

Ujian reading dalam bahasa Inggris bisa menjadi sulit jika Anda tidak tahu bagaimana cara membacanya. Anda harus tahu trik dan tips yang tepat dalam menghadapi ujian bahasa Inggris terutama dalam teknik reading. Sebagai persiapan dalam menghadapi ujian tersebut. Namun, cara yang paling baik dalam belajar reading untuk ujian, adalah dengan banyak berlatih. Cobalah untuk sering-sering membaca lirik lagu, majalah, koran atau buku dalam bahasa Inggris.

Tips Membaca Teks saat Ujian Reading

Cara membaca teks saat ujian reading, tentu tak akan sama dengan cara membaca ketika Anda berlatih reading saat membaca buku, majalah, koran dan sebagainya. Tips berikut akan membantu Anda dalam membaca teks saat ujian dan agar Anda mendapat nilai terbaik.

Berikut ini tips dan cara yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi ujian reading:

1. Teknik Membaca

Teknik membaca yang Anda lakukan dalam membaca teks akan bergantung pada, apakah Anda membacanya untuk yang pertama, yang kedua atau bahkan yang ketiga kalinya. Berikut ini teknik membaca yang tepat:

  • Skimming

Teknik yang digunakan pertama kali dalam membaca teks, adalah teknik membaca dengan cepat untuk memperoleh ide pokok dari sebuah teks. Lihat dan ikutilah teks tersebut dari awal sampai akhir. Skimming di awal berfungsi untuk memperoleh ide atau gagasan secara pokok dari teks tersebut.

Baca Juga :   TOEFL : 10 Jenis Pertanyaan Pada Soal “ Listening Comphrehension “ Dalam Test TOEFL
  • Scanning

Ketika pertama kali membaca teks, sebaiknya dilakukan scanning yang cepat. Tujuannya adalah untuk mencari informasi tertentu dalam sebuah teks. Baca teks dengan cepat keseluruhan, dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Kemudian pindai teks untuk menemukan nama, tempat, angka ataupun tanggal. Pada saat sedang membaca teks, maka perhatikan tanggal, lingkaran nomor, nama dan juga hal-hal penting yang lainnya.

  • Reading for Detail atau Specific Information

Setelah itu Anda akan membaca teks dan mencari detail serta informasi yang spesifik dari sebuah teks. Cobalah membacanya dengan perlahan dan dengan hati-hati. Apabila belum ada informasi spesifik yang dicari, baca bagian teks tersebut lagi dan lagi.

2. Difficult Question

Dalam sebuah ujian reading, pastinya ada 1-2 pertanyaan yang sulit maka tak heran jika ada pertanyaan yang sulit dimengerti, atau yang jawabannya sulit ditemukan. Apabila ada pertanyaan yang menurut Anda sulit, dan tak tahu jawabannya lebih baik tinggalkan dahulu pertanyaan itu lalu kembali lagi ke pertanyaan tersebut nanti. Jangan membuang waktu dengan memikirkan pertanyaan dan jawaban yang sulit tersebut.

3. Finding the Answer

Menemukan jawaban adalah tujuan dari mengerjakan teks reading tersebut. Soal biasanya akan mengacu kepada informasi yang ada di dalam teks, dengan urutan kronologisnya. Misalnya pertanyaan pertama akan mengacu pada informasi yang ada di awal teks. Pertanyaan yang kedua akan mengacu pada informasi di bagian berikutnya pada teks, dan begitulah seterusnya. Maka carilah paragraf ke dalam teks yang terhubung pada sebuah pertanyaan dan juga soal. Baca kembali pertanyaannya, lalu kembali pada teks untuk menemukan jawaban. Garis bawahi bagian teks yang dianggap penting, hal itu akan membantu Anda fokus serta mendapatkan jawaban yang tepat.

Baca Juga :   6 Cara "Mudah" Meningkatkan Kemampuan Listening English

4. Difficult Vocabulary

Ketika membaca teks biasanya Anda akan menemukan beberapa kata di dalam teks, yang tak Anda mengerti artinya. Atau yang disebut dengan difficults word. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan ketika menemukan difficults word:

  • Jangan khawatirkan kosakata yang tidak dimengerti.
  • Gunakan konteks untuk memahami makna katanya, dan baca kembali seluruh kalimat sebelum dan sesudahnya.
  • Ketahui apa saja jenis kata-kata itu, apakah kata benda atau noun, kata kerja atau verb, kata sifat atau adjective, dan kata keterangan atau adverb.
  • Apakah kata-katanya memiliki makna yang positif/negatif.
  • Mencari sinonim kata di dalam teks. Teks tertulisnya akan menggunakan sinonim dibandingkan menulis kata yang sama. Jika Anda tidak tahu katanya mungkin saja kata tersebut termasuk sinonim dari kata yang lain, di dalam sebuah teks.
  • Pikirkan mengenai topik, kata apa yang Anda ketahui dan masih berhubungan dengan topik tersebut.
  • Apakah kata yang mempunyai kemiripan dengan kata yang lainnya Anda ketahui, contohnya birth yang mirip dengan birthday.
  • Apakah kata-kata itu mirip dengan kata yang ada dalam bahasa Indonesia.

Demikianlah tips dan trik dalam menghadapi ujian reading dalam bahasa Inggris dengan mudah dan cepat.

Baca Juga :