6 Cara “Mudah” Meningkatkan Kemampuan Listening English

Posted on

Panduan Lengkap Cara Meningkatkan Kemampuan Listening English

Materi listening dalam pembelajaran bahasa Inggris biasanya dianggap yang paling sulit, karena cara menulis dan pengucapan bahasa Inggris memang berbeda. Kemampuan listening dalam bahasa Inggris merupakan skill atau keahlian yang harus Anda dalami sebelum mengasah skill yang lainnya. Listening ini sangat penting, tetapi sayangnya jarang diberikan di sekolah. Maka Anda harus meningkatkan atau mengembangkan kemampuan listening Anda sendiri.

Cara Meningkatkan dan Mengembangkan Skill Listening English

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mengasah atau meningkatkan skill dalam listening bahasa Inggris, dengan cara berikut ini:

1. Pelajari Pronouciation atau Pengucapan Terlebih Dulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, dengan mempelajari pronounciation atau pengucapan terlebih dulu ketika akan belajar listening. Pronouciation ini masih berkaitan dengan speaking. Namun dengan mempelajari pronounciation ini maka kemampuan native speaker Anda akan lebih terasah dengan baik. Karena para listeners harus tahu bagaimana caranya bahasa yang diubah, apabila terjadi dengan tidak natural.

2. Menonton Video dan Mendengarkan Audio dalam Transkip Bahasa Inggris

Yang kedua adalah dengan menonton video serta mendengarkan audionya dalam transkip bahasa Inggris. Pada saat Anda mendengarkan bahasa Inggris melalui transkip, maka Anda bisa membaca apa yang diucapkan saat mendengar. Hal ini bisa Anda lakukan misalnya ketika menonton film berbahasa Inggris, atau mendengarkan lagu bahasa Inggris. Transkip dan lirik tersebut akan membantu Anda mengasah listening english.

Baca Juga :   Istilah Pendakian Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya

3. Melihat Tayangan TV Berbahasa Inggris

Menonton atau melihat acara televisi berbahasa Inggris tentu tak akan ada transkipnya. Maka Anda harus menjadi seorang pendengar yang aktif. Pikirkan tentang apa yang Anda dengarkan saat itu.

4. Berbicara Langsung dengan Native Speaker

Berbicaralah dengan native speaker secara langsung, jika Anda tidak paham dengan apa yang mereka ucapkan maka berikan pertanyaan mengenai bahasa. Tapi jika Anda tak paham dengan penutur aslinya, beritahu juga. Pada saatnya waktunya tepat, tanyakan mengapa mereka bertanya dengan kalimat seperti tadi. Seorang pembicara asli akan dengan mudah memikirkan suatu perubahan, dan memberikan penjelasan. Maka wawasan Anda akan semakin bertambah mengenai bahasa Inggris tersebut.

5. Tulis Kalimat yang Tidak Dipahami dan Gunakan di Kemudian Hari

Gunakan beberapa kalimat yang Anda tulis untuk menguji diri Anda sendiri. Mempelajari dan mencari tahu bahasa Inggris seperti permainan teka teki, dan mencari potongan yang cocok di sana.

6. Menggunakan Bahasa Inggris dalam Aktivitas/Kegiatan Sehari-hari

Mulailah dengan menonton atau membaca berita berbahasa Inggris setiap hari. Lalu minta teman/keluarga untuk menggunakan bahasa Inggris juga di aktivitas sehari-hari.

Demikianlah cara meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris yang bisa Anda contoh dan lakukan.

Baca Juga :