Contoh Alat Musik Ritmis Dan Cara Memainkannya Lengkap

Posted on

Contoh Alat Musik Ritmis Dan Cara Memainkannya Lengkap

Alat Musik Ritmis – Sejak zaman dahulu hingga sekarang zaman sudah modern, sudah menjadi bagian dari hidup manusia dan juga menjadi pelengkap hidup manusia itu sendiri. Menurut seorang ahli, musik adalah Ilmu dan seni dari kombinasi ritmis instrumental, nada-nada, maupun vokal yang di dalamnya melibatkan harmoni dan melodi dalam mengekspresikan sesuatu hal yang bersifat emosional. Berikut ini penjelasan lengkap tentang alat musik ritmis secara lengkap.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Adalah alat musik yang hanya dijadikan penggiring saja. Alat musik ini hanya memiliki satu nada dan tak bisa membunyikan nada tertentu contohnya “Do Re Mi Fa So La Si Do”. Sehingga alat musik ini juga berfungsi sebagai pengatur tempo.

Cara menggunakan alat musik ritmis beragam, misalnya dengan cara  dipukul, digesek, dikocok, digoyang, dan ditabuh dengan menggunakan tangan ataupun bantuan alat. Walaupun kebanyakan alat musik ritmis digunakan dengan cara dipukul.

Contoh Alat Musik Ritmis dari Berbagai Daerah Beserta Gambar dan Cara Memainkannya

Alat musik ritmis tradisional

Kendang

Adalah salah satu instrumen pada gamelan masyarakat Jawa serta masyarakat Sunda. Fungsi utama kendang adalah untuk mengatur tempo serta irama.

Jenis-jenis Kendang

  • Kendang kecil, kendang ini dapat disebut juga dengan ketipung
  • Kendang sedang, kendang ini bisa disebut juga dengan kendang kebar atau ciblon.
  • Kendang gedhe, kendang ini merupakan pasangan ketipung dan kadang disebut juga dengan kendang kalih.
  • Untuk pewayangan, ada satu lagi jenis kendang yang khas yaitu kendang kosek.
Baca Juga :   Rumah Adat Aceh : Sejarah dan Filosofinya Lengkap

Bahan Pembuatan Kendang

Biasanya kendang dibuat dari kayu cempedak, nangka, atau kelapa yang dilubangi tengahnya. Bagian sisinya atau dijadikan sebagai penutupnya dilapisi dengan kulit kambing atau kerbau.

Cara Memainkan

Yaitu dengan cara dipukul memakai kedua tangan telapak tangan, dan telapak kaki kiri untuk meredam. Bisa juga dimainkan langsung dengan alat pemukulnya.

Tifa

Adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Papua. Bentuknya hampir mirip dengan kendang, tetapi suaranya lebih ringan. Biasanya Tifa digunakan oleh lelaki dewasa, dan digunakan di upacara-upacara adat, tarian tradisional, atau pertunjukan music sebagai pengiringnya.

Cara Memainkan

Memainkan alat musik Tifa ini biasanya akan disesuaikan dengan jenis Tifa yang dimainkan. Seperti, ada yang hanya dimainkan dengan tangan kosong, ada pula dengan menggunakan alat pukul khusus.

Tifa akan menjadi suara utama ketika dimainkan dengan alat music lainnya. Hal ini disebabkan karena tifa adalah alat music ritmis yang hanya memiliki satu nada.

Jenis Alat Musik Tifa

Tifa yang berasal dari daerah Maluku bentuknya seperti tabung serta tidak mempunyai pegangan, sedangkan Tifa yang dari Papua biasanya lebih melengkung serta memiliki pegangan di bagian tengahnya.

Beberapa jenis alat music tifa di antaranya adalah tifa jekir, tifa jekir potong, tifa dasar, tifa potong dan tifa bas.

Bahan Pembuat tifa

Tifa yang berasal dari Papua biasanya terbuat dari kayu lenggua yang sudah terkenal dengan bentuknya yang besar serta kuat. Kayu lenggua tersebut adalah jenis kayu khas yang berasal dari Papua.

Rebana

Adalah alat musik tradisional yang berasal dari Timur Tengah yang kemudian berkembang di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Biasanya rebana digunakan di beberapa acara kasidahan.

Baca Juga :   Rumah Adat NTT, Filosofi, Keunikan dan Cerita Mistiknya Lengkap

Jenis Alat Musik Rebana

Jenis rebana di Indonesia pada umumnya yaitu rebana banjar, rebana biang, jidor, kompang, marawis, samroh dan hadroh.

Bentuk Alat Musik Rebana

Secara umum bentuknya adalah pipih dan bundar, yang dibuat dari bingkai kayu berbentuk lingkaran.

Kastanyet

Adalah alat musik yang terdiri dari sepasang kepingan kayu keras, yang bentuknya cekung/gading. Biasanya kastanyet digunakan digunakan untuk mengiringi tarian Spanyol. Cara memainkannya yaitu dengan menggesek-gesekkan dengan ibu jari.

Timpani

Adalah salah satu alat musik yang dimana cara memainkannya yaitu dengan dipukul memakai alat, seperti saat memainkan alat musik marimba, glockenspiel, vibraphone, atau xylophone.

Macam dan Jenis Timpani

Ukuran Timpani ini beragam, yaitu 20 inch, 23 inch, 26 inch, 29 inch dan 33 inch. Timpani dengan ukuran 33 inch merupakan jenis timpani yang terbesar. Jumlah standar rangkaian timpani yaitu dua buah, yang kemudian bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan lagu.

Pada Timpani modern, semuanya telah menggunakan sistem pedal pengubah nada. Misalnya pada sebuah komposisi dan dibutuhkan nada A, G, D, C, akan tetapi secara tiba-tiba pada bagian tertentu harus main di nada B, maka hal tersebut bisa dilakukan dengan menginjak salah satu pedal timpani yang mempunyai nada paling dekat.

Bahan Pembuat Timpani

Secara umum tabungnya mirip dengan mangkuk yang terbuat dari kuningan/fiber. Timpani yang berasal dari logam efek suaranya yaitu mantap dan lebih jernih.

Cara Memainkan

Cara memainkan timpani yang masuk dalam salah satu alat musik ritmis ini adalah dengan cara dipukul memakai alat yang bernama stik atau mallet timpani. Fungsi dan cara memainkan timpani kurang lebih sama seperti memainkan drum.

Baca Juga :   Pakaian Adat Jawa Timur Dan Penjelasannya Lengkap
Marakas

Adalah alat musik ritmis sederhana yang asalnya Amerika Latin. Marakas juga salah satu alat musik perkusi. Marakas juga disebut dengan maraca’, maracax’a atau mbara’ka.

Bahan Pembuat Marakas

Pada jaman dulu dibuat dari labu kering dengan menggunakan proses tradisional, namun saat ini bahan pembuatannya bisa dari kayu, plastik, ataupun kulit. Supaya bisa berbunyi, maka isi marakas harus diisi apapun yang berbentuk kecil dan berisik yang dapat dimasukkan, bisa berupa manik-manik, biji-bijian, sampai kacang-kacangan dan batuan sekalipun.

Cara Memainkan

Cara memainkannya mudah, yaitu dengan digoyangkan saja, yang disertai dengan teknik khusus.

Itulah jenis-jenis Alat Musik Ritmis tradisional berserta bahan pembuat dan cara memainkannya lengkap. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi Anda yang mempelajari alat musik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :