Terbaru , Kumpulan Dialog Bahasa Inggris Dalam Situasi Formal dan Informal Beserta Arti Lengkap

Posted on

Terbaru , Kumpulan Dialog Bahasa Inggris Dalam Situasi Formal dan Informal Beserta Arti Lengkap

 

Halo sahabat Tutorial Bahasa Inggris, welcome to my web. Kali ini kita akan membahas mengenai dialog dalam bahasa inggris. Dalam bahasa inggris, dialog adalah sebuah percakapan di antara dua orang atau lebih untuk membicarakan suatu hal. Dialog juga sering di gunakan atau di lakukan untuk melatih kemampuan berbicara bahasa inggris kita.

Berikut ini adalah kumpulan dialog dalam bahasa inggris yang bisa kalian gunakan sebagai referensi dalam memperlancar skill speaking English kalian, langsung saja yuk kita simak.

Kumpulan Dialog Bahasa Inggris Dalam Situasi Formal Dan Informal

Saat melakukan percakapan dalam bahasa inggris , ada baiknya kita menggunakan kata serta bahasa yang jelas dan juga mudah untuk di mengerti oleh lawan bicara kita, agar pembicaraan kita tersampaikan dengan baik kepada lawan bicara. Ada dua situasi yang biasanya terjadi di dalam suatu percakapan bahasa inggris yaitu, situasi formal dan situasi informal. Untuk mengetahui lebih jelasnya , berikut ini adalah beberapa contoh dari percakapan bahasa inggris dalam situasi formal dan informal beserta artinya.

Dialog Formal ( Formal Dialogue )

Dialog formal merupakan suatu dialog yang menggunakan bahasa-bahasa atau pun kalimat yang santun, baku dan formal. Dalam formal dialogue sering kita lakukan apabila kita sedang berada di suatu tempat-tempat yang formal , seperti saat kita berbicara dengan orang yang lebih tua dari kita , orang yang kita hormati, orang penting dan yang lain sebagainya. Terdapat beberapa kata-kata yang sering di gunakan dalam dialogue formal.

Kata-kata yang biasa di gunakan dalam dialogue formal :

  • Good morning, good afternoon, good evening , good night : selamat pagi, selamat siang, selamat sore , selamat malam.
  • Alright : Baiklah
  • See you tomorrow : sampai jumpa besok
  • Could you help me ? : dapatkah anda membantu saya ?
  • Could you repeat again : dapatkah anda mengulanginya lagi ?
  • Is this your ? : apa ini milikmu ?
  • Etc

Contoh Dialog Formal Dan Artinya

Contoh 1 :

Baca Juga :   Informal Contractions : Pengertian Dan Kumpulan Contractions Beserta Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

( In the office )

Manager :  Rudi, can you please come to my room for a while ? ( Rudi, dapatkah anda datang ke ruangan saya sebentar ? )

Employee :  Well sir I’m going to your room now  ( Baik pak , saya akan menuju ruangan anda sekarang )

Manager : Do you know whay I told you to come here ? ( Apakah anda tau mengapa saya menyuruh anda ke mari ? )

Employee : I don’t know sir , sorry sir , what’s wrong ? ( Saya tidak tau pak, maaf pak memang nya ada apa ? )

Manager :  So far, I have been watching your performance for a long time in this company and I value your work so far , very good for this company ( Selama ini saya sudah cukup lama mengamati kinerjamu di perusahaan  ini dan saya nilai pekerjaanmu selama ini sangat baik untuk perusahaan ini )

Employee :  Really sir, I thank you forpraise that you gave me , I always tried to give the best for this company  ( Benarkah pak ? saya berterimakasih atas pujian yang bapak berikan, saya memang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk perusahaan ini )

Manager : therefore , I plan to increase your position and provide a position that is far better than your current position  ( Oleh sebab itu saya berencana untuk menaikkan jabatanmu dan memberikan posisi yang jauh lebih baik dari jabatanmu sekarang ini )

Employee : I am grateful to you for the position you will give me ( Saya sangat berterimakasih kepada bapak atas posisi yang akan bapak berikan kepada saya )

Manager : Well, please always to give good performance to this company, I will be grateful to you Mr. Rudi ( Baiklah, tolong untuk selalu memberikan kinerja yang baik terhadap perusahaan ini , saya akan sangat berterimakasih kepada anda Bapak Rudi )

Employee : Of course sir , I will always try to do the best for this company ( Tentu saja pak, saya akan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk perusahaan ini )

Manager : Okay, congratulations on your promotion Mr. Rudi ( Baiklah kalau begitu, selamat atas kenaikan jabatan anda Bapak Rudi )

Employee :Thank you sir ( Terimakasih pak )

 

Contoh 2

( In the hospital )

Doctor : Good morning sir, is there anything can I help for you ? ( Selamat pagi tuan, apakah ada yang bisa saya bantu untuk anda ? )

Patient : Good morning doctor , I came here to check my health doc ( Selamat pagi dok, saya datang kemari untuk mengecek kesehatan saya saja dok )

Doctor : Alright sir, before you have to complete the form to do a check  ( Baiklah tuan , sebelumnya anda harus melengkapi formulir untuk melakukan cek kesehatan )

Patient : I already completed it in the administration section, this is my form  ( Saya sudah melengkapi nya tadi di bagian administrasi dok , ini adalah formulir saya )

Doctor : Alright sir, you can do a health check right now, please lay on bed  ( Baiklah tuan, anda bisa melakukan cek kesehatan sekarang juga, silahkan anda berbaring di tempat tidur )

Patient : Well doc, is my health normal ? ( Bagaimana dok, apakah kesehatan saya normal-normal saja ? )

Doctor : Yes sir, your health is very good , exept that you need to rest a lot, so you don’t get tired easily ( ya tuan , kesehatan anda sangat bagus , hanya saja anda perlu banyak beristirahat agar tidak mudah kelelahan )

Patient : Yes doc, I will increase the time to rest ( Ya dokter, saya akan memperbanyak waktu untuk beristirahat )

Doctor : I will give you some recipes for supplements and vitamins to maintain your health sir  ( Saya akan memberikan beberapa resep suplemen  dan vitamin untuk menjaga kesehatan anda tuan )

Patient :  Thank you doctor ( Terimakasih dokter )

Doctor :your’e welcome  ( Sama – sama )

 

Baca Juga :   Pengertian 3 Jenis Conversation Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Untuk Kamu Ketahui

Dialog Informal ( Informal Dialogue )

Dialog informal adalah suatu dialog percakapan yang sering kali menggunakan kalimat atau bahasa yang lebih santai , pada umumnya dialog percakapan ini di laukan dengan teman, sahabat atau pun orang yang sudah dikenal akrab. Dialog informal juga biasanya di lakukan di tempat-tempat yang tidak formal seperti , dirumah, pasar, toko, jalan , mall dan yang lain sebagainya .

Berikut ini adalah kata – kata yang sering di gunakan dalam dialog informal :

  • Hello ( Halo )
  • Hi ( Hai )
  • Can you help me ? ( dapatkah kamu membantuku ? )
  • Will you help me ? ( akankah kamu membantuku ? )
  • Can I help you ? ( dapatkah aku membantumu ? )

Contoh Dialog Informal Dan Artinya

Contoh 1

( in front  at the home )

Eni :  Hello Dilla! ( halo dilla !)

Dilla : Oh Hello Eni ! what are you doing with the flower ? ( Oh Halo Eni ! sedang apa kamu dengan bunga itu ? )

Eni : ( I just bought flower seeds on the market , the plan is I want to plant them in the front yard of the house  ( Aku baru saja membeli bibit bunga ini di pasar, rencananya aku ingin menanamnya di halaman depan rumah )

Dilla : Very nice, it’s a very beautiful flower . surely your home page will be very beautiful if planted with various flower ( Bagus sekali  , itu bunga yang sangat cantik,  pasti halaman rumahmu akan sangat indah jika di tanami aneka bunga )

Eni : Of course, I will plant lots of flowers here  ( Tentu saja , aku akan menanam banyak bunga di sini )

Dilla : Okay, by the way can I help you plant the flower Eni ? ( Baiklah, ngomong-ngomong , dapatkah aku membantumu menanam bunga itu Eni ? )

Eni : Of course, I’m very happy if you help me ( Tentu saja, aku senang sekali jika kamu membantu ku )

Dilla : Then , we just do it right away ( Kalau begitu langsung saja kita kerjakan )

Eni : Thank you very much Dilla ( Terimakasih banyak Dilla )

Dilla : Your’e welcome ( Sama – sama )

 

Baca Juga :   9 Istilah Debat Dalam Bahasa Inggris Yang Wajib Dikuasai Terlengkap

Contoh 2

( in the market )

Mrs. Aurel :  Hi , Geby ! ( Hai geby )

Mrs. Geby :  Hi! Aurel ! are you also shopping at this market ? (  Hai Aurel ! apakah kamu juga sedang berbelanja di pasar ini ? )

Mrs. Aurel : Yes Geby, I was looking for some vegetables and meat for the dinner menu tonight. What are you doing here ?  ( Ya Geby , aku sedang mencari beberapa sayuran dan juga daging untuk menu makan malam , malam ini . Apa yang kamu lakukan disini ? )

Mrs. Geby :I also come here to look for some vegetables and fruits and some other kitchen needs  ( Aku pun kemari untuk mencari beberapa sayuran dan buah – buahan , serta beberapa keperluan dapur lainnya )

Mrs. Aurel : It’s great . That our goals are the same , how if we shop together ?  ( Bagus sekali , tujuan kita sama. Bagaimana kalau kita belanja bersama ? )

Mrs. Geby : That’s good, let’s shopping together  ( Itu terdengar bagus , mari kita berbelanja bersama )

Mrs . Aurel : Okay, lets’s shop ( Baiklah, ayo kita berbelanja )

Mrs . Geby :  Okay ( oke )

 

Oke demikianlah materi dari Tutorial Bahasa Inggris , sangat mudah bukan untuk berdialog dalam bahasa inggris. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kalian dalam belajar bahasa inggris, terimakasih .

 

Baca Juga :