Pengertian “ Affixes ( Prefix, Infix Dan Suffix ) Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Pengertian “ Affixes ( Prefix, Infix Dan Suffix ) Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh

Hai sahabat Tutorial Bahasa Inggris, welcome to my web. Sahabat pada kesempatan kali ini admin akan membahas sebuah materi baru dalam bahasa inggris yang tentunya pasti akan sangat bermanfaat untuk kalian semua. Yupz, pada pembahasan kali ini admin akan membahas mengenai pengertian “ Affixes ( Prefix, Infix Dan Suffix ) “ Dalam bahasa inggris beserta contohnya .

Sahabat apakah di antara ada yang mengetahui apa itu Affixes  ? atau bahkan kalian ada yang sudah memahami apa itu Affixes ( Prefix, Infix Dan Suffix ) ? Jika belum maka langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini secara seksama agar mudah untuk di pahami dan juga di mengerti, so lets check it out.

Pengertian Affix

Affix adalah suatu elemen kata yang di tambahkan sebelum maupun sesudah atau di dalam Root atau Stem ( Base Form dari suatu kata ) guna menghasilkan kata yang baru.

Tipe Affix

Affix yang terletak sebelum Root disebut dengan Prefix sedangkan stelah Root Disebut dengan Suffix sedangkan di dalam Root disebut dengan Infix .

 

Contoh Tipe Affix

AffixContoh Affix dan Contoh Kata ( Affix + Root )
Prefixa-, en-, dis-, un-

a short, enlarge, bemine, dislike, unhanggry

Suffix-al, -acy, -hood, -ion, -ate

Functional, childhood, passionate, Perfection

Infix-s

Sons in law, cupsful ( Bentuk jamak dari cupful dan son in law )

Derivation Dan Infection

Kata baru yang dihasilkan mungkin melalui Derivation ( Proses pembentukan kata turunan : Sadness, Height dan Electrician ) atau melalui Inflection ( Variasi pada kata : talks, Studied ).

Derivation mungkin dapat merubah kelas kata dan juga Base Form sedangkan Inflection tidak. Sementara itu, makna atau arti pada kata hasil Derivation biasanya akan merubah secara drastic tidak sepertiinflection yang cenderung bisa di prediksi. Misalnya melalui Derivatin , Sad ( Adjective )di kombinasikan dengan –ness ( Derivation Suffix ), menjadi Sadness ( Noun ) yang menjadi berubah kelas katanya. Lain halnya dengan Talk ( Verb )yang dikombinasikan dengan –s ( Inflectional Suffix ) sehingga menjadi Walks ( Verb ) yang tidak berubah kelasnya melalui inflection.

Berbeda dengan Derivational Suffix, Derivational Prefix normalnya tidak akan mengubah kelas kata dari suatu base form.

Contoh

  • EXDerivational Prefix + Husbandroot ( Noun ) = ex-husband ( Noun )
  • ReDeveretioanl prefix + Sendroot ( Verb ) =Resend ( Verb )

 

Nah bagaimana sahabat apakah pembahasan kali ini mudah untuk dimengerti dan di pahami ? Demikianlah artikel kali ini yang membahas mengenai Pengertian “ Affixes ( Prefix, Infix Dan Suffix ) Dalam Bahasa Inggris dapat bermanfaat dan juga berguna untuk kalian semua, serta dapat menambah wawasan pengetahuan bagi anda semua. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan ya.

Sekian dan terimakasih banyak untuk kunjungannya ya, dan jangan lupa juga simak artikel yang lainnya dari Tutorial Bahasa Inggris Co.id. Terus asah kemampuan bahasa inggris kalian dengan terus berlatih ya, terus semangat belajar bahasa inggris, always keep spirit of English guys, tahank you and see you on my next article.

Baca Juga :

Baca Juga :   Grammar : Penjelasan Mengenai “ Aspect “ Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Terlengkap