Pengertian dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Lengkap

Posted on

Pengertian dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna Lengkap

Pasar Persaingan Sempurna – Pengertian dari pasar persaingan sempurna adalah jenis pasar yang dimana jumlah penjual dan pembelinya banyak, serta produk/barang yang ditawarkannya serupa. Contohnya  beras, gandum, batu bara dan kentang. Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang penjual dan pembelinya tidak bisa memengaruhi harga, sehingga harga pasar benar-benar menjadi hasil kesepakatan serta interaksi antara penawaran dan juga permintaan.

Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, dan penawaran mencerminkan keinginan produsen. Di dalam pasar persaingan sempurna, penjual serta pembeli sama sekali tak memiliki kemampuan dalam memengaruhi harga pasar karena telah ada ikatan batin diantara penjual dan pembeli dalam mengetahui struktur serta informasi di dalam pasar persaingan sempurna.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

1. Banyak Penjual & Pembeli

Dengan sifat ini, menyebabkan perilaku penjual serta pembeli tidak bisa memengaruhi keadaan pasar. Mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar yang secara keseluruhan saja. Interaksi diantara penjual dan pembeli sebagai pengikut harga, menyebabkan harga pasar bersifat datum. Karena mekanisme pasar yang menentukan harganya, melalui interaksi antara kekuatan permintaan penawaran di masyarakat.

2. Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)

Adalah adanya hambatan jika perusahaan ingin memulai bisnis baru bila dianggap menguntungkan, dan menutup bisnisnya jika ternyata merugikan. Tak seperti di pasar yang lain, mungkin ada keterikatan dalam membuka serta menutup pasar contohnya dengan adanya surat perjanjian. Sehingga :

  • Perusahaan dapat keluar apabila mengalami kerugian pada saat produk yang dijual tidak dapat bersaing di dalam PPS atau tidak dapat memenuhi kriteria pasar.
  • Perusahaan dapat bertahan di pasar karena merasa mampu menjadi perusahaan penyedia produk dengan kualitas tinggi dengan harga yang sesuai pasar.
Baca Juga :   Perdagangan Internasional : Pengertian, Sejarah, Teori, Faktor Pendorong, Jenis, Tujuan, Manfaat, Dampak negatif, Hambatan, Dan Contohnya Lengkap

3. Barang Bersifat Homogen

Perusahaan yang menghasilkan barang yang dimana barang itu adalah pengganti yang sempurna pada barang yang diproduksi oleh perusahaan lain, dari seluruh aspek sehingga produk identik sama sekali sama dan tak dapat dibedakan. Maksudnya walaupun anda membeli di satu perusahaan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitasnya sama dengan perusahaan yang lain.

4. Penjual & Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar

Penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar dalam tingkat harga yang berlaku di pasar serta meliputi seluruh perubahannya. Pengetahuan ini menyebabkan :

  • Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  • Tidak ada produsen yang menjual barang dangan harga yang lebih rendah dari harga pasar.
  • Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.

5. Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna

Adalah tak adanya kesulitan sedikit pun apabila sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, karena semua tempat produksi mempunyai kesamaan baik dari metode pembuatan sampai penjualannya pada pembeli.

6. Kebanyakan Perusahaan Kecil

Pasar persaingan sempurna juga mengandung sebagian besar perusahaan kecil, yang relatif kecil dibanding ukuran semua pasar. Hal itu pun memastikan bahwa tak ada satu pun perusahaan yang bisa melakukan kontrol pasar, atas harga/kuantitasnya. Bila suatu perusahaan memutuskan untuk menggandakan outputnya, atau berhenti memproduksi seluruhnya maka pasar tak akan berpengaruh. Harga tak berubah dan tak ada perubahan dalam kuantitas yang dipertukarkan.

Kelebihan pasar persaingan sempurna ini adalah tak adanya persaingan dalam pasar, karena barang yang dijual sifatnya homogen. Hal itu berpengaruh juga dalam promosi. Penjual tak perlu melakukan promosi besar-besaran karena barang tersebut homogen. Harga pasar dalam persaingan pasar sempurna pun stabil. Tak ada kenaikan/penurunan drastis antara penjual yang satu dengan penjual yang lainnya.

Baca Juga :   Valuta Asing : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Jenis, Pelaku, Kelebihan Dan Kekurangannya Lengkap

Sayangnya pasar persaingan juga mempunyai kekurangan. Yang minim inovasi. Karena barang yang dijual ini homogen maka pembeli merasa kesulitan memilih barang/jasa. Persaingan sempurna juga memberi ongkos sosial dan distribusi pendapatan yang tak merata.

Demikian pembahasan mengenai pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan cirinya lengkap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :