Report Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure, Beserta Contoh Dan Artinya Terlengkap

Posted on

Pengertian Report Text, Tujuan, Generic Structure, Beserta Contoh Dan Artinya

Halo sahabat tutorial bahasa inggris, welcome to my web. Semoga kalian sehat selalu ya, kali ini mimin mau berbagi pengetahuan lagi nih yang pasti akan menambah wawasan kalian semua. Sudah pada tahu belum apa itu Report text ? yuk kita bahas sama-sama , karena materi kali ini yaitu mengenai report text.

Report text adalah salah satu dari jenis-jenis text didalam bahasa inggris. Report text juga sering disamakan atau dikaitkan dengan descriptive text, namun sebenarnya report text dan descriptive text merupakan dua hal yang berbeda  hanya saja keduanya mempunyai beberapa kesamaan. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak terus penjelasan mimin berikut ini.

Pengertian Report Text

Report text merupakan jenis teks yang fungsinya untuk mengumumkan hasil penyelidikan ataupun mengumumkan sesuatu. Informasi yang disajikan dalam teks laporan merupakan informasi yang sangat umum.

Perbedaan report text dan descriptive text

Lalu apakah yang membedakan report text dengan descriptive text ? anda dapat membandingkannya secara seksama, maka akan terlihat perbedaanya yaitu :

Report TextDescriptive Text
Report text secara keseluruhan adalah suatu jenis teks yang berisi mengenai penjelasan secara general atau umum tentang suatu objek yang diobservasi.Descriptive text adalah teks yang menjelaskan secara lebih rinci , khusus atau spesifik mengenai suatu objek yang diobservasi.
proposal atau sebagai laporan observasi/penelitian Report text memiliki fungsi sebagai teks formal, dan biasanya digunakan dalam menyusun  hasil penelitianDescriptive text memiliki fungsi sebagai teks yang bersifat formal dan biasanya digunakan untuk menyusun analisa.

 

Baca Juga :   Procedure text : Pengertian, Tujuan , Jenis, Generic Structure beserta Contoh Terlengkap

Tujuan Report Text

Social function atau tujuan dari report text ini adalah guna menyajikan informasi mengenai sesuatu secara general ( umum ) kepada pembaca.

Secara umum, report text menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial lingkungan dan buatan manusia, contohnya : hewan, mamalia, tumbuhan, kebudayaan, transportasi , kebudayaan, Negara atau kota dan yang lain sebagainya. Report text memiliki sifat ilmiah karena menyajikan fakta-fakta sebagai hasil observasi atau penelitian.

Generic Structure Report Text

Struktur teks dari repor text adalah sebagai berikut :

  1. General Classification

Berisikan tentang pertanyaan yang umum mengenai subject yang dibicarakan atau dibahas.

  1. Description

Description adalah bagian yang memberikan gambaran atau penjelasan secara detail mengenai subject yang dibahas atau dibicarakan pada bagian general classification.

  1. Tenses yang digunakan adalah simple present tense.

 

Ciri Kebahasaan

  • Menggunakan simple present tense
  • Menggunakan kalimat pasif (passive voice)
  • Menggunakan general nouns

 

Contoh Report Text dan Artinya

Jakarta

Jakarta is the capital city of Indonesia. Jakarta has a population that is always increasing every year, now more than 10 million people from various regions throughout Indonesia who live in Jakarta to change their lives for the better.

It can be said that Jakarta resembles a miniature from Indonesia because the people are people who come from all regions spread across Indonesia.

Some of these people can change their lives for the better and obtain a prosperous economy, while others are also disadvantaged. The city of Jakarta is not only rich in culture, but also rich in problems such as environmental and social problems.

There are several problems that often arise that can be referred to as characteristics of the city, such as traffic congestion, natural disasters in the form of floods, pollution and crime and even corruption.

Baca Juga :   Bunyi Hukum Archimedes dan Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari Hari Terlengkap

Every year when the rainy season arrives, many parts of Jakarta are always flooded and the main cause is because too much garbage pollution.

Not to mention the large number of private vehicles such as cars and motorbikes which made the entire road in the capital not smooth due to the long traffic jam. Of course these conditions cause air pollution which results in damage to nature.

 

Jakarta

Jakarta adalah ibukota dari Negara Indonesia . Jakarta memiliki populasi penduduk yang selalu meningkat setiap tahunnya, saat ini lebih dari 10 juta penduduk dari berbagai wilayah diseluruh Indonesia  yang tinggal di Jakarta untuk mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Dapat dikatakan bahwa Jakarta menyerupai miniatur dari  Indonesia karena penduduknya adalah orang-orang yang datang dari seluruh wilayah yang tersebar di Indonesia.

Dari beberapa orang tersebut ada yang dapat mengubah hidup mereka menjadi  lebih baik dan memperoleh ekonomi yang makmur, sedangkan yang lainnya ada juga yang kurang beruntung. Kota Jakarta tidak hanya kaya akan budaya, tapi juga kaya akan permasalahan seperti masalah lingkungan dan sosial.

Terdapat beberapa masalah yang sering muncul yang bisa disebut sebagai ciri dari kota tersebut , seperti kemacetan lalu lintas, bencana alam berupa banjir,  lalu polusi dan juga kriminalitas bahkan korupsi.

Setiap tahunnya saat musim penghujan tiba, banyak bagian dari kota Jakarta selalu tergenang banjir dan penyebab utamanya adalah karena terlalu banyak polusi sampah.

Belum lagi banyaknya jumlah kendaraan pribadi seperti mobil dan motor yang menjadikan seluruh jalan di ibukota ini menjadi tidak lancar karena terjadinya kemacetan yang panjang. Tentu saja kondisi tersebut menyebabkan polusi udara yang mengakibatkan kerusakan pada alam.

 

Baca Juga :   Contoh Report Text Singkat Tentang “ Panda “ Lengkap Dengan Artinya

Bike

Bicycles are vehicles that use human power. Bicycles Usually consist of two wheels, a seat, a pedal, and an iron lift.

Bicycles can be used as a means of transportation, for example recreation, bicycle racing competitions, courier shipments and many other uses.

Bicycles use chains to deliver power or energy to the rear wheels. Some bicycles. This often happens on mountain bikes where they need repairs caused by smooth or flat surfaces. Public road bikes have tires with rubber that can rise upwards higher than those on the same mountain.

Sepeda

Sepeda merupakan kendaraan transportasi yang menggunakan tenaga manusia. Sepeda biasanya terdiri atas dua roda, tempat duduk, pedal, dan kerangka besi.

Sepeda dapat digunakan sebagai alat transportasi , contonya untuk berekreasi, kompetisi balap sepeda, pengiriman kurir dan masih banyak kegunaan yang lainnya.

Sepeda menggunakan rantai untuk menghantarkan tenaga atau energi kinetik ke roda bagian belakang. Beberapa sepeda biasanya menghasilkan suspensi. Hal ini sering terjadi pada sepeda gunung yang mana mereka terbiasa menghadapi getaran yang disebabkan oleh permukaan yang tiadk mulus atau rata. Sepeda jalanan umumnya mempunyai ban dengan karet yang tipis yang dapat meningkat ke tekanan yang lebih tinggi dibandingkan yang terdapat pada sepada gunung .

 

Demikianlah penjelasan mengenai Report Text: Pengertian, Tujuan, Generic Structure, Beserta Contoh Dan Artinya. semoga bermanfaat untuk kalian semua ya , nantikan artikel dari tutorial bahasa inggris selanjutnya, keep spirit of english.

 

Baca juga :