10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau Saat Ada Masalah Lengkap

Posted on

10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau Saat Ada Masalah Lengkap

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau Dalam 1 Menit – Setiap orang pasti pernah mengalami fase dimana hati dan pikiran menjadi kacau. Karena masalah  asmara, kerjaan yang menumpuk, bosan dengan aktivitas harian, ataupun faktor lain. Jika pikiran kacau suasana hati pun ikut jelek. Sehingga jadi malas melakukan segala aktivitas, mudah tersinggung, bahkan marah-marah tanpa alasan. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam menenangkan hati dan pikiran kacau dalam waktu 1 menit.

Seburuk Apapun Masalahnya, Tetaplah Berpikir Positif

Seburuk apapun kondisinya percayalah bahwa akan ada jalan keluarnya. Jangan melihat sisi negatifnya saja, ubah sudut pandang dan yakin bahwa akan selalu ada hikmah dari setiap kejadian. Jangan terlalu sedih/frustasi juga. Karena hanya akan membuat anda salah langkah dan memperburuk keadaan.

Dengan berpikir positif, maka anda tak akan terburu-buru saat mengambil keputusan. Hal itu juga akan membuat anda mudah berpikir serta mencari solusi pada masalah itu.

Baca Juga :   Pelayanan (Customer Service) : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya Lengkap

Mendekatkan Diri ke Tuhan

Banyak orang yang bermain ke club malam, joget-joget dan mabuk bisa menjadi senjata untuk menenangkan hati yang gelisah. Padahal itu hanya kesenangan sesaat. Lebih baik anda mendekatkan diri pada Tuhan dengan beribadah. Misalnya untuk anda yang beragama islam, lakukan shalat 5 waktu dan shalat sunat. Atau dengarkan lantunan al quran agar hati menjadi tenang.

Jangan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri

Memaafkan diri sendiri jauh lebih sulit dibandingkan memaafkan orang lain. Kondisi ini akan membuat anda merasa bersalah, merasa berdosa sampai frustasi. Bila anda mengalami hal ini, jangan terus menyalahkan diri. Anda harus bertanggung jawab tapi jangan menyiksa diri. Karena setiap orang pernah melakukan kesalahan dan berhak mendapat kesempatan. Coba perbaiki diri lalu tenangkan hati.

Lakukan Senam Yoga untuk Relaksasi Pikiran

Jenis olahraga yang bisa menghilangkan stres adalah senam yoga. Yang dimana dalam ilmu medis, gerakan ini bermanfaat untuk merenggangkan otot-otot tubuh, melancarkan aliran darah, sekaligus menenangkan sistem syaraf. Ketiga hal tersebut tentunya tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan fisik, tapi juga membantu rileksasi pikiran.

Yoga juga bisa mengurangi tingkat kecemasan, dan menghilangkan pikiran tegang.

Cari Partner Ngobrol untuk Mengeluarkan Unek-Unek di Hati

Saat pikiran jenuh dan mood menurun, jangan berdiam diri saja dan memendam perasaan. Hal itu akan membuat anda stres berkepanjangan. Carilah teman mengobrol misalnya pasangan Anda, orang tua, sahabat, atau siapa pun yang Anda percayai. Sekalipun orang yang Anda ajakin ngobrol nggak bisa memberi solusi, tapi dengan mengutaran unek-unek itu saja sudah bisa membuat hati lebih lega.

Pastikan orang itu bisa menjaga rahasia dan tidak menyebarkan cerita anda kemana-mana.

Baca Juga :   Pengertian Industri Kreatif Dan Contohnya Lengkap

Rehat Sejenak dari Kesibukan, Lakukan Perjalanan ke Tempat Wisata Alam

Alam selalu menjadi tempat yang tepat untuk menenangkan diri. Dengan melihat pemandangan hijau dan biru anda akan merasa damai. Jika anda tak punya banyak budget untuk berlibur, anda bisa mengajak teman-temang menginap di rumah dan melakukan banyak hal seru.

Hibur Diri dengan Shopping atau Hunting Kuliner. Asalkan Jangan Boros!

Anda juga bisa jalan-jalan atau berbelanja sekaligus hunting kuliner untuk menghibur diri. Supaya lebih seru, ajak teman-teman untuk melakukan kegiatan ini. Asalkan jangan hilaf dengan membeli terlalu banyak barang.

Nonton Film Komedi

Nonton film bergenre komedi juga bisa menjadi pelipur lara ketika hati Anda sedang gundah gulana. Anda tinggal Googling untuk mencari rekomendasi film-film lucu yang bagus. Lalu tonton deh filmnya lewat website online.

Supaya lebih seru sediakan juga camilan/snack, buah, bakso, atau makanan jenis lainnya.

Yakinlah ‘Badai Pasti Berlalu’, Jadi Tak Perlu Terlalu Menyiksa Diri

Setiap orang hidup pasti akan dihadapkan pada setiap masalah. Karena tak ada satupun orang yang luput dari cobaan. Anda harus menyikapinya dengan baik dan tak perlu berlebihan. Yakin semuanya akan terlewati seiring dengan berjalannya waktu.

Anda tidak sendiri. Setiap orang memiliki ujiannya masing-masing bahkan ada yang lebih rumit dari anda. Maka ikhlas dan bersabarlah serta serahkan semuanya pada Tuhan. Sehingga anda menjadi lebih tenang.

Jangan Pernah Lari dari Masalah, Anda Harus Menghadapinya!

Cara menenangkan diri paling efektif adalah menghadapinya. Jangan lari/bersembunyi. Jangan menjadi pengecut. Jadilah orang yang bertanggung jawab, jika memang salah akuilah. Selesaikan apa yang sudah anda lakukan. Walaupun hasilnya tak sesuai dengan apa yang anda harapkan, tetapi setidaknya anda sudah melakukan hal yang benar.

Baca Juga :   Pentingnya Informasi Macam-macam Jurusan Kuliah dan Prospeknya Lengkap

Itulah 10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau Dalam 1 Menit yang bisa menjadi pelajaran bagi anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :