Pengertian Eksplisit Lengkap

Posted on

Pengertian Eksplisit Lengkap

Eksplisit – Pada umumnya kata eksplisit bermakna tegas, gamblang, tak tersembunyi, tak bertele-tele, tersurat, jelas, dan tak memiliki gambaran makna yang kabur dalam beragam hal. Seperti misalnya majalah, isi berita, koran, pidato dan sebagainya.

Di dalam penggunaan sehari-hari, pengertian eksplisit adalah sesuatu hal yang to the point. Tidak samar dan juga tidak membuat bingung. Kata eksplisit adalah antonim/lawan kata dari kata implisit yang artinya tersirat, tak jelas makna dan keberadaannya, dan berbelit-belit.

Contoh penggunaan kata eksplisit dalam penggunaan dan maknanya adalah :

Pengetahuan Eksplisit

Yaitu pengetahuan yang sudah mengalami pendataan atau pendokumentasian atau yang sudah tersimpan di dalam wujud nyata baik yang berupa tulisan, gambar, atau dokumentasi digital yang berbentuk vcd, dvd, video dan sebagainya.

Contohnya petunjuk pemakaian, prosedur dan juga aturan pemakaian yang dibuat dalam suatu media audio atau visual. Contoh pengetahuan eksplisit adalah karya seni yang berbentuk barang seni, hasil karya keterampilan yang lainnya.

Eksplisit dalam Ilmu Matematika

Pemakaian kata eksplisit dalam matematika dipakai dalam rumusan persamaan, yaitu persamaan eksplisit dan implisit. Persamaan eksplisit adalah persamaan yang sederhana yang hampir seluruh unsurnya dalam persamaan tersebut diketahui. Persamaan eksplisit akan lebih mudah diselesaikan daripada persamaan implisit, karena di dalamnya harus diubah persamaan menjadi persamaan eksplisit untuk bisa menyelesaikannya.

Itulah pengertian Eksplisit dan bagaimana perbedaannya dengan Implisit. Semoga dapat dipahami, dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :

Baca Juga :   Pendidikan Karakter : Pengertian dan Nilai - nilai Karakter Serta Penjelasannya Lengkap