Pengertian Kredibel dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Kredibel dan Contohnya Lengkap

Kredibel Adalah – Suatu keadaan/kondisi yang bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya. Kredibiilitas perusahaan adalah tingkat kepercayaan sebuah perusahaan, di mata para klien, mitra bisnis, pelanggan, serta sumber daya keuangan. Kredibilitas ini menjadi kombinasi dari reputasi dan juga profil kredit perusahaan. Bila kurang satu atau yang lainnya, maka perusahaan bisa dicap mempunyai kredibilitas yang buruk.

Kredibilitas informasi adalah informasi yang bisa dipercaya oleh setiap pengguna informasi, dan jika ada kesalahan pada informasi itu maka kesalahannya tak banyak dan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Kredibilitas komunikator adalah tingkat kepercayaan seseorang pada pembicara. Bila kredibilitas komunikator buruk artinya segala omongan yang keluar dari mulutnya, tak bisa dipercaya dan cenderung asal bicara saja. Perlu diketahui juga bahwa tingkat kredibilitas suatu pesan/informasi cenderung meningkat, bila disampaikan oleh komunikator ahli, bisa dipercaya dan juga menarik.

Kredibilitas di dalam penelitian kualitatif adalah tingkat ukuran kebenaran atas data, yang sudah dikumpulkan atau derajat kepercayaan data serta kecocokan data diantara konsep penelitian dan hasil penelitian. Uji kredibilitas ini bisa dilakukan dengan diskusi dan juga observasi.

Kredibilitas juga sering dihubungkan dengan sesuatu yang menyangkut nama baik, reputasi, kehormatan serta keberadaan suatu lembaga atau seorang sosok yang menonjol di komunitasnya, yang dimana hal itu akan dilihat sebagai nilai jual yang mempunyai nilai positif serta selalu menjadi nilai lebih untuk pemiliknya.

Kata kredibilitas bukan istilah asing dan tak dikenal luas, pemakaian kata ini sudah cukup baik dan banyak digunakan di masyarakat, khususnya mereka yang mempunyai karir bisnis dan para pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan.

Baca Juga :   Metodologi Penelitian : Pendekatan, Jenis & Contohnya Lengkap

Contoh pemakaian kata kredibilitas ini bisa dilihat dari poin sebagai berikut :

  1. Kredibilitas berhubungan dengan profesi yang diemban.

Dalam hal ini kredibilitas merujuk pada nama baik dan reputasi, serta sepak terjang seseorang dalam profesi yang dijalaninya selama ini, yang dimana hal itu akan dipakai sebagai tolak ukur atas kemampuan orang itu saat menjalani profesinya.

Contohnya, seorang dokter bedah yang mempunyai kredibilitas yang baik akan selalu menjadi dokter yang banyak dicari dan ingin dipakai jasanya oleh banyak orang. Yang dalam hal ini dokter itu tentu mendapat kredibilitas yang baik, dengan melakukan tugas secara profesional dan penuh dengan dedikasi.

  1. Kredibilitas pada sebuah badan usaha.

Dalam sebuah badan usaha, kredibilitas akan diperoleh berdasarkan tingkat pelayanan yang diberi pada setiap konsumen. Yang dimana hal itu akan menciptakan reputasi yang baik dengan standar mutu yang tinggi, serta melebihi perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang usaha yang sama.

Contohnya sebuah bank akan mempunyai kredibilitas yang baik di mata masyarakat luas, jika bank itu mampu memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan serta mempunyai kinerja di atas rata-rata. Jika dibandingkan dengan pelayanan yang akan diberi oleh bank lainnya yang bergerak di bidang yang sama.

Demikian pengertian kata Kredibel yang lengkap dengan penjelasan dan contohnya. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :