8 Bagian dari Part Of Speech : Jenis danContohnya Lengkap

Posted on

Bagian Dari Part Of Speech dan Contohnya

Di dalam bahasa inggris, part of speech disebut dengan jenis kata-kata. Part of speech ini harus dikuasai di dalam bahasa inggris, karena menjadi bagian utama dari pembuatan kalimat dalam bahasa inggris. Ditambah lagi, jika Anda paham pembuatan part of speech maka Anda akan bisa memilih kalimat dengan benar.

Ada 8 bagian dari part of speech yang diantaranya yaitu pronoun (kata ganti), noun (kata benda), conjuction (kata sambung), verb (kata kerja), articles (kata sandang), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), dan adjective (kata sifat).

Jenis-jenis Part Of Speech Dalam Bahasa Inggris dan contohnya

  1. Noun (kata benda)

Dalam bahasa Indonesia arti kata noun adalah kata benda. Yang bisa berbentuk konkret atau tampak, dan bisa juga berbentuk abstrak atau tidak tampak. Misalnya buku (book), laut (sea), susu (milk).

  1. Verb (kata kerja)

Kata kerja adalah sesuatu yang berupa perilaku atau tindakan. Yang fungsinya adalah untuk menunjukkan tindakan yang dilakukan oleh si pelaku. Misalnya menulis (write), makan (eat), istirahat (take a rest), dan sebagainya.

  1. Adjective (kata sifat)

Arti dari kata sifat yaitu memberi gambaran atau sifat dari suatu benda. Misalnya kreatif (creative), sedih (sad), bagus (nice), dan masih banyak lagi.

  1. Adverb (kata keterangan)

Fungsi dari adverb adalah untuk memberikan keterangan yang ada di kata kerja. Misalnya cepat (fast), dekat (near), lambat (slow), dan lain sebagainya.

  1. Preposition (kata depan)

Merupakan kata yang biasa digunakan untuk menunjukkan arah, tempat dan juga waktu. Misalnya kira – kira (about), kecuali (except), di dalam (inside), dan sebagainya.

  1. Articles (kata sandang)

Biasanya digunakan untuk memberikan arti dari sesuatu hal, seseorang, seekor, sehelai, pada kata benda. Terdapat 3 jenis kata sandang yang biasa digunakan yaitu a, an, dan the. Ketiga kata tersebut dipakai sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Baca Juga :   Konsep Diri : Pengertian, Contoh, Komponen, Jenis dan Faktornya Lengkap

Misalnya seorang pria (a man), seekor kerbau (a buffalo), selembar kertas (a piace of paper), dan masih banyak lagi.

  1. Conjunction (kata hubung)

Kata hubung juga sama dengan kata sambung yang fungsinya adalah untuk menyambungkan kata atau kalimat. Misalnya tapi (but), atau (or), sejak (since), walaupun (eventhought), dan lain-lain.

  1. Pronoun (kata ganti)

Fungsi dari kata ganti ini adalah sebagai pengganti orang/benda. Contoh pronoun yaitu subjek (I, me, my, we, they, he, dsb), dan objek (them, us, you, me, etc).

Sekian pembahasan materi dalam bahasa Inggris mengenai part of speech.

Baca Juga :