8 Bagian Grammar Dalam Bahasa Inggris dan Penjelasannya Lengkap

Posted on

Grammar Dalam Bahasa Inggris dan Penjelasannya Lengkap

Dalam bahasa Inggris yang dimaksud dengan grammar adalah himpunan yang berasal dari beberapa aturan, yang sudah terstruktur. Yang dapat mengatur susunan di dalam kalimat, kata dan frase di dalam bahasa apa saja. Dalam tatanan bahasa Inggris terdapat tiga dasar tata bahasa, yang diantaranya yaitu:

  • Etimologi
  • Orthograpi
  • Sintaks

Ada 8 bagian grammer di dalam bahasa Inggris, yang lazimnya disebut dengan part of speech:

1. Pronoun (kata ganti)

Kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk mengganti kata benda yang berupa benda/orang. Contohnya me, mine, I, dan juga myself.

2. Noun (kata benda)

Kata benda merupakan kata yang dipakai untuk memberi nama pada orang, tempat, konsep anstrak, benda, dan juga hewan. Misalnya jakarta, cat, student, dan juga hapines.

3. Verb (kata kerja)

Kata untuk menunjukkan tindakan yang dilakukan dengan peristiwa, subjek dan juga keadaan. Misalnya went, go, gone.

4. Adjective (kata sifat)

Kata sifat adalah kata yang fungsinya adalah untuk menerangkan kata ganti atau kata benda. Misalnya satisfying, easy dan excited.

5. Adverb (kata keterangan)

Kata keterangan adalah kata yang mendeskripsikan kata sifat, kata kerja, dan kata keterangan lainnya. Misalnya very, carefully, dan fast.

6. Determiner

Merupakan kata atau kelompok kata yang ditempatkan di bagian depan kata benda, fungsinya adalah untuk membatasi makna dari kata benda itu sendiri. Misalnya a, some, the, an, any dan sebagainya.

Baca Juga :   √ Penggunaan Perbedaan “ Let , Allow dan Permit “ Beserta Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris 

7. Conjunction (kata hubung)

Kata penghubung adalah kata-kata yang menghubungkan klausa, kata, kalimat, atau paragraf. Misalnya because, and, dan or.

8. Preposistion (kata depan)

Preposisi atau kata depan adalah kelompok kata atau kata yang secara umum disimpan di bagian depan kata ganti atau kata benda, yang menunjukkan hubungan antara arah, letak, dan juga waktu pada kata benda tersebut. Misalnya in, at, on.

Sekian pembahasan tentang grammer yang ada dalam bahasa Inggris dan juga penjelasannya lengkap.

Baca Juga :