Cara “Mudah” Mengajar Bahasa Inggris dengan Menggunakan Jigsaw

Posted on

Metode Mengajar Bahasa Inggris dengan Menggunakan Jigsaw

Mengajar suatu pelajaran adalah sebuah kegiatan yang dilakukan, sehingga orang yang belajar menjadi tahu dari tidak tahu. Misalnya mengajar mata pelajaran bahasa Inggris dalam berbagai metode. Salah satu metode yang bisa Anda gunakan dalam mengajar bahasa Inggris adalah dengan menggunakan jigsaw.

Pengertian Jigsaw

Kata jigsaw berasal dari bahasa Inggris yang artinya yaitu gergaji ukir. Sebagian orang menyebutnya dengan puzzle. Yaitu teka teki dalam menyusun potongan gambar menjadi satu. Pembelajaran yang sifatnya kooperatif ini juga mengambil pola dari cara kerja sebuah jigsaw atau gergaji. Yaitu orang-orang yang belajar bahasa Inggris melakukan kegiatan belajar dengan bekerja sama, dengan yang lainnya untuk mencapai misi bersama.

Jigsaw juga merupakan model pembelajaran yang kooperatif dan menitikberatkan kerja kelompok siswa, dalam bentuk kelompok kecil. Model pembelajaran ini merupakan model belajar yang kooperatif dengan kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang. Mereka harus saling bekerja sama dengan saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab dengan mandiri.

Di dalam model pembelajaran yang satu ini, banyak kesempatan yang bisa digunakan untuk mengemukakan pendapat. Serta mengolah informasi yang diperoleh, karena bisa meningkatkan keterampilan siswa dalam berkomunikasi. Setiap anggota kelompok juga memiliki tanggung jawab atas keberhasilan kelompoknya. Serta ketuntasan materi yang dipelajari, serta bisa menyampaikannya pada kelompoknya.

Aturan di dalam Pembelajaran Jigsaw

  • Pembagian kelompok terdiri dari 5-6 orang. Jumlah yang cukup ideal untuk kelas yang berisi 30 orang. Kelompok yang pertama ini dinamakan grup jigsaw.
  • Setiap kelompok harus memiliki ketua yang bisa dipilih oleh anggota kelompoknya masing-masing. Dengan memilih salah satu anggotanya yang memiliki kecakapan dalam berbicara.
  • Materinya dibagi menjadi 5-6 bagian dan dibagikan kepada seluruh anggota grup.
  • Setiap siswa diberi satu bagian materi yang harus dipelajari.
  • Beri waktu pada siswa untuk membaca dan memahami bagiannya setidaknya 2 kali saja.
  • Satu orang siswa yang berasal dari jigsaw grup yang memiliki materi sama, harus membentuk kelompok yang disebut dengan expert grup. Mereka akan diberi waktu untuk berdiskusi poin-poin penting. Serta menyiapkan materi yang akan disampaikan di grup paling awal.
  • Siswa tersebut kembali ke kelompoknya masing-masing.
  • Sampaikan bagian materi yang didiskusikan di grup expert dengan cara yang berurutan, sesuai dengan materi yang ada. Anggota kelompok yang lainnya pun bisa bertanya pada siswa yang sedang menyampaikan materi.
  • Guru harus mengawasi proses diskusi serta mengatasi masalah yang terjadi di dalam kelompok.
  • Kuis akan diberikan di akhir supaya siswa menyadari bahwa pembelajaran ini bukan main-main. Sehingga mereka harus bersungguh-sungguh untuk mendapatkan penilaian.
Baca Juga :   Kumpulan Bentuk Hyperbola dalam Bahasa Inggris

Demikianlah metode pembelajaran jigsaw yang bisa diterapkan dalam mengajar pelajaran bahasa Inggris.

Baca Juga :