5 Media “Mempermudah” dalam Proses Belajar Bahasa Inggris

Posted on

Media Digunakan dalam Proses Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang harus diketahui dan dipelajari, karena merupakan bahasa internasional. Bahkan bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang wajib dipelajari di sekolah dan sudah masuk ke kurikulum sekolah atau tempat kuliah. Hal itu disebabkan oleh pentingnya bahasa Inggris di kehidupan kita.

Seperti yang Anda ketahui, saat ini banyak sekali teknologi canggih yang menggunakan bahasa Inggris dalam pengaturannya. Ditambah lagi banyak kebutuhan-kebutuhan masyarakat dalam menguasai bahasa Inggris dengan baik. Contohnya ketika Anda bekerja di perusahaan asing maka otomatis Anda harus bisa berbahasa Inggris. Seluruh karyawannya wajib berbahasa Inggris aktif.

Jika sistem belajarnya bisa dikelola dengan baik maka belajar bahasa Inggris akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Banyak juga tempat-tempat kursus bahasa Inggris yang menyediakan pelajaran bahasa Inggris, dan lembaga pendidikan yang memberikan pelajaran bahasa Inggris dengan garansi.

Perkembangan teknologi yang canggih saat ini akan menjadi salah satu alternatif untuk seseorang, dalam mengembangkan kemampuan belajar bahasa Inggris dan memanfaatkan teknologinya.

Media Pembelajaran Bahasa Inggris yang Sering Digunakan

1. Kartu Bergambar

Teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan kartu bergambar adalah teknik yang mudah, murah, dan juga menyenangkan. Cukup dengan menyediakan media gambarnya saja yang dibentuk di dalam kartu yang terdapat beberapa gambar, dengan kosakata yang biasa dipakai di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :   Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense Dalam Bahasa Inggris Beserta  Artinya

Kemudian jelaskan dengan singkat gambar tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris. Khusus untuk anak-anak, sebaiknya buat media gambar yang langsung dengan artinya. Untuk memungkinkan mereka mudah menghapal kosakata yang berupa visual.

2. Komik Bergambar

Komik bergambar tentu lebih disukai oleh anak-anak, sehingga komik ini bisa dimanfaatkan dalam memberi pelajaran bahasa Inggris. Sekaligus juga menambah perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris tersebut.

3. Lagu Berbahasa Inggris

Teknik belajar bahasa Inggris dengan memakai media lagu bahasa Inggris adalah salah satu cara yang unik dan juga menarik. Maka mereka bisa menghapalkan lagu bahasa Inggris dan menterjemahkannya ke bahasa Indonesia. Gunakan isyarat tubuh ketika menyanyikan lagu tersebut supaya mereka paham dengan apa yang dipikirkan.

4. Memakai Aplikasi Berbahasa Inggris

Beragam teknologi canggih juga sudah menggunakan bahasa Inggris seperti misalnya handphone, tablet, komputer, dan sebagainya. Tak ada salahnya jika memakai media tersebut untuk menginstal aplikasi pembelajaran dalam bahasa Inggris. Aplikasi tersebut biasanya berupa game, kosakata, musik, gambar, atau dukung percakapan dalam bahasa Inggris.

5. Pemutaran Film Bahasa Inggris

Banyak sekali film-film lokal yang juga menggunakan bahasa inggris. Film juga bisa menjadi media yang paling menyenangkan dan bisa dinikmati semua orang. Bukan hanya anak-anak saja yang suka dengan film berbahasa Inggris tapi juga orang dewasa. Tonton film motivasi yang manfaatnya baik untuk perkembangan jiwa anak dan atau film yang sifatnya mendidik dan memakai bahasa Inggris. Perhatikan film tersebut dengan baik dan jelaskan secara singkat.

Itulah pembahasan materi tentang media pembelajaran yang digunakan dalam belajar bahasa Inggris.

Baca Juga :   Contoh Percakapan Bahasa Inggris dalam Telepon disertai Artinya Terbaru dan Terlengkap