Pengertian Destinasi Lengkap

Posted on

Pengertian Destinasi Lengkap

Destinasi Adalah – Di dalam acara liputan tempat liburan di televisi kita sering mendengar istilah destinasi. Kata destinasi ini sering dihubungkan dengan wisata, seolah kata tersebut hanya berkaitan atau terbatas dengan kata wisata saja. Padahal arti kata destinasi ini cukup luas.

Pengertian destinasi adalah tempat atau daerah tujuan. Pengertian destinasi menurut para ahli yaitu :

  1. Destinasi wisata adalah kawasan spesifik yang dipilih oleh pengunjung, yang dimana ia bisa tinggal serta berdomisili selama periode tertentu (Hadinoto : 1996).
  2. Pengertian destinasi pariwisata adalah tempat yang dikunjungi dalam periode waktu tertentu yang cukup signifikan, selama masa perjalanan seseorang bila dibanding dengan tempat lainnya yang dilakui selama dalam perjalanan (Pitana dan I Ketut Surya Diarta : 2009).
  3. Definisi destinasi wisata adalah entitas di suatu wilayah geografis tertentu, yang di dalamnya terdapat komponen produk industri pariwisata, masyarakat, serta institusi pengembang yang membentuk sisten sinergis untuk menciptakan motivasi kunjungan serta totalitas pengalaman kunjungan untuk setiap wisatawan (Aby Legawa : 2008).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia destinasi adalah benda yang artinya lokasi/tempat tujuan atau tempat tujuan pengiriman. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan tempat yang signifikan yang akan dituju saat seseorang sedang dalam perjalanan. Maksud kata signifikan ini adalah tempat yang memang benar-benar dituju, bukan hanya tempat yang disinggahi dalam perjalanan. Misalnya orang Lampung akan berwisata ke Pulau Bali, nah Pulau Bali adalah destinasi perjalanannya. Sedangkan Kota Jakarta hanya tempat singgah atau transit sebentar saja dan bukan menjadi destinasi perjalanannya. Atau ketika seorang pengembara dari daerah A ke daerah B akan berguru, tempat yang disinggahi selama perjalanan bukan destinasi, destinasinya tetap daerah B.

Baca Juga :   10 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kacau Saat Ada Masalah Lengkap

Istilah destinasi ini juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang sudah ditakdirkan. Tuhan mentakdirkan segala sesuatu bukan tanpa tujuan. Seperti misalnya mengapa Tuhan menciptakan nyamuk terbang sedangkan semut tak bisa terbang, padahal ukuran tubuhnya sama kecilnya dengan nyamuk. Atau mengapa Tuhan menciptakan orang Eropa yang berkulit putih, serta berhidung mancung sedangkan ras orang Negro berkulit hitam. Semua itu pasti ada tujuannya.

Itulah ulasan mengenai Pengertian Destinasi dan penjelasannya lengkap. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda dan dapat menambah wawasan anda.

Baca Juga :