“ Source & Resource” : Pengertian dan Perbedaan  Disertai Contoh Lengkap Dalam Bahasa Inggris

Posted on

“ Source & Resource” : Pengertian dan Perbedaan  Disertai contoh Lengkap Dalam Bahasa Inggris

 

Materi kali ini akan membahas kosakata ( vocabulary ) dari kedua kata yang memiliki kemiripan pada arti namun berbeda pada cara penggunaanya . dan kedua kata yang akan dibahas pada materi kali ini adalah “ Source dan Resource “.

Sahabat Tutorial Bahasa Inggris , apakah kalian sudah mengetahui apa itu sorce dan resource ? untuk lebih lengkapnya langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.

Pengertian “ Source dan Resource “

Source

  • Source adalah salah satu dari kata benda ( Noun ) dalam bahasa inggris. Kata source sendiri memiliki makna atau arti yaitu ‘ Sumber ‘. Kata ini tentunya sudah sering kita jumpai atau kita dengar dalam bahasa inggris. Yang dimaksud dengan sumber disini adalah yaitu asal mula sesuatu, baik manusia, hewan ataupun benda yang lainnya. Contohnya sumber cahaya terbesar dibumi yaitu matahari. Maka matahari tersebutlah yang disebut dengan sumber atau asal mula dan lain sebagainya.

 

Resource

  • Resource juga merupakan bentuk noun ( kata benda ) sama seperti source. Namun dalam hal arti atau makna , keduanya memiliki perbedaan. Resource berarti ‘ Sumber Daya ‘. Seperti yang sudah kita ketahui atau kita pelajari , sumber daya dibagi atas sumber daya alam, sumber daya manusia, dan juga sumber daya buatan. Contoh nyata dari sumber daya itu sendiri adalah seperti, sumber daya yang berasal dari alam dan bisa dimanfaatkan , ataupun sumber daya manusia yang berupa pola fikir atau ide yang dapat digunakan atau dimanfaatkan.
Baca Juga :   Predicative Adjective : Pengertian, Macam  Dan Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Perbedaan “ source dan resource “

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa perbedaan diantara keduanya adalah :

  • Source memiliki arti sumber, yang mengartikan asal mula atau asal-usul terjadi atau terbentuknya sesuatu.
  • Resource memiliki arti sumber daya, yang mengartikan bahwa sumber daya ini telah ada dan bisa digunakan atau dimanfaatkan.

 

Contoh Source dan Resource Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Source

  • Food is a source of human energy. ( makanan adalah sumber tenaga bagi manusia ).
  • This mineral water comes frome springs source in the mountain. ( air mineral ini berasal dari sumber mati air yang ada di pegunungan ).
  • Do you know where is the source of this news come from ? ( apa kamu tahu darimana sumber berita ini berasal ? ).
  • The gas cylinder explosion was the source of this fire. ( tabung gas itu adalah sumber dari kebakaran ini ).
  • The jewelry store is the source of our family income. ( toko perhiasan ini adalah sumber penghasilan keluarga kami ).

 

Resource

  • Indonesia has a variety of natural resource. ( Indonesia memiliki beragam sumber daya alam ).
  • In modern times natural resource are scarce. ( dizaman modern ini sumber daya alam sudah hamper punah ).
  • Our mining needs human resource as works . ( pertambangan kami membutuhkan sumber daya manusia sebagai pekerja ).
  • Natural resource must be utilized properly so as not to run out quickly. ( sumber daya alam harus dimanfaatkan dengan baik agar tidak cepat habis ).
  • God created this earth with natural resource that we can use. ( tuhan menciptakan bumi ini dengan sumber daya alam yang dapat kita gunakan ).
Baca Juga :   Pengertian Dan Perbedaan Serta Penggunaan “ Accept Dan Receive “ Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat

 

Demikianlah penjelasan dari kata “ source dan resource “ , semoga bermanfaat dan selamat belajar. Jangan lupa simak terus artikel dari Tutorial Bahasa Inggris.

 

Baca Juga :